Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha dan usaha. Dalam kehidupan sehari-hari, energi dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti seorang ibu yang bisa memasak menggunakan kompor, seorang ayah yang pergi bekerja dengan mengendarai mobil dan sebagainya. Energi sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yaitu energi kinetik dan energi potensial. Apa bedanya?

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda yang sedang bergerak atau bergerak, sedangkan energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukan atau tempatnya. Misalnya suatu benda yang berada pada ketinggian tertentu, maka benda tersebut memiliki energi potensial. Salah satu contohnya adalah ketika sebuah apel jatuh dari pohonnya.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang energi potensial, mulai dari cara menghitungnya hingga bentuknya.

Secara matematis, energi potensial dapat ditentukan dengan persamaan: Ep = mgh

Dimana Ep adalah energi potensial gravitasi (J), m adalah massa benda (kg), g adalah percepatan gravitasi (m.s2), dan h adalah ketinggian benda (m).

Energi potensial dibagi menjadi beberapa bentuk, antara lain energi potensial kimia, energi potensial elastis, energi potensial gravitasi. Apa yang membuat perbedaan?

Energi Potensial Kimia

Ini adalah energi yang tersimpan dalam atom dan ikatan kimia di antara mereka. Kita memiliki energi untuk bergerak yang berasal dari makanan yang kita makan, yang mengandung energi potensial kimia yang diubah menjadi energi kinetik (energi gerak).

Baca juga: Kecepatan dalam Fisika dengan Contoh Soal

Selain itu, energi potensial kimia terdapat pada cadangan makanan hasil fotosintesis yang berasal dari energi cahaya dan diubah oleh tumbuhan hijau.

Energi Potensial Elastis

Energi potensial elastis adalah energi potensial yang dimiliki oleh benda elastis. Contoh energi potensial elastis adalah ketika tali busur diregangkan, dan energi otot disimpan dalam tali sebagai energi potensial. Energi potensial ini menyebabkan anak panah dapat meluncur.

Energi Potensial Gravitasi

Ini adalah energi potensial yang dimiliki suatu benda karena posisinya dan bergantung pada percepatan gravitasi.

Sebuah benda yang memiliki energi potensial gravitasi, benda tersebut diangkat pada ketinggian tertentu dari tanah. Dan ketika suatu benda dijatuhkan energi potensial gravitasi akan diubah menjadi energi kinetik.

Energi potensial gravitasi juga terjadi ketika air di bendungan dialihkan dan bergerak sehingga berubah menjadi energi kinetik.

Contoh soal:

Sebuah bola bermassa 500 gram dijatuhkan dari ketinggian 15 m dari tanah (g = 10 m/s2). Energi potensial bola adalah…

Diskusi:
Dikenal:
m = 500 gram = 0,5 kg
h = 15 m
g = 10 m/s2

Maka energi potensial

Ep = mgh
Ep = (0,5 kg)(10 m/s2)(15 m) = 75 Joule

Silakan ikuti dan sukai kami:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *