Cara Cek Bantuan PKH 2023 Tahap 1, 2, dan 3 Lewat HP Mudah

- Penulis

Sabtu, 23 Desember 2023 - 17:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

cek bantuan bansos. 2

cek bantuan bansos. 2

pusatdapodik.com – Ada banyak jenis bantuan sosial yang diberikan pemerintah, salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara cek bantuan PKH. Namun hal ini penting agar informasi mengenai bantuan PKH tidak terlewatkan.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, pengecekan bantuan PKH bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan hanya dengan ponsel saja kamu sudah bisa mengeceknya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal tentang PKH

periksa-bantuan-pkh

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu jenis bantuan sosial dari pemerintah. Tujuan PKH adalah untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Dalam program ini, setiap keluarga yang terdaftar akan diberikan akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan bantuan. Hal ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, termasuk melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Menurut Kementerian Sosial (Kemensos), PKH merupakan program bantuan bersyarat bagi keluarga miskin (KM) yang kemudian ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH. Program ini dirancang untuk mengatasi meningkatnya angka kemiskinan.

Sedangkan PKH merupakan program berkelanjutan dan saat ini diarahkan pada pengentasan kemiskinan yang memadukan berbagai program perlindungan hingga pemberdayaan sosial.

Tujuan PKH

Berdasarkan laman Kementerian Sosial, PHK bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan bagi keluarga miskin. Selain itu, ada juga tujuan lain yang ingin dicapai pemerintah, antara lain:

  • Dapat membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya urusan pendidikan dan kesehatan.
  • Dapat meningkatkan pengeluaran konsumsi.
  • Dapat mengubah perilaku keluarga miskin dalam melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil, ibu menyusui, dan anak.
  • Dapat memberantas rantai kemiskinan
  • Mengurangi pekerja anak
  • Mempercepat proses pencapaian SDGs.

Persyaratan penerima PKH

Sebelum mengetahui cara cek bantuan PKH, perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima bantuan PKH. Syaratnya tidak sulit. Ingin tahu apa saja syarat mendapatkan bansos PKH? Berikut daftar siapa saja yang berhak mendapatkannya.

Persyaratan Bantuan Kesehatan

  • Wanita hamil, maksimal dua kehamilan
  • Anak usia 0-6 tahun

Kriteria Bantuan Pendidikan

  • Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), atau sederajat
  • Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts) atau sederajat
  • Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah atau sederajat
  • Anak usia 6-21 tahun namun belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun

Syarat Bantuan Kesejahteraan Sosial

  • Berusia minimal 60 tahun, maksimal satu orang dalam satu keluarga
  • Penyandang disabilitas berat, maksimal satu orang

Perlu diketahui, Kementerian Sosial sebagai pemberi bantuan dapat membatasi pemberian bansos PKH kepada sebuah keluarga jika di dalamnya terdapat ibu hamil, pelajar, lansia, atau penyandang disabilitas. Sebab, penghitungannya dibatasi empat orang dalam satu keluarga. Batasan ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jaminan Sosial tentang Indeks Bantuan Sosial.

Besaran Bantuan PKH

Total batas atas anggaran PKH tahun 2022 adalah Rp 28.709.816.300.000. Pada tahun 2022, bantuan mata pencaharian PKH akan disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat. Bantuan diberikan dalam waktu satu tahun.

Bantuan diberikan setiap triwulan yaitu pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Penyalurannya dilakukan melalui bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN). Berikut detailnya:

  • Ibu Hamil Rp. 3 juta
  • Anak Usia Dini Rp. 3 juta
  • Anak SD Rp. 900 ribu
  • Anak SMP Rp. 1,5 juta
  • Siswa SMA Rp. 2 juta
  • Lansia 70+ Rp 2,4 juta
  • Disabilitas Rp. 2,4 juta
Baca Juga :  CEWEK-CEWEK TANGGUH WAJIB TAU! 5 Jurusan Terbaik di Indonesia yang Berprospek Karir Cerah, Nomor 1 Bukan Tata Boga, Tapi...

Perbedaan bantuan PKH dan BPNT

Selain PKH, pemerintah juga memberikan bantuan lain yaitu BPNT. Namun apa bedanya dengan PKH?

Seperti yang telah disebutkan di atas, PKH merupakan program bantuan bersyarat yang menyasar masyarakat miskin atau kelompok rentan kemiskinan.

Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan sosial yang diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat miskin atau kurang mampu.

Syarat untuk menerima bantuan BPNT dan PKH adalah masyarakat miskin atau kurang mampu terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Perbedaan lainnya terletak pada dana bantuannya. Seperti disebutkan di atas, PKH menyasar berbagai kalangan masyarakat mulai dari ibu hamil, anak usia 0-6 tahun, lansia, penyandang disabilitas, pelajar SD, SMP, dan SMA.

Seluruh penerima PKH akan diberikan bantuan berbeda-beda yang dicairkan dalam empat tahap dalam satu tahun, yakni setiap bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Informasi detail besaran bantuan dapat dilihat di atas.

Berbeda dengan PKH, pencairan BPNT disalurkan setiap bulan sebesar Rp 200 ribu melalui Kantor Pos selama satu tahun. Artinya, total bantuan yang disalurkan pemerintah untuk program BPNT adalah Rp2,4 juta setahun.

Bantuan ini dianjurkan untuk membeli kebutuhan pangan seperti beras, telur, daging, buah-buahan dan lain-lain.

Untuk mendapatkan bantuan BPNT, masyarakat harus memenuhi sejumlah syarat sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Termasuk masyarakat miskin atau rentan miskin
  • Terdaftar di DTKS.
  • Bukan ASN, PNS, TNI atau Polri.
  • Terkena Covid-19 atau kehilangan pekerjaan karena PHK.

Cara Mendaftar PKH

Sebelum memasuki tahap pemeriksaan bantuan PKH, Anda perlu mendaftarkan diri Anda sebagai penerima bantuan PKH jenis ini dari pemerintah. Namun kini pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu repot lagi ke Dinas Sosial atau Kemensos. Berikut panduan lengkap pendaftarannya.

  • Unduh aplikasi cek bansos Kemensos di Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi lalu buat akun
  • Ikuti instruksi untuk mendaftar
  • Lengkapi data diri Anda, pastikan sesuai dengan kartu identitas pribadi Anda
  • Tekan ikon plus (+) untuk foto yang memegang KTP Anda
  • Periksa kembali data yang telah diisi
  • Tekan opsi Buat Akun Baru
  • Jika pendaftaran berhasil, segera pilih opsi daftar yang diusulkan
  • Lengkapi data pribadi yang diminta
  • Menentukan jenis bantuan sosial pkh
  • Tunggu beberapa hari karena Kemensos akan melakukan verifikasi dan validasi data
  • Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui hasil aplikasi.

Download Aplikasi Cek Bansos PKH

Jika Anda ingin cek bansos PKH, aplikasi cek bansos akan sangat berguna. Sebab, PKH merupakan salah satu bentuk bantuan yang termasuk dalam bantuan sosial dari pemerintah. Dari sana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru dan terkini mengenai jadwal pencarian dan ketentuan lainnya. Aplikasi ini dapat diunduh melalui toko resmi seperti Google Play Store (Android) dan App Store (iPhone).

Software ini dapat diunduh oleh siapa saja, bahkan masyarakat yang bukan penerima bantuan sosial pemerintah. Selain itu, aplikasi ini tidak memungut biaya sepeser pun. Pasalnya, pemerintah merancang aplikasi cek bansos bisa diakses secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengetahui program bantuan pemerintah lainnya, termasuk siapa penerima bansos.

Fitur Aplikasi Cek Bansos

Dalam aplikasi cek bansos, termasuk PKH, ada beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan. Menariknya, fitur ini tidak hanya hadir untuk menunjang kebutuhan informasi terkait program bantuan pemerintah saja, namun juga untuk keperluan lainnya.

