PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian 2 Bonus Menanti PNS dan PPPK di Tahun 2023

2 Bonus Menanti PNS dan PPPK di Tahun 2023

Harapan Baru Bagi Para PNS Tahun Depan Gaji Naik 7

Selamat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS dan PPPK, pada tahun 2023 akan mendapatkan bonus yang diberikan pemerintah dan telah tercatat dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Keuangan.

Bonus yang akan diperoleh PNS dan PPPK adalah gaji 13 dan tunjangan hari raya (THR) yang sudah disiapkan dalam DIPA.

13 gaji dan THR ini diberikan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas belanja pegawai dan menjaga daya beli, hal ini tertuang dalam publikasi Makroekonomi (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) 2023.

Penjelasan mengenai gaji 13 dan THR PNS dan PPPK dijelaskan dalam Kerangka Makro dan Prinsip Kebijakan Fiskal Tahun 2023, yaitu sebagai berikut:

Belanja pegawai selama periode 2017 hingga 2021 berada pada kisaran 2,36 persen dari PDB, hal ini sesuai dengan catatan Kementerian Keuangan.

Sementara itu, anggaran belanja pegawai pada tahun 2022 berada pada kisaran Rp426,5 triliun atau sekitar 2,38 persen dari PDB yang telah dijelaskan dalam catatan pemerintah dan Kementerian Keuangan.

Sehingga dapat dilihat dan diinterpretasikan bahwa rata-rata pertumbuhan belanja pegawai tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 mencapai 4,98 persen.

Hal yang mempengaruhi peningkatan tersebut adalah berbagai kebijakan yang telah diarahkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan PNS.

Kesejahteraan tersebut berupa pemberian 13% gaji dan THR, kenaikan gaji dan pensiun dasar yang ditujukan bagi ASN PNS dan PPPK serta pensiunan, serta perbaikan tunjangan kinerja K/L sejalan dengan pencapaian reformasi birokrasi.

THR sendiri merupakan hak yang dapat diterima oleh karyawan di setiap bulan suci Ramadhan, dimana THR ini dapat digunakan untuk kebutuhan belanja selama bulan suci Ramadhan.

Pencairan gaji 13 dan 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR), diperkirakan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang akan mulai diberikan pada H-10 Idul Fitri.

Jika melihat kalender tahun 2023, Idul Fitri jatuh pada Sabtu 22 April 2023. Artinya, THR untuk PNS dan PPPK kemungkinan akan diberikan pada 12 April 2023.

Sedangkan pencairan dana gaji 13 akan diberikan sekitar bulan Juli jelang tahun ajaran baru.

Halaman selanjutnya

Pemberian 13 gaji bagi PNS dan PPPK ini dimaksudkan agar tertib


naikpangkat.com

Comment
Share:

Ad