PUSATDAPODIK.COM | Terkait dengan tujuan pendataan energi
honorer atau non ASN yang sebenarnya adalah dengan memetakan potensi pegawai non ASN agar bisa menjadi pegawai PPPK dan PNS.

Tujuannya bukan untuk mengangkat kekuasaan
honorer menjadi pegawai ASN. Karena untuk menjadi pegawai ASN, tenaga honorer harus mengikuti syarat, prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Segera Lakukan! Tips tubuh seksi agar tampil lebih percaya diri di depan umum

Adapun untuk tujuan pengangkatan secara sirkuler, yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Menpan-RB, kemungkinan besar dapat mengikuti seleksi PPPK dan CPNS untuk kemudian diangkat menjadi pegawai negeri.

Sedangkan SDM di instansi Pemerintah akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu SDM tetap dan SDM tidak tetap.

Yang dimaksud dengan SDM tetap adalah pegawai PNS dan SDM tidak tetap adalah pegawai PPPK, meskipun jabatan yang ditempatinya bersifat jangka panjang.

Baca Juga: Cek! Kata Mutiara Menyambut Bulan Desember 2022 Cocok Untuk Membuat Status di Media Sosial

Selain PNS dan PPPK, ada juga pegawai outsourcing yang mekanismenya menggunakan jasa. Sedangkan untuk pegawai PNS dan PPPK, mekanismenya menggunakan potensi yang dimiliki oleh orang yang menjabat.

Tenaga outsourcing yang dimaksud misalnya driver, cleaning service, termasuk security service.

Perlu diketahui tentang pemetaan bahwa untuk jabatan fungsional guru sebenarnya sudah berjalan karena sesuai dengan data yang ada di Dapodik Kemendikbud Ristek. Hal ini juga berlaku bagi tenaga kesehatan yang pengolahan datanya berasal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Berikut daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia

Perwakilan Menpan-RB mengatakan, dengan adanya pemetaan tersebut, diharapkan dapat melengkapi data. Karena itu adalah gambaran nyata tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Kesuksesan Acara Puncak Sail Tidore 2022 tak lepas dari peran Kemendagri

Menpan RB berharap terkait pendataan pegawai honorer atau non ASN, pemetaan pegawai non ASN atau honorer dapat digunakan untuk melengkapi persiapan langkah strategis Pemerintah dalam menuntaskan pegawai honorer atau non ASN. di instansi pemerintah.

Demikian artikel terkait tujuan pendataan guru honorer tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Sumber: Naikpangkat.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *