PusatDapodik
Home Umum 5 Tips Kerja Part Time di Jerman Untuk Mahasiswa Indonesia

5 Tips Kerja Part Time di Jerman Untuk Mahasiswa Indonesia

pexels tim douglas 6205478 1024×683

Kerja paruh waktu di Jerman — Belajar di Jerman gratis tetapi untuk dapat tinggal di sana, siswa harus membayar sendiri. Jika Anda berencana untuk belajar di Jerman, Anda dapat mencari Stipendium (beasiswa) untuk menutupi biaya tersebut.

Untuk informasi lebih detail, isi biodata Anda di sini

Tetapi jika Anda tidak beruntung mendapatkan beasiswa, Anda terpaksa meminta uang kepada orang tua Anda. Jadi, daripada menyusahkan orang tua, mengapa tidak mencoba mencari uang sendiri dengan bekerja paruh waktu?

Ya, kerja paruh waktu bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang ingin menghasilkan uang secara mandiri asalkan memiliki tekad dan benar-benar mau bekerja keras.

Ada banyak lowongan pekerjaan paruh waktu yang tersedia di Jerman, siswa hanya perlu mencoba mencari peluang.

Manfaat Kerja Paruh Waktu di Jerman Sambil Kuliah

pekerjaan paruh waktu di Jerman

Tidak hanya untuk mendapatkan uang, kuliah sambil bekerja di Jerman juga memiliki banyak keuntungan lain yang tidak kalah menguntungkan. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  • Menambahkan kontak di Jerman

Bekerja paruh waktu akan memberi Anda kesempatan untuk berteman dengan banyak orang, seperti rekan kerja Jerman atau mungkin sesama mahasiswa Indonesia.

Memiliki teman saat bepergian memiliki banyak manfaat. Anda dapat bertukar informasi penting dengan teman atau sebagai sumber bantuan saat Anda mengalami kesulitan.

Peluang ini mungkin tidak akan muncul jika Anda seorang mahasiswa yang pekerjaannya hanya pulang kuliah.

  • Dapat menambah pengalaman ke resume pekerjaan

Walaupun Anda bekerja paruh waktu, Anda tetap akan mendapatkan ilmu dan keterampilan yang berguna untuk bekerja nantinya. Anda juga akan mempelajari budaya kerja dan etos kerja di Jerman sebagai pelajaran perilaku saat bekerja di sebuah perusahaan nantinya.

Dengan memiliki pengalaman bekerja di Jerman secara profesional, Anda tidak akan kewalahan saat memulai karir yang sesungguhnya.

Jika Anda pandai mengatur pengeluaran, gaji yang Anda peroleh bahkan bisa ditabung untuk kebutuhan lain, seperti membeli baju, untuk rekreasi atau membeli barang lainnya.

Atau Anda juga bisa menggunakan tabungan tersebut untuk membayar visa kerja jika Anda berniat untuk bekerja full time di Jerman setelah lulus.

Jenis Pekerjaan Paruh Waktu di Jerman

Ada banyak jenis pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa di Jerman untuk dipilih.

Salah satu kategorinya adalah Handarbeit atau pekerja kasar. Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Handarbeit adalah cukup memiliki jiwa, tenaga dan fisik yang kuat.

Contoh pekerjaan ini bermacam-macam, seperti pengantar koran, pelayan restoran, buruh pabrik, pemetik buah, kasir dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan di kampus. Jika kamu berprestasi di kampus, kamu bisa menjadi Hilfwissenschaftler (HiWi), yaitu menjadi asisten pengajar yang membantu dalam mengerjakan suatu proyek.

Jenis pekerjaan lain adalah pekerjaan serabutan Schwarzarbeit atau non-kontrak. Pekerjaan ini tidak ada dalam daftar pekerjaan pemerintah Jerman, jadi tidak ada asuransi pekerjaan, tidak ada kontrak, dan tidak ada pajak.

Contoh dari pekerjaan ini adalah pembersih rumah, tukang kebun, pembersih kolam atau penjaga anjing.

Kerja paruh waktu di Jerman

Yang Harus Dipersiapkan Untuk Kerja Paruh Waktu di Jerman

Jika Anda berniat melamar pekerjaan sebagai Handarbeiter, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen dan hal-hal lain untuk bisa mendapatkan wawancara. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya diminta oleh pemberi kerja.

  • Resume/CV
  • Salinan paspor dan visa pelajar
  • Nomor identifikasi dan nomor jaminan sosial
  • Krankenversicherung/asuransi kesehatan (biasanya tersedia setelah menjadi pelajar)
  • Studentenbesheinigung/bukti sebagai mahasiswa
  • nomor rekening bank Jerman
  • Surat motivasi/surat lamaran
  • Foto, jika diperlukan

Tempat Mencari Kerja Paruh Waktu di Jerman

Ada banyak jalur untuk mencari lowongan kerja bagi mahasiswa. Mereka bisa mencari kantor Agentur für Arbeit, yang merupakan badan resmi pemerintah Jerman untuk mendistribusikan pekerja.

Tempat mencari pekerjaan alternatif bisa di buletin kampus atau di situs internet yang menyediakan informasi lowongan kerja di Jerman.

5 Tips Kerja Paruh Waktu di Jerman Sambil Kuliah

  • Cari lokasi kerja yang strategis

Dalam menentukan tempat kerja, ada baiknya Anda memilih yang dekat dengan rumah atau kampus Anda.

Jangan terlalu memaksa menerima pekerjaan di tempat terpencil karena nantinya akan merepotkan diri sendiri. Setidaknya Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10-20 menit saja.

Percayalah, Anda akan kesulitan jika bekerja di tempat terpencil, apalagi jika jam kerja Anda mendekati jam kuliah.

  • Lakukan wawancara dengan baik

Pada tahap wawancara, persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Pastikan dokumen yang harus dibawa sudah lengkap dan lebih baik lagi jika Anda mencoba berlatih menjawab pertanyaan pada malam sebelum wawancara.

Saat diwawancarai, buat kesan pertama yang bagus. Berikan kesan pewawancara sebagai orang yang percaya diri dan pekerja keras.

Jawab pertanyaan dengan jujur ​​dan jangan melebih-lebihkan karena pewawancara akan lebih menghargai jawaban yang jujur.

  • Jadilah cerdas tentang manajemen waktu

Mungkin yang paling sulit adalah membagi waktu antara bekerja dan mengerjakan tugas kuliah. Anda harus bisa membagi prioritas untuk keduanya.

Misalnya, saat musim ujian, persiapkan jauh-jauh hari agar saat bekerja, studi Anda tidak terbengkalai. Buat jadwal untuk membantu mengerjakan rutinitas Anda.

  • Menjaga profesionalitas dalam bekerja

Dalam bekerja kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh, termasuk bekerja paruh waktu.

Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Selalu berusaha mengerjakan tugas tapi jangan malu untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti.

Jangan sering mengeluh dan selalu masuk kerja tepat waktu. Dengan menunjukkan profesionalisme dan loyalitas kepada atasan, Anda akan disukai bahkan mungkin mendapatkan bonus gaji atas kinerja baik Anda.

  • Pelajari hukum kerja di Jerman

Mengetahui undang-undang tentang kerja paruh waktu di Jerman berguna untuk memahami kewajiban dan hak Anda sebagai pekerja paruh waktu. Anda juga harus mengetahui aturan bekerja sebagai pelajar di Jerman.

Pelajar di Jerman dibatasi hanya bisa bekerja paruh waktu dengan waktu kerja 120 hari di akhir pekan atau 240 hari untuk maksimal 4 jam. Selama seminggu pekerja paruh waktu juga memiliki batas jam kerja 20 jam.

Untuk masalah gaji, pekerja paruh waktu yang berpenghasilan lebih dari 450 Euro per bulan diwajibkan membayar pajak. Jadi lebih baik jika Anda mencari pekerjaan dengan gaji tidak lebih dari jumlah tersebut. Jangan khawatir karena uang sebesar itu cukup untuk mencari nafkah selama sebulan.

Mahasiswa yang bekerja paruh waktu juga memiliki hak seperti mendapatkan asuransi pekerjaan dan dapat menerima Trinkgeld (uang tip) dari pelanggan.

Comment
Share:

Ad