Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus akun Telegram yang sudah tidak digunakan lagi. Anda bisa menggunakan cara apapun, yang terpenting aman dan tidak melanggar prosedur Telegram sendiri.

1. Menghapus Akun Telegram Melalui Browser PC

Biasanya menggunakan Telegram lewat laptop dan berencana menghapusnya? Anda dapat menggunakan cara berikut ini. Menghapus akun Telegram dari laptop tentunya akan lebih mudah dan cukup ikuti petunjuk yang tersedia di aplikasi.

  • Silakan buka browser komputer apa saja seperti Opera, Firefox, Google Chrome, dll. Lalu lakukan pencarian”Situs penghapusan akun Telegram“.
  • Masukkan nomor ponsel yang digunakan pada akun Telegram, maka Anda akan mendapatkannya kode OTP untuk melakukan verifikasi.
  • Jika Anda sudah menerima kode OTP melalui SMS, Anda bisa langsung menyalinnya kode dan masukkan pada kolom yang tersedia di situs Telegram.
  • Klik “pilihan”Masuk“, lalu berikan alasan ingin menghapus akun Telegram Anda. Silakan coba berikan alasan sesuai kondisi saat ini, klik “Hapus akun Saya“.

Jika Anda sudah menghapus akun Telegram, otomatis seluruh data yang ada di dalamnya seperti riwayat percakapan, informasi kontak, dan file multimedia akan hilang. Pengguna dapat mencoba mencadangkan datanya sebelum akun Telegramnya dihapus secara permanen.

2. Hapus Akun Telegram melalui Ponsel Android

Menghapus akun Telegram tidak hanya bisa dilakukan melalui PC atau laptop saja, namun juga bisa melalui HP Android. Anda bisa langsung uninstall atau menguninstall aplikasi tersebut dari Android sekaligus menghapus akun tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

  • Silakan buka aplikasi Telegramlalu ketik ikon tiga baris yang terletak di pojok kiri atas.
  • Pilih menu pengaturan”Privasi dan Keamanan” lalu gulir ke atas dan klik “Hapus akun Saya” Dan “Jika Pergi Untuk“.
  • Pengguna nantinya bisa menentukan berapa lama akun tersebut akan dihapus, misalnya 1 bulan, 3 bulan, dan 1 tahun.
  • Jika akun sudah berhasil dihapus, Anda tinggal menghapus aplikasi tersebut dari ponsel.

Tips yang sudah dijelaskan diatas tidak bisa menghapus akun Telegram begitu saja atau bisa dikatakan permanen. Misal Anda memilih 1 bulan, maka akun tersebut akan aktif kembali setelah 1 bulan, sehingga akun Telegram baru akan otomatis terhapus oleh sistem.

3. Menghapus Akun Telegram dari iOS

Bagaimana cara menghapus akun bot di Telegram di iOS? Biasanya sistem ini mempunyai aturan tersendiri. Bagi pengguna iOS pemula, Anda bisa mencoba mengikuti tips yang akan dijelaskan langsung di bawah ini.

  • Silakan buka aplikasi Telegramlalu masuk ke menu “Pengaturan” yang terletak di kanan bawah layar.
  • Klik “opsi”Privasi & Keamanan“, lalu kamu bisa langsung scroll ke bawah hingga menemukan opsi”Hapus Akun Saya Secara Otomatis“.
  • Jika Anda ingin menghapus akun Anda secara otomatis, klik “Jika Pergi Untuk“. Tentukan rentang waktu yang diperlukan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  • Akun Telegram pribadi Anda dapat terhapus secara otomatis, selama Anda tidak lagi login atau online menggunakan akun tersebut lagi dalam jangka waktu yang dipilih.
  • Melakukan “Keluar” pada aplikasi untuk menyelesaikan prosesnya, maka Anda bisa langsung menghapusnya atau uninstall aplikasi Telegram jika itu tidak diperlukan.

Cara menghapus akun Telegram lewat Android dan iOS secara umum sama, namun akun bisa aktif kembali saat pengguna mengaksesnya. Menguninstall aplikasi secara langsung hanya akan menghapus aplikasi tersebut dari ponsel, namun akun masih bisa aktif digunakan dari perangkat lain.

4. Cara menghapus akun di Telegram tanpa kode verifikasi

Bisakah menghapus akun Telegram tanpa harus mendapatkan kode verifikasi? Tentu saja bisa, kali ini Anda bisa mengikuti petunjuk lengkapnya. Hal ini juga bisa diterapkan ketika pengguna Telegram lupa nomor telepon yang digunakan sebelumnya.

  • Silakan Gabung gunakan aplikasi Telegram terlebih dahulu, lalu minta bantuan Telegram sambil memberikan informasi terkait masalahnya.
  • Pengguna kemudian akan diminta untuk mengirimkan alamat email dan nomor telepon aktif yang bisa digunakan. Membuka Email dukungan Telegram
  • Pengguna akan diminta memberikan penjelasan terkait alasan penghapusan akun tanpa menggunakan kode verifikasi. Tekan tombolnya “Kirim” untuk penghapusan akun.

Menghapus akun Telegram tanpa melalui kode verifikasi biasanya dilakukan karena beberapa faktor, antara lain nomor akun diretas, nomor tidak aktif, dan lain sebagainya. Dalam situasi mendesak ini, akun media sosial perlu dinonaktifkan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

5. Hapus Akun Telegram Secara Manual

Setelah mengetahui cara menghapus akun Telegram Android dan iOS, Telegram juga bisa memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menghapus akun secara manual. Apa artinya? Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada langkah-langkah berikut ini.

  • Tolong buka Situs resmi Telegram lewat internet, kalau begitu Gabung gunakan nomor ponsel yang terhubung dengan aplikasi Telegram.
  • Pengguna akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasiKemudian masukan kode dan segera klik tombol “Masuk“.
  • Berikan alasan untuk menghapus akun Telegram Anda, lalu “Hapus akun Saya“.

Alternatif ini bisa Anda gunakan menggunakan PC atau HP Android. Jika Anda yakin ingin menghapus akun Anda, maka kunjungi saja situs resminya. Di sini pengguna tidak perlu menyimpan aplikasi di perangkat karena cukup membuka browser.

Bagaimana Cara Mencadangkan Data Telegram?

Bagaimana-Untuk-Mencadangkan-Data-Telegram?

Sebelum menerapkan cara menghapus akun Telegram di atas, sebaiknya Anda melakukan backup data yang dianggap penting. Jika akun sudah terhapus maka secara otomatis semua file akan terhapus sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya kembali seperti biasanya.

  • Membuka halaman telegram menggunakan PC atau laptop. Memilih “Metode Masuk” oleh pindai QR atau andalkan nomor telepon.
  • Memilih menu atau baris ketiga di pojok kiri atas. Temukan menu yang bertuliskan “Canggih” dan klik pada “opsi”Ekspor Data Telegram“.
  • Pengguna dapat menentukan data mana yang nantinya akan dibackup. Periksa semua data yang diperlukan, lalu tentukan “Lokasi dan Format“.
  • Pilih opsi “HTML” dan klik “Ekspor“, hanya kemudian”Mengizinkan” untuk dapat memberikan izin akses lainnya. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Apa yang terjadi jika akun Telegram Anda diretas? Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, Anda bisa segera menghapus akun Anda secara permanen. Cara menghapusnya sama seperti langkah diatas, nantinya pengguna tetap mendapatkan informasi mengenai verifikasi kode.

Cara menghapus akun Telegram bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang sedang mengalami masalah hacking. Pengguna yang ingin berganti akun lain juga bisa menerapkan cara di atas, namun ada beberapa opsi yang memungkinkan akun Telegram lama bisa aktif kembali.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *