1 semester kuliah berapa bulan? Ternyata bagi seorang mahasiswa baru pertanyaan ini banyak ditanyakan karena baru tahu dan sudah berpengalaman memasuki dunia perkuliahan.

1 semester kuliah berapa bulan

Lalu, apa jawabannya?

Secara umum, 1 semester dalam perhitungan berarti memiliki 6 bulan. Artinya, dalam 1 semester kuliah berisi 6 bulan untuk kuliah.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah 6 bulan di bangku kuliah berbeda dengan waktu sekolah di SD hingga SMA. 1 Semester dalam perkuliahan terdiri dari 14 (minggu) perkuliahan tatap muka, 1 UTS dan 1 UAS. Sisanya akan digunakan untuk liburan.

Biasanya libur semester di perkuliahan lebih lama dibandingkan di SMA, yaitu hanya 2 minggu. Jika Anda kuliah, Anda bisa mengambil cuti 1 bulan.

Ada berapa sks dalam satu semester?

Dalam satu semester, mahasiswa dapat menyelesaikan 18 – 24 SKS. Biasanya satu mata kuliah terdiri dari 2 – 4 sks. Jadi, Anda bisa hitung sendiri berapa banyak mata kuliah yang harus Anda ambil dalam satu semester. Jika skornya di atas ketentuan jurusan (misal 3,51), maka Anda bisa mengambil kredit maksimal 24 sks.

Manfaatkan dengan baik kesempatan 1 semester kuliah.

Artikel terkait perguruan tinggi

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *