PusatDapodik
Home Guru Berikut Sikap dan Sifat Yang Harus Dimiliki Kepala Sekolah Yang Ideal di Senangi Guru dan Siswa

Berikut Sikap dan Sifat Yang Harus Dimiliki Kepala Sekolah Yang Ideal di Senangi Guru dan Siswa

Screenshot 1627

Berikut sikap dan sifat kepala sekolah ideal yang harus dimiliki oleh guru dan siswa

Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan mengadakan pertemuan secara efektif dengan guru dalam kondisi kondusif.

Perilaku kepala sekolah harus mampu mendorong kinerja guru dengan menunjukkan rasa keakraban, kedekatan dan penuh perhatian terhadap guru, baik sebagai individu maupun kelompok.

Perilaku instrumental adalah tugas yang berorientasi dan langsung diperjelas dalam peran dan tugas guru, sebagai individu dan kelompok.

Perilaku pemimpin yang positif dapat mendorong kelompok untuk mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya kepala sekolah harus melakukan pengelolaan dan pembinaan sekolah melalui kegiatan administrasi, manajemen dan kepemimpinan yang sangat bergantung pada kemampuannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kepala sekolah sebagai supervisor berfungsi mengawasi, membina, mengoreksi, dan mencari prakarsa demi berjalannya segala kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Seorang kepala sekolah harus selalu bertindak kreatif dan proaktif secara preventif dan antisipatif. Kepala sekolah tidak hanya bertindak reaktif, mulai mengambil tindakan ketika terjadi masalah.

Kepala sekolah yang kreatif dan proaktif selalu bertindak untuk mencegah timbulnya masalah dan kesulitan di kemudian hari.

Setiap rencana dan tindakan yang dilakukan telah dipikirkan terlebih dahulu tentang akibat dan akibat yang akan timbul, kemudian dipikirkan bagaimana menghilangkan hal-hal negatif atau berusaha meminimalisirnya.

Dengan demikian kehidupan sekolah selalu di bawah kendali kepala sekolah. Dalam artian segala sesuatunya dapat diperhitungkan sebelumnya, bukannya membiarkan munculnya masalah-masalah yang mengejutkan dan menimbulkan kepanikan dalam organisasi sekolah.

Tindakan reaktif biasanya terlambat atau setidaknya sempat menimbulkan kerugian atau akibat negatif lainnya.

Sehingga proses kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan hasil yang baik bagi sekolah.

Berikut beberapa hal penting yang harus dipahami dan dikuasai kepala sekolah mengenai kepemimpinan itu sendiri, yaitu:

  1. Kepala sekolah harus memahami perilaku individu dan kelompok dengan mempelajari psikologi, sosiologi, dan ilmu perilaku.
  2. Kepala sekolah harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, yaitu kemampuan membuat hubungan antara bahasa, pemahaman, pemikiran, dan perilaku. Komunikasi adalah sarana kepemimpinan yang terbaik. Komunikasi dua arah harus terjalin antara kepala sekolah dengan bawahannya agar informasi dapat tersampaikan dengan benar. Jika salah dalam menyampaikan niat tentunya akan menimbulkan kesalahan dan mengakibatkan kerugian bagi sekolah.
  3. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan untuk memahami perbedaan antara desakan, persuasi, paksaan dan manipulasi, dan kapan tindakan ini harus diambil dan kapan harus dihindari.
  4. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk menggunakan wewenang yang diberikan kepadanya. Kewenangan ini berkaitan dengan tanggung jawab kepala sekolah atas apa yang dipimpinnya.
  5. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menerapkan berbagai gaya kepemimpinan dan mengetahui konsekuensi penerapan gaya kepemimpinan tersebut.
  6. Kepala sekolah harus memiliki kesadaran diri mengenai kemampuan individu, gaya alami, kekuatan, kelemahan dan bagaimana menyeimbangkan semua hal tersebut.

Kemajuan sekolah tergantung bagaimana kepala sekolah sebagai pemimpin memoles atau merencanakan strategi untuk kemajuan dan mutu sekolah. Agar sekolah dapat berjalan dengan baik, kepala sekolah harus memiliki syarat.

Syarat-syarat yang dimaksud di sini adalah sifat-sifat atau sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat melaksanakan kepemimpinan dengan sukses. Untuk menjabat sebagai kepala di lingkungan pendidikan ditetapkan beberapa persyaratan, yaitu: pendidikan yang dimiliki, pengalaman yang sering dinyatakan dalam bentuk kelas/pangkat, dan usia.

Persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin (Kepala Sekolah) adalah:

  • Memiliki inteligensi/kecerdasan yang baik.
  • Percaya pada diri sendiri dan keanggotaan.
  • Memiliki keahlian/keterampilan di bidangnya.
  • Mudah bergaul dan ramah.
  • Disiplin
  • Suka membantu dan memberi arahan.
  • Memiliki jiwa pengabdian yang tinggi.
  • Sehat jasmani dan rohani

Demikianlah artikel tentang Sikap dan Sifat yang Harus Dimiliki Kepala Sekolah yang Disenangi Guru dan Siswa, menjadikan Anda Kepala Sekolah idaman, semoga bermanfaat.

www.trendguru.id

Comment
Share:

Ad