20 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Namun Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja, Salah Satunya Ilmu Perpustakaan

- Penulis

Minggu, 7 Januari 2024 - 20:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1704520611 63CA9ABC 6843 481F A87C DE132FCE210D 705640157

1704520611 63CA9ABC 6843 481F A87C DE132FCE210D 705640157

pusatdapodik.com – Ada 20 jurusan kuliah yang sedikit peminatnya namun sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, apa saja?

Jurusan perguruan tinggi seringkali dipilih berdasarkan tren dan popularitas, namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada beberapa jurusan yang sedikit peminatnya namun sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Meski minim peminat, jurusan ini menawarkan sejumlah peluang karir yang menjanjikan dan bisa memberikan kontribusi di berbagai sektor.

Baca juga: Daftar Lowongan Kerja Lulusan SMK, Informasi Gaji Lengkap dan Cara Daftar, Penghasilan Hingga 4 Juta!

Dikutip pusatdapodik.com dari channel YouTube Republika Siswa, yuk simak 20 jurusan kuliah yang sepi peminat namun sangat dibutuhkan di dunia kerja.

1. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan menyimpan banyak peluang di dunia kerja. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai pengontrol dokumen atau sekretaris. Meski masih jarang populer, namun jurusan ini berperan penting dalam pengelolaan informasi dan dokumen.

2. Kehutanan

Departemen Kehutanan berkontribusi besar dalam misi penyelamatan hutan di Indonesia. Banyak perusahaan milik negara, lembaga konservasi nasional dan organisasi internasional membutuhkan lulusan jurusan ini. Jurusan ini memberikan kesempatan untuk berkarir di bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam.

3. Ilmu Arkeologi

Departemen Arkeologi memberikan banyak kesempatan untuk meneliti penemuan-penemuan masa lalu. Lulusan arkeologi memiliki keahlian dalam menggali dan mempelajari artefak dan situs sejarah. Selain itu, mereka juga dapat mencoba bekerja di bidang lain yang membutuhkan analisis data dan pengetahuan sejarah.

4. Sastra Jawa

Jurusan Sastra Jawa menawarkan berbagai peluang kerja sebagai penerjemah dan dosen. Lulusan jurusan ini dapat mengembangkan keterampilan berbahasa Jawa serta memahami budaya dan sastra Jawa. Persaingan pada jurusan ini tidak terlalu ketat sehingga menjadi peluang bagi yang berminat.

Baca Juga: Ingin Bekerja di Luar Negeri? Cari tahu dulu daftar negara yang paling favorit untuk keperluan kerja, gajinya besar banget!

5. Astronomi

Jurusan Astronomi sangat dibutuhkan oleh institusi seperti Lapan, BMKG, dan NASA. Pemahaman tentang astronomi dan penelitian luar angkasa sangat penting untuk penerbangan luar angkasa dan pemahaman tentang alam semesta.

6. Filsafat

Jurusan Filsafat membutuhkan pemikiran logis dan keterampilan penalaran yang baik. Meski mudah untuk dimasuki, jurusan ini mempunyai banyak potensi di berbagai instansi dan perusahaan. Lulusan Filsafat memiliki kemampuan berpikir analitis dan kritis yang diperlukan untuk menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks.

Baca Juga :  Pengertian Profil Pelajar Pancasila: Dimensi dan Elemen Kunci

7. Seni Akting

Jurusan Seni Akting menawarkan kesempatan untuk menjadi aktor, artis atau pemain teater. Lulusan jurusan ini memiliki bakat di bidang akting dan dapat mengembangkan karir di industri hiburan.

8. Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Kelautan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan instansi yang berhubungan dengan transportasi laut. Lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan meningkatkan sistem transportasi laut. Mereka juga dapat berkontribusi pada pengembangan kapal dan industri maritim.

9. Manajemen Transportasi

Departemen Manajemen Perhubungan membahas tentang manajemen transportasi, termasuk perhitungan biaya operasional, tarif dan bahan bakar yang digunakan. Lulusan jurusan ini memiliki banyak kesempatan kerja di berbagai bidang industri transportasi. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoptimalkan operasi transportasi.

10. Pendidikan Khusus

Departemen Pendidikan Khusus membantu penyandang disabilitas belajar seperti anak-anak pada umumnya. Lulusan jurusan ini berpeluang menjadi guru dan pendidik penyandang disabilitas. Mereka memberikan bantuan dan mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

11. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman dibutuhkan oleh industri pertanian. Lulusan jurusan ini mempunyai pengetahuan dalam mengidentifikasi, mengendalikan dan melindungi tanaman dari hama dan penyakit. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang pertanian dan memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang mempengaruhi produksi tanaman.

12. Arsip

Jurusan kearsipan memang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Lulusan jurusan ini mempunyai kemampuan mengelola dan menyimpan arsip. Mereka bisa bekerja di berbagai instansi atau perusahaan yang membutuhkan jasa pengelolaan arsip.

13. Rekayasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Departemen Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja mengelola kesehatan dan keselamatan pekerja di suatu industri. Lulusan jurusan ini bertanggung jawab untuk mencegah kecelakaan kerja dan mengoptimalkan kondisi kerja yang aman. Banyak instansi di tanah air yang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini.

14. Rekayasa Desain Manufaktur

Jurusan Teknik Desain Manufaktur dibutuhkan dalam bisnis perkapalan dan berbagai industri manufaktur lainnya. Lulusan jurusan ini memiliki keahlian dalam merancang dan mengembangkan proses manufaktur yang efisien. Mereka juga berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas dalam proses produksi.

Baca Juga :  5 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika, Benarkah Gaji Bisa Tembus 2 Bahkan 3 Digit?

15. Teknik Perpipaan

Jurusan Teknik Perpipaan memberikan pemahaman tentang teknik perpipaan dalam suatu industri. Lulusan jurusan ini dapat mengejar karir sebagai desainer atau supervisor saluran pipa. Banyak perusahaan mencari ahli di bidang ini untuk mendukung infrastruktur dan sistem perpipaan yang berkelanjutan.

16. Teknik Pengelasan

Jurusan Teknik Pengelasan dibutuhkan di berbagai institusi dan instansi pemerintah. Lulusan jurusan ini memiliki keahlian di bidang pengelasan logam dan manajemen material. Mereka dapat bekerja di bidang konstruksi, manufaktur, dan perbaikan mesin.

17. Teknik Geodesi

Jurusan Teknik Geodesi mempelajari pemetaan dan survei di lapangan. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh Badan Pertanahan Nasional, Bappeda, perusahaan konstruksi, dan berbagai institusi terkait. Mereka mempunyai kemampuan mengukur dan memetakan lahan serta mendukung pembangunan infrastruktur.

18. Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi menawarkan banyak peluang karir di berbagai rumah sakit dan pusat rehabilitasi. Lulusan jurusan ini memiliki keahlian dalam merawat dan memulihkan fungsi tubuh pasien melalui terapi fisik. Permintaan terhadap fisioterapis terampil terus meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pemulihan pasca cedera.

19. Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial mempelajari perilaku dan hubungan antar manusia dalam konteks masyarakat. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dasar untuk memahami keragaman budaya, politik dan dinamika sosial. Banyak politisi, psikolog, dan pekerja yang harus mempelajari masyarakat memerlukan pemahaman mendalam tentang bidang antropologi ini.

20. Oseanografi

Departemen Oseanografi membahas tentang kondisi laut dan sekitarnya. Lulusan jurusan ini akan mempelajari ekosistem laut dan menyumbangkan pengetahuan serta keterampilannya dalam memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan. Di era pembangunan maritim, departemen ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pemanfaatan laut secara bertanggung jawab.

Artikel ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai jurusan kuliah yang tidak populer namun sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ke depan, beberapa jurusan tersebut akan menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan di berbagai industri dan sektor.*

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru