Air Terjun Singokromo merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Nganjuk. Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis, tak jauh dari Air Terjun Sedudo.

Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk
Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk. peta google. sumber : Budi Boganx

Air Terjun Singokromo menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah. Memiliki tinggi sekitar 20 meter. Dengan debit air yang bisa dikatakan cukup besar. Suasana sekitar menyuguhkan pemandangan hutan yang indah. Hutan hijau alami mengelilingi air terjun yang terlihat sangat eksotis dengan sejuknya udara pegunungan. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam berupa tumbuhan dan sungai yang mengalir di bawah air terjun.

Mitos dan Sejarah Air Terjun Singokromo

Destinasi wisata Air Terjun Singokromo ini memang istimewa. Selain menawarkan keindahan air terjun dan panorama alam yang masih terjaga kelestariannya. Ada mitos yang diyakini hingga saat ini.

Jika Anda mandi di Air Terjun Singokromo, Anda akan segera menemukan jodoh bagi yang belum menikah.

Mitos tersebut dipercaya warga sejak kemunculan air terjun tersebut. Konon berdasarkan cerita nenek moyang Desa Ngliman, tempat ini merupakan tempat bertemunya singa atau harimau yang hendak kawin. Oleh karena itu, nenek moyang desa tersebut menamai air terjun tersebut Singokromo. Singo artinya singa atau harimau, sedangkan Kromo artinya kawin atau berkembang biak.

Selain diyakini sebagai sarana cepat bertemu jodoh, mandi di Air Terjun Singokromo juga disebut-sebut bermanfaat bagi pasangan suami istri yang belum memiliki momongan. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun di sana dapat membawa berkah.

Kawasan air terjun ini juga ramai dikunjungi pengunjung pada waktu-waktu tertentu. Seperti 1 Sura atau 15 bahasa Jawa. Seperti dalam 1 Surat. Di sana, banyak pengunjung yang mengikuti ritual mandi dan prosesi penyemprotan. Persis seperti Air Terjun Sedudo.

Alamat Air Terjun Singokromo

  • Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475.

Jam buka

Wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Singokromo setiap hari. Mulai pukul 07.00 WIB hingga sore hari. Setelah sore, gerbang akan ditutup. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Harga tiket masuk

  • Tiket masuk Rp. 6.000,- / orang.
  • Tiket parkir sepeda motor Rp. 5.000,-

Rute Menuju Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo berjarak sekitar 30 km dari alun-alun Nganjuk. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

  • Rute dari alun-alun Nganjuk : Ambil Jl. Raya Kediri – Nganjuk ke Jl. Mayjen Sungkono. Berkendara di sepanjang Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. Letjen TNI Suprapto V, dan Jl. Pura Raya Madiun/Simpang Empat – Guyangan. Ambil Jl. Berbek-Nganjuk/Jl. Kepala Desa S. Karto Prawiro ke Jl. Willis dalam Kacang. Kemudian ambil arah Jl. Sawahan-Berbek dan Jl. Sedudo sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Angkutan

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Singokromo disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Kondisi jalan menuju air terjun ini sebagian belum beraspal (masih tanah). Ada yang berbatu, ada pula yang masih berupa jalan setapak.

Hanya kendaraan roda dua yang bisa digunakan untuk menuju ke sana. Bagi yang membawa kendaraan roda empat, perjalanan hanya sampai di area parkir bawah dekat gerbang tiket masuk. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Atau bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi dekat air terjun (tempat parkir sepeda motor). Ojek ini sering Anda temukan di tempat parkir bawah atau di depan jalan tanah menuju air terjun.

Dari lokasi parkir sepeda motor, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ikuti jalan setapak, turun sekitar 500 meter atau 15 menit hingga tiba di lokasi air terjun.

Yang Terjadi di Air Terjun Singokromo

air terjun singokromo ngantuk
Air Terjun Singokromo Nganjuk. peta google. sumber : Orang Perempuan

Mengunjungi Air Terjun Songokromo, wisatawan akan disuguhkan keindahan air terjun yang eksotis serta panorama hutan yang indah dan alami.

Trekking ke Air Terjun

trekking menuju lokasi air terjun
trekking menuju lokasi air terjun. peta google. sumber : Ayu SL

Untuk menuju lokasi Air Terjun SingoKromo, Anda dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dan dibutuhkan sedikit tenaga ekstra karena medan yang dilalui masih alami. Di beberapa bagian masih berupa jalan setapak. Bagi yang membawa kendaraan roda empat, langsung saja sampai di tempat parkir.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ikuti jalan setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit hingga tiba di lokasi air terjun. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Terlihat ribuan bunga mawar bermekaran di kanan kiri jalan yang kita lalui.

Menikmati Keindahan Air Terjun

wisata air terjun singokromo 1
wisata air terjun singokromo. peta google. sumber : preswara 11
Berendam di air terjun Singokromo
Berendam di air terjun Singokromo. peta google. sumber : Fajar Narawangsa

Air Terjun Singokromo memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Dengan debit air yang cukup besar. Kondisi Air Terjun Singokromo masih benar-benar alami. Air terjun yang menyuguhkan pemandangan indah.

Pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air terjun harus berhati-hati. Kedalaman kolam di bawah air terjun mencapai 2,5 meter. Demi keamanan, pihak pengelola wisata tidak menganjurkan pengunjung untuk mandi atau berendam. Pengunjung disarankan untuk mandi di pinggir air terjun. Sebab, jika tidak bisa berenang, bisa berbahaya.

Menikmati Keindahan Alam Sekitar

kawasan air terjun singochromo
Kawasan Air Terjun Singokromo. peta google. sumber : tony_

Suasana di kawasan air terjun juga masih sangat alami. Udaranya sangat sejuk. Pemandangan hutan yang mengelilingi air terjun terlihat sangat indah dan eksotis. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam tumbuh-tumbuhan dan sungai-sungai yang mengalir di bawah air terjun.

Ambil selfie

foto di air terjun nganjuk singokromo
foto di air terjun nganjuk singokromo. peta google. sumber : sel zee
Foto air terjun Singokromo
Foto air terjun Singokromo. peta google. sumber : Orang Perempuan

Air Terjun Songokromo menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah. Anda bisa mengabadikan momen-momen menarik dengan berfoto selfie saat berada di objek wisata ini. Berfoto dengan latar belakang air terjun atau dengan panorama sekitar juga bisa menjadi sasaran yang tepat.

Fasilitas Air Terjun Singokromo

Sejumlah sarana dan prasarana pendukung sudah tersedia meski belum lengkap. Terdapat gazebo untuk berteduh serta lapak bambu dan kayu.

Hotel di Sekitar Air Terjun Singokromo

Hotel, villa atau akomodasi di sekitar Air Terjun Singokromo.

  • Wisma Triya Arum
    Jaraknya 3,2 km dari Air Terjun Singokromo.
    Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475. 0813-5943-8379.
  • Hotel Wisata Karya
    Jaraknya 48 km dari Air Terjun Singokromo.
    Bulurejo, Sawahan, Kec. Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475. Telp: 0813-3062-5572.

Tempat Wisata Di Sekitar Air Terjun Singokromo

  • Air Terjun Sedudo
  • Bukit Watu Songgong
  • Sendang Putri Wilis
  • Air Terjun Sri Gunting
  • Bukit Surga Nganjuk
  • Watu Lawang

Video Air Terjun Singokromo

Berikut video Air Terjun Singokromo yang dikutip dari channel tersebut: Yang MuliaTV

Penutupan

Air Terjun Singokromo terletak di lereng Gunung Wilis. Tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Air terjun ini letaknya tidak jauh dari air terjun Sedudo.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran air yang cukup deras. Menawarkan pemandangan alam yang asri dan asri. Dikelilingi tanaman hijau subur dengan udara pegunungan yang segar.

www.nativeindonesia.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *