PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian 5 Kebijakan Kemendikbudristek Perihal Tunjangan untuk Guru di Tahun 2023, Berlaku bagi Honorer!

5 Kebijakan Kemendikbudristek Perihal Tunjangan untuk Guru di Tahun 2023, Berlaku bagi Honorer!

PPPK Guru Resmi Terima Kenaikan Gaji Berkala Segini Besarannya

Kebijakan Tunjangan Guru 2023 – Setidaknya ada lima kebijakan yang menjadi fokus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) terkait tunjangan guru pada tahun 2023.

Melalui kebijakan tersebut, muncul berbagai pertanyaan. Salah satunya, apakah kebijakan ini berpihak pada guru? Atau sebaliknya?

Diketahui bahwa kesejahteraan bagi guru dapat diperoleh dari berbagai hal, salah satunya adalah tunjangan, seperti tunjangan profesi guru atau TPG yang dikhususkan untuk sertifikasi guru, tunjangan khusus, dan lain-lain.

Skema pemberian tunjangan bagi guru penerima sudah diatur sedemikian rupa, termasuk sumber dana yang digunakan untuk tunjangan guru.

Untuk tahun 2023, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan akan menerapkan kebijakan baru yang lebih baik.

Di penghujung tahun 2022, Nadiem sempat menyebut anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tahun 2023. Dari total anggaran tersebut, tunjangan guru termasuk kategori anggaran terbesar.

Perlu diketahui bahwa tunjangan guru, tunjangan dosen, KIP, dan PIP termasuk dalam kategori dana wajib. Dana wajib ini merupakan anggaran terbesar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Total anggaran Kemendikbud 2023 sekitar Rp80,22 triliun dan komponen terbesar di sini adalah dana wajib sebesar Rp38,17 triliun,” kata Nadiem.

Selain anggaran dana wajib, program prioritas Kemendikbud yakni Merdeka Belajar mendapat anggaran Rp 4,57 triliun.

Nadiem mengatakan, nominal anggaran yang telah ditetapkan digunakan untuk berbagai pembangunan di bidang pendidikan, seperti penilaian nasional hingga program Mobilisasi Guru.

Tak hanya itu, program pendampingan sekolah mengemudi yang termasuk dalam 3T atau daerah terdepan, terluar, tertinggal dan program literasi juga masuk dalam anggaran.

Terkait pembagian tunjangan guru, Nadiem menyampaikan kabar gembira lainnya yang harus diketahui oleh para guru, khususnya penerima tunjangan.

halaman selanjutnya

alokasi tunjangan..


naikpangkat.com

Comment
Share:

Ad