Suasana kelas yang menyenangkan membuat siswa betah dalam belajar. Di sisi lain, suasana kelas yang tidak menyenangkan membuat siswa dan guru sama-sama ingin segera mengakhiri pelajaran. Bukankah begitu, Guru Cerdas?

Baca juga: Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Menyenangkan

Pertanyaannya, seperti apa suasana kelas dan pembelajaran yang menyenangkan? Apa yang harus dilakukan guru untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan?

1. Belajar Bersama dan Temukan Hal Baru

cara membuat belajar menjadi menyenangkan
Foto oleh Van Tay Media di Unsplash

Dengan tersedianya informasi dan sumber belajar yang melimpah saat ini, menjadi kurang relevan jika kita bersikeras bahwa guru adalah satu-satunya sumber pengetahuan bagi siswa. Mari kita renungkan sejenak, berapa banyak hal yang kita pelajari atau baru ketahui dari siswa? Alih-alih menjadi satu arah, kegiatan belajar mengajar di kelas, suka atau tidak suka, semakin bergeser ke pembelajaran dua arah. Nah, justru di sinilah kita bisa menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan, Guru Cerdas.

Misalnya, untuk mengakomodasi kebutuhan pembelajaran yang lebih interaktif, kita dapat mengubah posisi tempat duduk di dalam kelas. Dari semula semua kursi siswa menghadap ke depan kelas, kita bisa menggeser kursi menjadi lingkaran besar dengan ruang kosong di tengahnya. Guru yang cerdas juga dapat menggali ide-ide tentang cara mengajar lain yang menyenangkan dan tidak membosankan, tidak hanya sekedar mengubah susunan tempat duduk siswa di kelas.

2. Menumbuhkan Minat dan Semangat Belajar Siswa

bagaimana menciptakan suasana belajar yang efektif
Foto oleh cottonbro di Pexels

Anda bisa menuntun kuda ke air tetapi Anda tidak bisa membuatnya minum. Kita bisa membawa kuda ke kolam air, tapi kita tidak bisa memaksanya untuk minum air. Kuda itu hanya akan minum air ketika ingin minum. Begitu juga dengan proses belajar siswa. Kita hanya bisa membimbing, tapi tidak bisa memaksa siswa untuk belajar dan menyerap ilmu. Namun, peluang siswa untuk belajar menjadi lebih besar ketika kita dapat menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi, apa yang diprioritaskan agar belajar di sekolah menyenangkan? Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menciptakan suasana kelas sedemikian rupa sehingga siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk terus belajar. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan, misalnya, adalah dengan mengarahkan dan mengajukan pertanyaan daripada menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.

Jangan berikan ikannya, berikan kailnya – begitulah kata pepatah. Orang cenderung tertarik belajar setelah merasa penasaran. Rasa ingin tahu merupakan bahan bakar dan semangat belajar bagi siswa. Bukankah banyak penemuan besar dunia hasil dari rasa ingin tahu? Dengan hanya memancing rasa ingin tahu siswa, kami telah menemukan cara untuk menciptakan suasana belajar yang efektif di kelas.

3. Mengeksplorasi Metode dan Materi Pembelajaran

cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan
Foto oleh RODNAE Productions di Pexels

Keanekaragaman metode pembelajaran mampu menjaga, bahkan menumbuhkan semangat belajar siswa. Jangan ragu untuk menerapkan metode pengajaran baru, apakah itu diskusi kelompok, studi kasus, penemuan, atau metode pembelajaran lainnya. Guru yang cerdas tentunya telah menguasai berbagai cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif untuk belajar.

Salah satu caranya, tidak diragukan lagi, misalnya dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Bagaimana Anda membuat konten pembelajaran menarik dan menarik bagi siswa? Kita bisa mulai dengan pembelajaran kontekstual, Guru Cerdas. Semakin siswa memahami hubungan antara apa yang mereka pelajari di kelas dan situasi yang mereka hadapi di dunia nyata, semakin besar minat dan semangat mereka untuk belajar. Untuk itu, kita tidak perlu membatasi diri pada materi yang ada di buku teks. Sebagai gantinya, kita bisa mengeksplorasi berbagai macam media pembelajaran yang bisa digunakan, bahkan di luar kelas.

4. Suportif dan Empati terhadap Siswa

agar suasana di sekolah nyaman
Foto oleh Andrea Piacquadio di Pexels

Minat dan semangat belajar dapat dikembangkan dari rasa ingin tahu. Di sisi lain, suasana kelas yang penuh dengan ketakutan dan tekanan dapat menghambat, bahkan mematahkan semangat siswa untuk belajar. Mereka hadir secara fisik di kelas. Namun, sekeras apa pun kita berusaha menyampaikan materi pelajaran, biasanya hasilnya tidak memuaskan semua pihak – baik guru maupun siswa.

Penting untuk dipahami bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangkap pelajaran. Beberapa siswa cepat memahami materi pelajaran, sementara siswa lain membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari sesuatu. Sebagai guru yang terlibat langsung di dalam kelas, kita harus dapat memahami perbedaan tersebut dan menunjukkan rasa kepedulian terhadap siswa agar suasana kelas tetap menyenangkan.

Baca juga: Metode Hypnoteaching Memberikan Sugesti Positif dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran

Berikut adalah empat cara untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas, dan di sekolah pada umumnya. Tentunya agar suasana di sekolah nyaman bagi semua pihak, kita bisa berkolaborasi dengan guru lain dalam menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *