Pameran seni rupa adalah kegiatan menampilkan karya seni untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui media karya seni itu sendiri. Pameran seni rupa umumnya dilakukan oleh seniman profesional, namun tidak menutup kemungkinan bagi siswa untuk mengadakan pameran di sekolah-sekolah. Namun jika dilihat dari jenisnya pameran seni rupa terbagi menjadi 3 jenis. Apa pun?

Pada dasarnya dalam pameran seni rupa diharapkan terjadi komunikasi antara seniman (seniman) yang diwakili oleh masing-masing karya seninya dan apresiasi (penonton).

Pameran seni rupa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu berdasarkan waktu pameran, berdasarkan jumlah seniman yang tampil, dan berdasarkan jenis karya yang ditampilkan. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini!

Dengan Waktu Pameran

  1. Pameran Permanen

Pameran tetap adalah pameran yang diadakan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Contoh patron tetap adalah pameran di museum karya seni.

  1. Pameran Insidental

Pameran insidental adalah pameran yang diadakan dalam kerangka tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Contohnya adalah pameran karya seni penggalangan dana untuk korban gempa.

Baca juga: Fungsi dan Tujuan Pameran Seni Rupa

  1. Pameran Berkala

Pameran berkala adalah pameran yang diadakan secara rutin dan teratur dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, pameran karya seni dalam rangka memperingati kemerdekaan.

Berdasarkan Jumlah Artis Pertunjukan

  1. Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran yang menampilkan karya seorang seniman tanpa memandang jenis karya yang ditampilkan dan waktu kemunculannya.

  1. Pameran Kelompok

Pameran kelompok adalah pameran yang menampilkan karya seni dari beberapa seniman tanpa memandang jenis karya yang ditampilkan dan waktu kemunculannya.

Berdasarkan Jenis Karya Seni yang Ditampilkan

  1. Pameran Homogen

Pameran homogen adalah pameran karya seni yang hanya menampilkan satu jenis karya seni di tempat dan waktu yang sama tanpa memperhatikan jumlah seniman yang terlibat dalam pameran.

  1. Pameran Heterogen

Pameran heterogen adalah pameran seni rupa yang menampilkan lebih dari satu jenis karya seni di tempat dan waktu yang sama tanpa memperhatikan jumlah seniman yang terlibat dalam pameran.

Silakan ikuti dan sukai kami:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *