Apa Itu Hewan Vertebrata? Ini Pengertian, Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Perbedaannya dengan Invertebrata

- Penulis

Rabu, 8 Februari 2023 - 12:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apa Itu Hewan Vertebrata Ini Pengertian Ciri ciri Klasifikasi dan Perbedaannya.webp

Dalam Biologi, Anda belajar bahwa hewan dibagi menjadi beberapa istilah. Salah satunya termasuk hewan vertebrata.

Apa itu hewan vertebrata? Secara singkat, vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang punggung. Namun, tidak hanya itu, ada beberapa ciri lain dari hewan vertebrata. Anda dapat merujuk ke artikel ini untuk definisi, karakteristik, contoh, dan perbedaan dengan invertebrata.

Definisi hewan vertebrata

Vertebrata adalah sebutan untuk hewan yang memiliki tulang punggung. Hewan vertebrata diklasifikasikan menjadi pisces (ikan), amfibi, reptil, aves (burung), dan mamalia (mamalia).

Sedangkan sebutan untuk hewan bertulang belakang disebut vertebrata berasal dari bahasa latin yaitu Vertebrata (Plini)yang memiliki arti gabungan dari tulang belakang.

Hewan vertebrata termasuk dalam subfilum Chordata, yang mencakup semua hewan dengan tulang punggung yang terdiri dari vertebrata. Vertebrata adalah subfilum terbesar di Chordata.

Habitat hewan vertebrata dapat dijumpai di berbagai tempat, yaitu air, udara, dan darat. Sumber makanan hewan vertebrata dapat diperoleh dari induknya (menyusui), hewan lain (berburu), dan tumbuhan, tergantung dari jenis hewannya.

Karakteristik vertebrata

Salah satu ciri utama vertebrata adalah memiliki sistem organ yang lengkap. Berikut penjelasan lengkap tentang anatomi dan fisiologi hewan vertebrata:

  • Memiliki segmen tulang belakang.
  • Badan terdiri dari kepala, badan dan dua pasang alat gerak. Pada beberapa spesies ia memiliki ekor.
  • Sistem pencernaan memanjang dari mulut ke anus dan berisi kelenjar pencernaan.
  • Sistem peredaran darah vertebrata tertutup.
  • Ada ginjal sebagai alat ekskresi.
  • Terdapat sepasang organ reproduksi atau gonad di sisi kanan dan kiri tubuh.
  • Vertebrata bernafas menggunakan paru-paru, kulit atau insang.
  • Hormon diproduksi oleh sistem endokrin.
  • Susunan sistem saraf pada vertebrata terdiri dari sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang serta sistem saraf tepi yang terdiri dari serabut saraf.
  • Susunan sistem peredaran darah pada hewan vertebrata terdiri dari sel darah dan jantung.
  • Sistem alat gerak pada hewan vertebrata menggunakan kerangka dan otot.

Contoh hewan vertebrata

Anda dapat dengan mudah menemukan hewan vertebrata di sekitar rumah. Berikut ini adalah contoh hewan vertebrata berdasarkan klasifikasinya:

  • Pisces: ikan mas (Cuprinus caprio)Ikan aduan siam (Betta splendens), Ikan kakap merah (Lutjanus bitaeniatus), dan bandeng (Chanos Chanos).
  • Ave: ayam (gallus gallus domesticus), merpati (Columbalivia), burung unta (Struthio camelus), burung pipit (Anthus sp.), dan pinguin (Pygoscelis Papua).
  • Amfibi: katak hijau (Rana Signata), katak pohon (Rachoporus sp.), dan salamander.
  • Reptil: bunglon (Bronchocela jubata), kadal taman (Mabuya multifasciata), cicak cicak (Cosymbolus paltyurus), ular sendok (Naja sumatera), ular piton (Python sp.), dan buaya muara (Crocodylus porosus).
  • Mamalia: platipus (Ornithorhynchus anatinus), kangguru (macropus sp.), koala (Phascolarctos cinereus), kuda (Equus caballus), dan badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis).
Baca Juga :  Pembahasan Tekanan Osmotik dari Pengertian hingga Contoh Soalnya

Ada beberapa jenis hewan vertebrata langka yang dilindungi untuk dilestarikan keberadaannya. Beberapa hewan vertebrata yang dilindungi di Indonesia antara lain: harimau sumatera, komodo, kucing merah kalimantan, burung cendrawasih, orang utan, elang hutan, gajah sumatera dan jalak bali.

Kelompok vertebrata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vertebrata diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, yaitu pisces (ikan), amfibi (amfibi), reptilia (reptilia), aves (burung), dan mamalia.

Pisces (Ikan)

Pisces atau ikan adalah salah satu jenis hewan vertebrata. Kerangka ikan tersusun atas tulang keras yang mengandung kalsium fosfat yang menjadikan hewan ini termasuk dalam kelompok vertebrata.

Amfibi (Amfibi)

Kelompok vertebrata berikutnya adalah amfibi atau amfibi. Hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu air dan darat masih diklasifikasikan lagi menjadi tiga yaitu Anura, Urodela, dan Apoda.

Anura adalah amfibi tak berekor saat dewasa. Selain itu, kaki belakang Anura lebih panjang dari kaki depan karena digunakan untuk melompat.

Lalu, kelompok Urodela adalah amfibi berekor saat masih larva, muda, hingga dewasa. Bentuk tubuhnya silindris memanjang dengan kaki depan dan belakang berukuran sama.

Terakhir, Apod adalah amfibi tak berkaki. Bentuk tubuhnya menyerupai cacing tanah atau belut dan bersarang di lubang tanah.

Reptil (Reptil)

Istilah reptilia berasal dari kata latin yang berarti melata. Reptil ini memiliki kulit yang keras dengan sisik dari zat keratin atau tanduk. Sedangkan reptilia terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu Chelonia atau Testudines, Squamata, dan Crocodilia.

Chelonia adalah reptil yang memiliki cangkang di atasnya, juga dikenal sebagai karapas. Sedangkan pada tubuh bagian bawah disebut plastron. Cangkang pada reptil Chelonia masih merupakan bagian tulang belakang yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari predator.

Kelompok reptil yang kedua adalah Squamata yang merupakan reptil dengan sisik di kulitnya. Kemudian, kelompok terakhir adalah Crocodilia yang memiliki sisik tebal berupa keratin dengan lempengan tulang yang berfungsi sebagai pelindung.

Baca Juga :  Baterai dan Jenisnya

Aves (Unggas)

Aves atau unggas termasuk hewan vertebrata yang memiliki paruh dan bulu. Paruh burung terbuat dari keratin. Selain itu, burung juga memiliki sayap untuk terbang, namun ada beberapa burung yang sayapnya tidak dapat digunakan untuk terbang.

Aves masih dikelompokkan menjadi dua, yakni Karinata dan Ratita. Kelompok karinata adalah hewan yang memiliki taji dada untuk menopang otot dada yang besar. Sedangkan kelompok Ratita merupakan burung yang tidak memiliki tulang dada pada tulang dadanya.

Mamalia (Mamalia)

Kelompok mamalia memiliki ciri menghasilkan susu untuk makanan anaknya yang dihasilkan oleh kelenjar susu. Selain itu, mamalia memiliki rambut dan telinga.

Mamalia dibagi menjadi tiga kelompok utama: bertelur, berkantung dan plasenta. Mamalia bertelur tidak memiliki puting susu, sehingga mamalia muda yang bertelur menghisap susu dari rambut induknya.

Selanjutnya, untuk mamalia berkantung umumnya memiliki masa kehamilan yang singkat. Setelah anak lahir, ia kemudian akan merangkak dan masuk ke dalam kantong di tubuh ibunya.

Terakhir adalah mamalia plasenta, yaitu hewan yang reproduksi embrioniknya terjadi di dalam rahim. Disebut plasenta, karena embrio mendapat makanan dari plasenta di dalam tubuh ibu.

Perbedaan antara vertebrata dan invertebrata

Berikut ini adalah beberapa perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata yang wajib Anda ketahui:

  • Vertebrata memiliki tulang punggung, sedangkan invertebrata tidak.
  • Vertebrata umumnya berukuran lebih besar daripada invertebrata.
  • Sistem organ hewan vertebrata lebih kompleks. Berbeda dengan hewan invertebrata yang struktur tubuhnya lebih sederhana.
  • Sistem peredaran darah vertebrata tertutup, sedangkan sebagian besar invertebrata memiliki sistem peredaran darah terbuka.
  • Sistem pernapasan hewan vertebrata menggunakan paru-paru, insang atau kulit. Invertebrata bernapas dengan trakea.
  • Hewan vertebrata memiliki eksoskeleton (kerangka luar atau luar), sedangkan invertebrata tidak.
  • Ada tiga cara perkembangbiakan hewan vertebrata, yaitu vivipar (melahirkan), ovipar (bertelur), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan). Sementara itu, hewan vertebrata berkembang biak dengan membelah diri, memecah-mecah atau membelah tubuhnya, membentuk tunas, dan sporulasi atau pembelahan diri ganda yang menghasilkan sperma.

Demikian penjelasan tentang hewan vertebrata. Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut tentang materi hewan vertebrata atau mata pelajaran sekolah lainnya, segera bergabung dengan Quipper Video Bimbel Online!

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB