PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Apa Jenis Neuron?

Apa Jenis Neuron?

neuron

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang peka terhadap rangsangan. Di mana, mereka dapat menerima, memproses, dan juga mengirimkan rangsangan karena adanya neuron atau sel saraf. Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat berbagai macam neuron (sel saraf). Apa pun?

Unit struktural dan fungsional terkecil yang membentuk sistem saraf adalah sel saraf atau neuron. Dimana, neuron merupakan unit kerja dari sistem saraf pusat. Terdiri dari 12 saraf kranial, semua saraf tulang belakang dan cabang-cabangnya.

Ada sekitar 100 miliar neuron yang membentuk jaringan saraf dengan berbagai bentuk dan ukuran. Namun, neuron memiliki karakteristik struktur yang sama, dimana struktur neuron terdiri dari tiga bagian, yaitu badan sel, dendrit, dan akson.

Fungsi neuron ini adalah sebagai penghantar informasi berupa rangsangan atau impuls. Dengan adanya sel saraf atau neuron ini, baik organ maupun sistem gerak dapat merespon sebagaimana mestinya.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, terdapat berbagai jenis neuron pada tubuh makhluk hidup. Penjelasan tentang macam-macam neuron ada di bawah ini!

Baca juga: Memahami Mekanisme Pengiriman Impuls

Jenis neuron berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi 4, antara lain:

  • Neuron anasonik adalah neuron yang tidak dapat dibedakan antara dendrit dan aksonnya.
  • Neuron bipolar, adalah neuron yang memiliki 2 tonjolan dari badan sel.
  • Neuron unipolar adalah neuron yang hanya memiliki satu ekstensi dari badan sel.
  • Neuron multipolar adalah neuron yang memiliki 1 akson dan lebih dari 1 dendrit. Neuron ini adalah jenis neuron yang paling umum ditemukan pada vertebrata.

Sedangkan jenis-jenis neuron berdasarkan fungsinya terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

  • Sensory (Afferent) Neuron adalah neuron yang berfungsi untuk mengirimkan impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat. Ini berarti bahwa neuron sensorik adalah sel saraf yang merasakan berbagai rangsangan. Neuron sensorik memiliki dendrit panjang dan akson pendek.
  • Neuron motorik (eferen) adalah neuron yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari sistem saraf pusat ke efektor. Misalnya, neuron motorik otot memiliki dendrit pendek dan akson panjang.
  • Neuron Penghubung (Interneuron), adalah neuron yang berfungsi menghubungkan neuron sensorik dan neuron motorik. Interneuron memiliki dendrit pendek dan akson panjang.
Ikuti dan sukai kami:


www.kelaspintar.id

Comment
Share:

Ad