PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka SD,SMP,SMA Tahun 2022

Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka SD,SMP,SMA Tahun 2022

1674789207 2

pusatdapodik.com – Download Aplikasi Analisis Penilaian Kurikulum Mandiri Versi Terbaru untuk SD, SMP, SMA, SMK, Versi Terbaru. halo sobat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan file yang ada hubungannya dengan penilaian kurikulum mandiri lebih tepatnya yaitu analisis penilaian kurikulum mandiri.

Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka SDSMPSMA Tahun 2022

Jika di sekolah Anda sudah menggunakan kurikulum mandiri, maka untuk melakukan penilaian tentunya juga harus menggunakan sistem penilaian yang berbasis kurikulum mandiri. Penilaian biasanya akan dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah dipelajari siswa selama di sekolah.

Setelah guru melakukan penilaian, langkah selanjutnya yang biasa dilakukan guru adalah menganalisis nilai yang telah diperoleh. Melalui analisis tersebut, guru dapat mengetahui penyebab dari hasil nilai siswa yang sudah tuntas maupun yang belum tuntas.

Kita semua tahu bahwa dalam penilaian kurikulum mandiri ada 2 jenis penilaian yang akan dinilai nantinya, yaitu:

1. Penilaian formatif

2. Penilaian sumatif

Lantas, apa itu penilaian formatif dan apa itu penilaian sumatif dalam kurikulum mandiri?

Berikut penjelasannya:

Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dengan tujuan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Penilaian ini dilakukan untuk memberikan umpan balik terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan sebagai upaya penyempurnaan program pembelajaran, mengidentifikasi kekurangan, dan melakukan perbaikan. Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

Penilaian sumatif merupakan penilaian yang biasanya dilakukan pada akhir periode pengajaran tertentu, dalam hal ini ketika guru telah selesai memberikan pelajaran pada beberapa mata pelajaran/beberapa pertemuan. Asesmen/penilaian sumatif dilaksanakan pada saat-saat seperti ujian tengah semester, ujian akhir semester, bahkan setelah pembahasan bidang studi selesai. Penilaian ini dilakukan setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran.

Bagi guru yang sedang melakukan penilaian hasil belajar siswa pada kurikulum mandiri menggunakan penilaian formatif dan penilaian sumatif serta ingin melakukan analisis penilaian maka diperlukan aplikasi analisis penilaian. Dengan menggunakan analisis penilaian akan memudahkan guru untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari.

Jika guru ingin melakukan analisis penilaian tetapi ternyata belum memiliki format analisis penilaian kurikulum mandiri, maka pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk dapat membagikan file aplikasi analisis penilaian kurikulum mandiri.

Admin sengaja membagikan aplikasi analisis penilaian kurikulum mandiri ini dengan harapan dapat membantu para guru yang akan melakukan analisis penilaian dalam kurikulum mandiri. Format analisis penilaian kurikulum mandiri yang akan admin bagikan ini disajikan dalam format excel sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Dalam format analisis penilaian kurikulum mandiri, terdapat beberapa komponen yang harus diisi agar proses analisis penilaian dapat dilakukan dengan baik. Guru dapat mengisi identitas siswa, mengisi bobot penilaian untuk jenis soal yang digunakan antara lain soal pilihan ganda, essay, atau uraian dan menyesuaikannya dengan keadaan sebenarnya.

Karena penilaian yang digunakan dalam kurikulum mandiri adalah penilaian formatif dan penilaian sumatif, tentunya yang akan dianalisis juga penilaian formatif dan sumatif. File analisis penilaian kurikulum mandiri yang akan dibagikan juga berisi analisis untuk penilaian formatif dan penilaian sumatif. Sehingga guru dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dalam melakukan analisis penilaian dalam kurikulum mandiri.

Baiklah, bagi para guru yang ingin memiliki file analisis penilaian kurikulum mandiri yang bisa digunakan untuk SD, SMP, SMA dan SMK, maka silahkan filenya akan admin bagikan dibawah ini :

  • Analisis Evaluasi Kurikulum Mandiri (DI SINI)

Semoga file analisis penilaian kurikulum mandiri yang admin bagikan di atas dapat bermanfaat bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum mandiri, terutama bagi guru yang terlibat langsung dalam melakukan penilaian dalam pembelajaran kurikulum mandiri.

www.pusatdapodik.com

Comment
Share:

Ad