PusatDapodik
Home Berita Pendidikan 6 Jurusan Kuliah yang Jarang Dilirik, Bisa untuk Referensi SNPMB

6 Jurusan Kuliah yang Jarang Dilirik, Bisa untuk Referensi SNPMB



Jakarta

Sejumlah besar ada yang kurang diminati karena kurang paham dengan kebutuhan dunia kerja. Bahkan, jurusan sekarang kurang diminati karena banyak dibutuhkan di dunia kerja di masa depan.

Departemen-departemen ini ada di berbagai bidang. Mulai dari Saintek seperti oseanografi hingga Ilmu Sosial seperti ilmu perpustakaan.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru), berikut daftar jurusan kuliah yang jarang dilirik dan bisa jadi referensi, dikutip dari Kinobi Asia.

1. Oseanografi

Jurusan ini kurang diminati karena sektor pekerjaan kurang populer. Padahal lulusan jurusan ini dibutuhkan di Kementerian Kelautan, Kementerian ESDM, Kementerian Pekerjaan Umum, hingga Dinas Hidrografi-Oseanografi TNI AL.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari fenomena dan kondisi laut, seperti organisme laut, dinamika ekosistem, geologi dasar laut, dan sebagainya.

2. Kehutanan

Jurusan yang berkaitan dengan lingkungan atau alam juga kurang diminati. Di dunia masa depan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk kelestarian alam.

Mahasiswa jurusan ini akan memahami seluk beluk hutan, bagaimana cara melindunginya, membuat regulasi, dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat dengan hasil hutan.

Meski jarang dilirik, lulusan dari departemen kehutanan banyak diminati di berbagai badan usaha milik negara atau di lembaga birokrasi, seperti dinas kehutanan dan manajemen atau perusahaan perkebunan.

Bahkan, dengan skill dan pengalaman yang tinggi, Anda bisa bekerja di lembaga konservasi ternama seperti WWF, Wildlife Conservation Society, Conservation International, dan lain sebagainya.

3. Ilmu Perpustakaan

Tidak hanya belajar tentang buku, jurusan ini juga akan mempelajari kearsipan, informasi, manajemen perpustakaan, manajemen, dan teknologi informasi.

Lulusan jurusan ini sering dianggap hanya bisa bekerja di perpustakaan. Padahal prospek pekerjaannya luas, seperti pengawas dokumen, pengindeks, sekretaris, dan administrasi kearsipan.

4. Astronomi

Bagi Anda yang tertarik dengan bintang, planet, atau galaksi, Anda bisa mempelajari astronomi. Di Indonesia, program studi ini kurang diminati karena dianggap sulit dan prospek kerjanya tidak diketahui.

Satu-satunya universitas yang memiliki jurusan astronomi di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lulusan jurusan astronomi sangat dibutuhkan oleh lembaga khusus seperti BMKG, LAPAN, dan observatorium.

5. Arkeologi

Jurusan Arkeologi ada di 6 universitas yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Udayana, Universitas Jambi, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Halu Oleo.

Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari benda-benda sejarah, mulai dari situs purbakala hingga manusia. Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja di lembaga penelitian nasional, jurnalis, pemandu wisata, sejarawan, museum hingga akademisi.

6. Antropologi Sosial

Jika tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan manusia, jurusan ini layak menjadi referensi mahasiswa karena jarang dilirik.

Pasalnya, jurusan antropologi sosial akan mengkaji hubungan antara masyarakat dengan suatu kelompok dan etnis. Selain itu, siswa akan mempelajari perilaku, budaya, dan keragaman.

Beberapa kampus di Indonesia yang mempraktikkan antropologi sosial adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sumatera Utara.

Lulusan dari besar Mereka yang memiliki prospek kerja luas, antara lain bisa bekerja di bidang akademik dan penelitian, seperti konsultan, budayawan, antropolog, hingga dosen.

Menonton video “Panik Saat Tarik Tambang di Makassar Menyebabkan 1 Orang Tewas
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

www.detik.com

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad