Table of contents: [Hide] [Show]

    Mekanisme Kepatuhan P2 dan P3 – Pada seleksi PPPK Guru 2022, calon P2 dan P3 hanya memiliki peluang diterima 1:2. Artinya, dalam satu formasi akan diperebutkan dua guru honorer.

    Diketahui ada tiga macam mekanisme dalam proses seleksi PPPK Guru 2022 yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

    Mekanisme pertama ditujukan untuk pelamar P1, sedangkan mekanisme kedua akan dilakukan jika kuota formasi masih tersedia setelah memenuhi kebutuhan pelamar P1, dan sisanya ditujukan untuk P2 dan P3.

    Dirangkum dari dokumen Kemendikbud, berikut penjelasan terkait seleksi verifikasi kesesuaian bagi calon THK-II dan guru honorer yang bertugas di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang telah bekerja minimal 3 tahun.

    Baca juga: Siap Daftar PPPK Guru 2022? Sudah Tahu Informasi Ini?

    Seleksi kesesuaian atau verifikasi bagi guru honorer yang mengajukan P2 dan P3 dilakukan jika kuota untuk formasi PPPK Guru masih tersedia, setelah penempatan guru yang lulus passing grade terpenuhi dan masih ada sisa kuota.

    Dalam seleksi ini dilakukan dengan menilai kesesuaian 4 dimensi yaitu pertama, kualifikasi akademik dan/atau sertifikat pendidik dengan mempertimbangkan linearitas antar bidang tugas atau mata pelajaran.

    Kualifikasi yang dibutuhkan adalah Sarjana (Sl), Diploma Empat (D-IV), dan/atau Sertifikat Pendidik.

    Tolok ukur dimensi kedua memperhatikan penilaian kesesuaian Kompetensi Teknis yang terdiri dari penilaian profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.

    Selanjutnya penilaian kesesuaian dimensi Kinerja yang meliputi orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, dan kerjasama.

    halaman selanjutnya

    Penilaian kesesuaian PPPK selanjutnya..

    Share:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *