8 Tips Screenshot HP Samsung dengan Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi Tambahan

- Penulis

Minggu, 19 November 2023 - 06:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

image 9 1 2

image 9 1 2

pusatdapodik.com – Saat ini kemampuan mengabadikan momen di layar ponsel sudah menjadi hal yang lumrah bagi para pengguna ponsel Samsung. Salah satu cara termudah dan tercepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan fitur tangkapan layar bawaan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan apa pun.

Screenshot merupakan alat praktis untuk berbagai keperluan, mulai dari menyimpan informasi penting, berbagi tampilan layar dengan teman, hingga mengabadikan momen menarik di media sosial.

Pada artikel kali ini kami akan mengupas beberapa tips dan trik yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan screenshot di Hp Samsung Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah dan cepat mendokumentasikan layar Hp Anda tanpa harus repot mencari aplikasi tambahan.

Tips screenshot di HP Samsung dengan mudah dan cepat tanpa aplikasi tambahan

Tips screenshot di HP Samsung dengan mudah dan cepat tanpa aplikasi tambahan. Kemampuan melakukan screenshot di perangkat smartphone khususnya Samsung sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak pengguna.

Tips screenshot di HP Samsung dengan mudah dan cepat tanpa aplikasi tambahan

Mengabadikan momen penting, menyimpan informasi, atau berbagi layar dengan teman sudah menjadi praktik umum. Salah satu kelebihan perangkat Samsung adalah kemudahan dalam mengambil screenshot tanpa harus mendownload atau menginstal aplikasi tambahan.

Baca Juga: Tips Terbaru Menghapus History Google di HP Android dengan Mudah Tahun 2023

Pada artikel kali ini kami akan mengupas tips dan trik yang dapat memudahkan Anda dalam mengambil screenshot di HP Samsung Anda dengan cara yang mudah dan cepat.

1. Menggunakan Tombol Daya

Salah satu cara paling mendasar dan umum untuk mengambil screenshot di HP Samsung adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power yang telah disediakan. Caranya cukup tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar Anda akan menyala sebentar, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Proses ini menggunakan kombinasi tombol yang mudah diakses dan biasanya tidak memerlukan konfigurasi tambahan.

Baca Juga :  Dokumen Wajib  Saat Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap 2

2. Pengaturan Sablon (Palm Swipe)

Samsung menyediakan fitur canggih bernama “Palm Swipe to Capture” yang memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan mengusapkan tangan ke layar ponsel. Pastikan fitur ini diaktifkan terlebih dahulu. Buka Pengaturan, pilih “Sablon” atau “Gerakan dan Isyarat”, dan pastikan “Gesek Telapak Tangan untuk Mengambil” diaktifkan. Setelah itu, cukup usap ujung tangan Anda secara horizontal di atas layar untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah.

3. Tombol Tampilan Sorot (Bilah Alat Tangkapan Layar)

Beberapa model Samsung memiliki fitur “Tombol Sorot Tampilan” yang memungkinkan Anda mengakses toolbar tangkapan layar langsung dari panel notifikasi. Aktifkan fitur ini melalui Pengaturan -> Tampilan -> Bilah Alat Tangkapan Layar. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat ikon tangkapan layar di panel notifikasi. Tekan ikon tersebut, dan Anda akan dapat memilih jenis tangkapan layar yang Anda inginkan, seperti tangkapan layar panjang atau tangkapan layar penuh.

4. Edit Tangkapan Layar Secara Langsung

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Samsung memberi Anda opsi untuk mengeditnya secara langsung sebelum menyimpan atau membagikannya. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat opsi untuk mengedit di bagian bawah layar. Ini memungkinkan Anda menambahkan catatan, menyorot area tertentu, atau menggambar tangkapan layar sebelum menyimpannya. Fitur ini sangat berguna untuk menyesuaikan screenshot sesuai kebutuhan Anda sebelum dibagikan atau disimpan.

5. Pengaturan Tambahan untuk Screenshot Panjang

Jika Anda perlu mengambil tangkapan layar panjang untuk menangkap seluruh halaman web atau dokumen, Samsung menyediakan opsi ini secara default. Setelah mengambil tangkapan layar, lihat opsi di bagian bawah layar dan pilih “Gulir tangkapan layar” atau opsi serupa. Dengan ini, Anda dapat meregangkan tangkapan layar untuk menangkap seluruh halaman tanpa harus membuat beberapa tangkapan layar terpisah.

Baca Juga :  Terbaru!! Berikut Bocoran Tentang Seleksi CPNS dan PPPK 2024

6. Menggunakan Perintah Suara Bixby

Bagi pengguna yang memiliki fitur Bixby di perangkat Samsungnya, menggunakan perintah suara untuk mengambil screenshot bisa menjadi cara yang sangat nyaman. Aktifkan Bixby dengan menekan dan menahan tombol Bixby atau menggunakan perintah suara, lalu ucapkan “Ambil tangkapan layar”. Bixby akan langsung menangkap layar Anda tanpa memerlukan interaksi fisik dengan perangkat.

7. Penyesuaian Pengaturan Tangkapan Layar

Perangkat Samsung memberikan fleksibilitas tambahan melalui pengaturan tangkapan layar khusus. Buka Pengaturan, pilih “Fungsi Lanjutan”, lalu pilih “Cuplikan Layar”. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur hotkey, menyesuaikan format file tangkapan layar, dan bahkan mengaktifkan perekaman layar jika diperlukan. Menyesuaikan pengaturan ini sesuai kebutuhan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengambil tangkapan layar.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun Samsung menyediakan berbagai metode bawaan untuk mengambil tangkapan layar, ada juga opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga jika Anda memerlukan fitur tambahan atau fungsi khusus. Beberapa aplikasi dapat memberikan kontrol lebih besar terhadap tangkapan layar dan menyediakan alat pengeditan yang lebih canggih. Namun, sebagian besar pengguna mungkin akan mendapati bahwa fitur bawaan memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Baca Juga: 7 Platform Blog Terbaik untuk Memulai Website Impian Anda

Kesimpulan

Mengambil screenshot di HP Samsung bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan. Dengan memanfaatkan kombinasi tombol fisik, fitur pengaturan, dan opsi lanjutan seperti “Palm Swipe” dan Bixby Voice, pengguna dapat mendokumentasikan layar ponsel mereka dengan cepat dan efisien. Selain itu, kemampuan untuk mengedit tangkapan layar secara langsung dan opsi tambahan seperti tangkapan layar panjang memberikan fleksibilitas ekstra. Dengan mengikuti tip dan trik berikut, Anda dapat memaksimalkan pengalaman pengambilan tangkapan layar di perangkat Samsung Anda.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru