Administrasi Guru: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

- Penulis

Kamis, 9 Februari 2023 - 22:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Administrasi Guru Pengertian Tujuan dan Jenis jenisnya.webp

Tahukah Anda apa saja yang perlu dipersiapkan administrasi guru? Jika belum maka perlu mengetahui dan memahami guru karena administrasi guru merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran.

Secara umum, ada 20 jenis administrasi guru yang harus disiapkan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Apakah mereka? Bagaimana administrasi guru pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka?

Dalam artikel Quipper kali ini akan dibahas tentang apa itu administrasi guru, tujuannya, jenis, dan administrasi guru dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, baca artikel ini sampai selesai ya?

Pengertian Administrasi Guru

Administrasi guru adalah pedoman kerja atau pedoman belajar yang digunakan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran agar kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. Administrasi keguruan merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh para guru, baik di tingkat SD maupun SMA/SMK.

Tanpa administrasi yang lengkap, proses pembelajaran tidak berjalan efektif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.

Secara umum, administrasi guru terdiri dari 20 jenis yang meliputi Kalender Pendidikan, Silabus, Program Semester (PROMES), hingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun seiring dengan perubahan dan perkembangan kurikulum, administrasi keguruan yang harus disiapkan tentunya berbeda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mengetahui dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebelum memulai kegiatan pembelajaran.

Tujuan Administrasi Guru

Pentingnya persiapan administrasi guru sebelum kegiatan pembelajaran tentunya memiliki tujuan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa tujuan administrasi guru.

1. Sebagai pedoman pembelajaran

Salah satu tujuan administrasi guru adalah sebagai pedoman pembelajaran. Dengan administrasi ini, guru memiliki arahan tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, termasuk kapan kegiatan akan dilakukan dan bagaimana melakukannya.

2. Sebagai standar minimal kinerja guru

Administrasi guru juga bertujuan sebagai standar minimal kinerja guru. Hal ini dikarenakan salah satu kriteria guru profesional adalah selalu merencanakan kegiatan pembelajaran secara terstruktur dan sistematis.

Administrasi ini juga biasanya merupakan salah satu cara bagi pengawas atau guru itu sendiri untuk mengukur kinerja guru, mengevaluasi kinerja guru, dan memperbaiki kinerja yang dirasa kurang baik.

Jenis Administrasi Guru

Seperti telah disinggung sebelumnya, secara umum administrasi guru untuk kelas 1 SD dan kelas 12 SMA/SMK terdiri dari 20 jenis yang meliputi:

  • Kalender Pendidikan
  • Program Semester (PROMES)
  • Program Tahunan (PROTA)
  • Silabus
  • Analisis SK/KD (Kompetensi Dasar)
  • Prosedur Penilaian
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • KKM
  • Jurnal/Agenda Guru
  • Buku kehadiran
  • Daftar nilai
  • Handbook (Buku Paket, modul, dan LKS)
  • Bahan ajar
  • Kotak Pertanyaan
  • Kartu Pertanyaan
  • Analisis Hasil Ulangan
  • Program Perbaikan
  • Program Pengayaan
  • Pengumpulan Soal / Bank Soal
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Baca Juga :  Contoh Susunan Upacara dan Doa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Administrasi Guru Kurikulum 2013

Berikut ini adalah beberapa administrasi guru Kurikulum 2013 yang harus disiapkan guru pada awal tahun pembelajaran.

1. Silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang terdiri dari kompetensi inti, kompetensi dasar, materi/pembelajaran, alokasi waktu, hingga media pembelajaran yang digunakan. Silabus ini sudah lama digunakan dalam administrasi pendidikan dan masih digunakan hingga kurikulum 2013.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sesuai dengan namanya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP ini dibuat berdasarkan silabus untuk memandu kegiatan belajar siswa dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

3. Kalender Akademik

Kalender akademik merupakan jadwal kegiatan akademik yang akan dilaksanakan selama satu tahun. Biasanya kalender akademik ini terbagi menjadi dua yaitu kalender akademik semester ganjil dan kalender akademik semester genap.

Tujuan diadakannya kalender akademik ini adalah agar waktu selama satu tahun dapat dibagi secara merata dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

4. Program Tahunan (Prota)

Program Tahunan atau Prota juga merupakan salah satu administrasi guru yang harus disiapkan dalam Kurikulum 2013. Prota sendiri merupakan pengaturan alokasi waktu selama satu tahun akademik dalam mencapai standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.

5. Program Semester (Promes)

Jika program tahunan disusun untuk satu tahun pelajaran, maka program semester atau surat sanggup adalah hal-hal yang ingin dicapai guru selama satu semester pembelajaran. Promissory note juga dapat diartikan sebagai bentuk penjabaran dari prota.

Selain kelima administrasi tersebut, dalam Kurikulum 2013 juga perlu menyiapkan dokumen administrasi lainnya, seperti rincian minggu efektif, buku absensi, buku jurnal, buku penilaian, kumpulan portofolio, bank soal, dan media pembelajaran yang digunakan.

Administrasi Guru Kurikulum Mandiri

Berbeda dengan Kurikulum 2013, administrasi guru Kurikulum Merdeka bisa dikatakan jauh lebih sederhana. Dokumen administrasi yang perlu disiapkan antara lain:

1. Modul Pengajaran

Modul ajar merupakan salah satu dokumen administrasi guru yang harus disiapkan dalam Kurikulum Mandiri. Modul ajar ini harus dirancang secara lengkap dan sistematis karena berperan sebagai pedoman dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Baca Juga :  Insentif Guru PNS dan NON PNS Mulai Dicairkan Hari Ini, Yuk Cek Sekarang!

Di dalamnya terdapat empat komponen yang menjadi dasar proses penyusunan, yaitu informasi umum, hasil dan tujuan pembelajaran, rencana penggunaan rinci, dan rincian pertemuan.

2. Modul Proyek

Selain modul pengajaran, modul proyek juga merupakan dokumen administrasi guru yang harus disiapkan dalam Kurikulum Mandiri. Adanya modul proyek ini bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5).

Di dalamnya terdapat ikhtisar RPP dengan metode pembelajaran berbasis proyek (pembelajaran berbasis proyek) yang disusun menurut fase atau tahapan perkembangan siswa. Tidak hanya itu, dalam menyusun model proyek, tema proyek yang dipilih juga harus diperhatikan.

3. Buku pelajaran

Buku pelajaran adalah buku yang memuat materi pelajaran tertentu sesuai dengan bidang pelajaran. Buku ini disediakan oleh pemerintah secara cuma-cuma.

Dari segi pembelajaran, buku ajar ini terdiri dari dua jenis, yaitu buku ajar siswa sebagai peserta didik dan buku panduan guru sebagai pendidik.

Buku teks siswa adalah buku yang dipegang siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran, sedangkan buku panduan guru adalah buku yang digunakan guru sebagai pedoman atau acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan buku tes siswa.

Permasalahan Administrasi Guru di Indonesia

Berdasarkan ulasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat berbagai macam dokumen administrasi yang harus disiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Hal ini tentu menjadi beban bagi guru.

Di sisi lain, guru juga harus fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik agar menghasilkan siswa yang cerdas dan berakhlak mulia.

Sebagai solusi atau upaya untuk mengurangi beban administrasi guru, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI melakukan penyederhanaan administrasi guru. Misalnya dengan mengubah penyusunan RPP yang sebelumnya dibuat lembaran, kini hanya satu lembar, namun tetap mencantumkan unsur-unsur pembelajaran, seperti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian pembelajaran.

Dengan mengurangi beban administrasi guru, diharapkan guru dapat fokus mengembangkan pembelajaran siswa.

Bapak/Ibu guru, ini review administrasi guru. Padahal pemerintah telah memberikan solusi agar pengurusan administrasi ini tidak memberatkan guru, namun Anda juga perlu mencari sendiri solusi yang tepat dalam menjalankan administrasi guru.

Misalnya dengan menentukan dan membagi waktu antara melakukan administrasi guru dan mengajar siswa. Dengan begitu, guru tidak akan merasa terbebani dengan tugas yang diberikan.

www.quipper.com

Berita Terkait

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam
Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Berita Terbaru