Informasi tentang tunjangan guru selalu menjadi bahan perbincangan dan juga ditunggu-tunggu oleh para guru. Saat ini ada aturan baru mengenai gaji dan tunjangan yang harus diberikan kepada guru. Karena itu juga ada 11 jenis tunjangan yang akan diberikan kepada guru.

Adanya 11 jenis tunjangan juga karena aturan baru tentang tunjangan PPPK Guru TMT 2022 yang berdasarkan Perpres dan Permenkau. Peraturan terbaru tentang gaji dan tunjangan Guru PPPK TMT Tahun 2022 ditujukan bagi guru yang telah lulus tahap 1, 2, dan juga 3.

Aturan yang digunakan untuk gaji guru PPPK adalah Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 98 Tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan PPPK. Selanjutnya aturan kedua adalah Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 202/PMK.05/2020 tentang tata cara pembayaran gaji dan tunjangan guru PPPK.

Pada tahapan ini perlu diketahui beberapa komponen gaji dan juga tunjangan bagi guru PPPK, sebagai berikut:

1. Gaji Pokok

Setelah diangkat menjadi PPPK, hal pertama yang akan didapatkan guru PPPK adalah gaji pokok.

2. Tunjangan Suami atau Istri

Selanjutnya yang akan diberikan pemerintah kepada guru ASN PPPK adalah tunjangan istri atau suami sebesar 10 persen dari gaji pokok.

3. Tunjangan Anak

Hal ketiga yang akan didapatkan guru berstatus PPPK adalah tunjangan anak. Masing-masing akan mendapat 5 persen dari gaji pokok dan maksimal 2 anak.

4. Tunjangan Beras

Untuk hal terketat yang akan diperoleh guru yang sudah berstatus PPPK adalah tunjangan beras. Tunjangan beras ini akan diperoleh sebesar 10 persen.

5. Tunjangan Struktural

Tunjangan ini akan diberikan kepada penerima manfaat yang memiliki jabatan dalam kerangka struktural strata tertentu.

6. Jaminan Sosial

7. Tunjangan Daerah Terpencil

Tunjangan ini akan diberikan kepada guru yang bekerja di daerah terpencil.

Halaman selanjutnya

Tunjangan Sertifikasi Guru

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *