Apa yang Anda lakukan setiap kali Anda merasa tidak cukup produktif? Anda mungkin langsung menuju ke Play / App Store untuk aplikasi berikutnya yang menjanjikan untuk “mengubah hidup Anda.”


Tapi ada satu hal: aplikasi ini tidak akan langsung mengubah Anda menjadi mesin produktivitas. Faktanya, mengejar aplikasi produktivitas terbaru dan paling bersinar sebenarnya bisa lebih berbahaya daripada kebaikan. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa Anda tidak memerlukan lebih banyak aplikasi produktivitas.


1. Lebih Banyak Pergantian Konteks

Buka aplikasi di ponsel Anda, dan kemungkinan besar Anda juga akan membuka aplikasi lain. Mungkin Anda ingin membalas pesan di Slack dengan cepat; hal berikutnya yang Anda tahu, Anda sedang membaca email Anda, menggulir media sosial, dan membaca berita.

Sulit untuk tetap berpegang pada alasan yang Anda maksudkan untuk menggunakan ponsel Anda ketika ada begitu banyak aplikasi lain yang bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Pergantian konteks menyabot produktivitas Anda, karena Anda perlu waktu untuk mendapatkan kembali fokus setiap kali Anda beralih tugas. Terlebih lagi, jika Anda tidak memperhatikan, Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam di ponsel tanpa benar-benar menyelesaikan tugas yang awalnya ingin Anda lakukan.

Untuk menghindari hal ini, Anda memerlukan sistem yang efektif untuk membantu Anda tetap pada tugas. Misalnya, pengelompokan tugas adalah cara yang bagus untuk meminimalkan pengalihan konteks. Mengelompokkan tugas serupa bersama-sama memungkinkan Anda menyelesaikannya dengan lebih efisien dan mengurangi kemungkinan gangguan.

2. Aplikasi Kelebihan

Saat ini ada aplikasi untuk semuanya, mulai dari melacak langkah Anda dan mengingatkan Anda untuk minum air hingga aplikasi untuk memantau waktu layar Anda. Sangat mudah untuk terjebak dalam banyaknya pilihan dan mengunduh banyak aplikasi untuk tugas atau aktivitas yang sama.

Tapi, apakah Anda benar-benar membutuhkan dua aplikasi meditasi? Atau tiga aplikasi daftar tugas yang berbeda? Anda mungkin terus mengunduh semua aplikasi ini setelah menyadari bahwa yang sebelumnya bukanlah solusi ajaib untuk menjadi produktif. Anda akhirnya terjebak dalam roda hamster, mengejar aplikasi baru tetapi tidak pernah benar-benar menemukan yang sempurna.

Kelebihan aplikasi menyebabkan keletihan keputusan dan informasi tersebar di berbagai platform, sehingga sulit untuk tetap teratur dan menyelesaikan sesuatu. Selain itu, banyak aplikasi produktivitas dalam kategori yang sama memiliki fitur dan fungsi yang serupa. Jadi, lebih masuk akal untuk tetap menggunakan satu aplikasi yang memenuhi sebagian besar kebutuhan Anda daripada menggunakan beberapa aplikasi yang menawarkan fitur yang sama.

Meskipun demikian, alih-alih mencoba setiap aplikasi baru, luangkan waktu untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi yang sudah Anda miliki. Pelajari seluk beluk untuk memastikan Anda menggunakannya secara maksimal. Anda akan terkejut mengetahui bahwa Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjadi produktif.

3. Lebih Banyak Aplikasi Menghasilkan Lebih Banyak Pemberitahuan

Anda mungkin belum menyadarinya, tetapi notifikasi adalah salah satu pembunuh produktivitas terbesar. Setiap ping atau buzz mengganggu fokus Anda dan menjauhkan Anda dari tugas yang ada. Dan seperti yang telah kami sebutkan di atas, butuh waktu bagi Anda untuk mendapatkan kembali fokus itu.

Menginstal lebih banyak aplikasi di perangkat Anda hanya menghasilkan lebih banyak notifikasi dan lebih banyak gangguan. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan produktivitas Anda, salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat baik-baik semua aplikasi yang mengirimi Anda notifikasi. Anda mungkin tidak ingin menerima pemberitahuan dari semua aplikasi ini saat Anda bekerja.

Selain itu, Anda dapat mengatur dan menggunakan mode fokus pada ponsel cerdas Anda untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat mengirimi Anda pemberitahuan pada waktu tertentu. Ini adalah cara yang bagus untuk meminimalkan gangguan dan memaksimalkan produktivitas Anda.

4. Beberapa Aplikasi Membutuhkan Uang

Dalam beberapa kasus, bukan hanya produktivitas Anda yang dipertaruhkan, tetapi juga dompet Anda. Ada banyak aplikasi produktivitas gratis yang hebat di luar sana yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas tanpa merusak bank. Namun, beberapa aplikasi datang dengan label harga.

Sementara beberapa aplikasi berbayar bernilai investasi, yang lain mungkin tidak. Sebelum Anda mengeluarkan uang hasil jerih payah Anda, pastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar akan membantu meningkatkan produktivitas atau keuntungan Anda dengan melakukan riset, membaca ulasan, atau bermain-main dengan uji coba gratis (jika tersedia).

5. Anda Dapat Mengembangkan Ketergantungan yang Tidak Sehat

Terburu-buru untuk mengangkat telepon Anda atau mengunduh lebih banyak aplikasi setiap kali Anda mengalami penurunan produktivitas dapat dengan cepat berubah menjadi ketergantungan yang tidak sehat pada teknologi. Anda mungkin tidak tampil sebaik yang Anda inginkan karena berbagai alasan; bisa jadi Anda terlalu banyak makan, kurang tidur, atau hanya libur.

Namun, jika Anda menganggap aplikasi produktivitas Anda sebagai obat untuk semua masalah produktivitas Anda, kemungkinan besar Anda akan mengembangkan ketergantungan yang tidak sehat pada mereka. Ini bukan solusi yang berkelanjutan, karena Anda pada akhirnya akan menabrak tembok produktivitas lain.

Terlebih lagi, sebagian besar aplikasi dirancang untuk mendapatkan perhatian sebanyak mungkin dari Anda. Ini berarti Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel Anda dan lebih sedikit waktu untuk tugas yang seharusnya mereka bantu.

6. Kurva Pembelajaran

Pertimbangan penting lainnya adalah kurva pembelajaran yang menyertai setiap aplikasi baru. Dibutuhkan waktu untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi baru dan bahkan lebih lama untuk menguasainya, dan ini dapat dengan cepat menjadi penguras produktivitas, terutama jika Anda menggunakan banyak aplikasi.

Jadi, sebelum mengunduh aplikasi yang mungkin tidak Anda perlukan, pikirkan berapa banyak waktu yang akan Anda investasikan untuk mempelajari cara menggunakannya. Mungkin lebih produktif untuk tetap menggunakan aplikasi yang sudah Anda ketahui cara beroperasi secara efisien dan memenuhi sebagian besar kebutuhan Anda.

Aplikasi Produktivitas Sendiri Tidak Cukup

Sebagian besar, aplikasi produktivitas adalah pendukung efektif yang dapat membantu Anda melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Namun, hanya itulah mereka—pemungkin, dan mereka tidak akan melakukan banyak hal secara mandiri tanpa pola pikir dan sistem yang tepat untuk mendukung mereka.

Sama seperti atlet profesional yang perlu memasangkan peralatan terbaik dengan jam pelatihan, Anda perlu menyiapkan diri untuk sukses jika ingin memaksimalkan aplikasi produktivitas Anda.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *