PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

pexels akela photography 448877

Table of content:

[Hide] [Show]

Bimbingan Spiritual – Ketika seorang anak lahir ke dunia dan telah mencapai usia dini, banyak ilmu yang harus diperoleh, salah satunya dengan memperdalam ilmu agama. Apalagi sekarang begitu banyak masalah dalam hidup yang tak kunjung usai.

Sebagai orang dewasa, kita sering ingin menyerah pada masalah hidup dan selalu mengalami keputusasaan yang mendalam. Berbagai masalah yang dialami setiap orang selalu berkaitan dengan rasa percaya diri yang membuatnya seolah-olah tidak memiliki siapa-siapa.

Umumnya untuk bimbingan rohani akan didapatkan dari keluarga untuk pertama kalinya. Dalam penerapan bimbingan rohani tidak harus dilakukan secara formal dan tertib. Anda bisa melakukannya sambil berbincang dengan keluarga yang sedang berkumpul.

Percakapan yang biasa terjadi saat bimbingan rohani berupa renungan dengan membaca ayat-ayat suci yang terdapat dalam kitab suci agamanya. Kemudian, jika anggota keluarga berkumpul, mereka akan saling berdiskusi dengan berbagi informasi tentang pemahaman yang telah mereka miliki.

Manfaat Melakukan Bimbingan Spiritual pada Anak

Menumbuhkan kepribadian yang baik pada anak

Tidak ada agama untuk menyesatkan siapa pun. Karena pada umumnya setiap agama harus selalu mengajarkan dan menanamkan kebaikan. Dengan mempelajari ilmu agama dan rajin mengikuti bimbingan rohani, otomatis kepribadian seseorang akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya adab yang lebih teratur dan menghargai serta menghormati yang lebih tua dan tidak memandang rendah yang di bawah kita. Kelak seseorang akan bersikap dan berfikir lebih baik, orang tersebut akan pemaaf dan tidak menyimpan dendam kepada siapapun.

Hindari dosa

Jika iman seseorang mulai goyah berarti ada setan yang muncul maka akan memicu keraguan dan bisikan kepada setiap manusia untuk selalu berbuat dosa dan perbuatan jahat. Jika anak-anak telah diajarkan dan dilakukan bimbingan rohani sejak dini, maka mereka akan terhindar dari segala dosa.

Ketika anak selalu mengikuti bimbingan rohani, otomatis mereka akan tahu larangan apa yang bisa menjatuhkan mereka ke jurang dosa. Karena dosa hanya akan membawa mereka pada rasa penyesalan yang akan membawa kepada kesesatan dan membawa ke neraka.

Selalu ingat dan andalkan Tuhan

Manusia selalu merasa lupa ketika harus berhadapan dengan ibadah. melakukan ibadah tidak hanya pergi ke tempat-tempat suci tetapi juga seperti berdoa dan menghabiskan waktu membaca kitab suci dan melakukan bimbingan rohani dengan teman-teman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saat ini manusia sudah memiliki berbagai batasan yang cukup jauh dari Tuhan. Hal ini juga dapat ditebak oleh seseorang dalam memperbaiki tindakan dan tindakannya.

Comment
Share:

Ad