Baca Juga :  [Full Video 18++] Ka Mangyan Viral TikTok

Dengan mengetahui beberapa kegunaannya, Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi cek bantuan PKH yang juga termasuk dalam jenis bansos dari Kementerian Sosial. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cek Nama Penerima Bantuan

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengecek nama-nama penerima bansos. Namun, sekedar informasi, tidak semua orang berhak mendapatkan bantuan sosial seperti PKH. Pemerintah telah menetapkan beberapa syarat yang telah disebutkan di atas.

Tak hanya memprioritaskan mereka yang membutuhkan, pembatasan ini juga dilakukan karena dana bantuan juga terbatas. Oleh karena itu, Anda harus mengecek status Anda sebelum menarik bantuan sosial dari pemerintah. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda penerima manfaat atau bukan adalah dengan mengunduh aplikasi cek bansos.

Daftarkan Fitur untuk Diri Sendiri/Orang Lain

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendaftar menerima bantuan sosial. Caranya juga mudah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk di layar.

Namun ternyata tak hanya untuk perorangan saja, Anda juga bisa membantu orang lain untuk mendaftar bansos lewat aplikasi. Setelah aplikasi selesai, Anda tinggal menunggu hasilnya. Pastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala agar tidak ada informasi yang terlewat.

Komentar

Fitur komentar pada aplikasi cek bantuan PKH dapat Anda manfaatkan untuk melaporkan pihak-pihak nakal yang berusaha mengambil keuntungan pribadi. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri ada pihak yang ingin menyingkirkan masyarakat yang berhak menerima bantuan dan menggantinya dengan masyarakat yang tidak berhak menerima bantuan sosial.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengadu yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pemberi bantuan (Kementerian Sosial) untuk dilakukan investigasi. Jika benar terjadi penipuan, Kementerian Sosial berhak mencabut status penerima bansos dan memberikannya kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Panduan Pengecekan Bantuan PKH

Ada banyak cara untuk mengecek bantuan PKH dengan mudah. Anda bahkan tidak perlu datang ke Dinas Sosial atau Kementerian Sosial hanya untuk mengecek. Sebab saat ini segala informasi tersebar luas di media sosial.

Diketahui, pemeriksaan dapat dilakukan melalui aplikasi dan website resmi Kementerian Sosial. Berikut panduan lengkapnya.

Cek PKH melalui website Kementerian Sosial

periksa-bantuan-pkh-1
  • Kunjungi website Cek Bansos Kementerian Sosial atau klik link BERIKUT
  • Isikan data cakupan wilayah secara lengkap dan identitas diri
  • Tulis ulang captcha atau kode huruf yang ditampilkan di layar
  • Klik Cari Data
  • Jika semua data sudah terisi, sistem akan menampilkan hasil pemeriksaan bantuan PKH di layar.

Cek PKH melalui aplikasi

Aplikasi ini dirancang oleh Kementerian Sosial yang dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial. Berikut tutorial pengecekan PKH melalui aplikasi cek bansos:

Tahap 1

  • Download aplikasi Cek Bansos melalui App Store atau Google Play Store
  • Pilih opsi “Buat Akun Baru”.
  • Isilah kolom-kolom yang tersedia sesuai petunjuk atau perintah
  • Selanjutnya data tersebut akan diverifikasi oleh Kementerian Sosial.

Tahap 2

Pada tahap ini, akun telah berhasil diverifikasi sehingga penerima bansos dapat mempraktekkan fungsi pengecekan bansos pada aplikasi dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi cek bansos
  • Pilih menu masuk
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Anda dengan benar
  • Klik menu “Cek Bansos” lalu lengkapi data sesuai KTP Anda
  • Klik “Cari Data” dan sistem akan menampilkan nama penerima PKH.

Demikian rangkuman cek bantuan PKH dan lainnya. Semoga Anda dapat membantu!

Baca juga:

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB