Banyak yang mencari cara membuat SKCK online untuk melamar pekerjaan, usaha dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bacalah artikel ini sampai akhir.

Dokumen pribadi sebagai tanda atau identitas seseorang yang mempunyai informasi tertentu merupakan suatu kewajiban bagi orang tersebut. Seperti KTP, SIM, dan lain-lain.

Namun, ada surat wajib yang hanya dimiliki sebagian orang karena syarat tertentu. Salah satunya adalah SKCK. Meski tidak semua orang harus memilikinya, namun surat ini sangat penting terutama bagi orang yang ingin melamar pekerjaan.

Banyak lowongan kerja saat ini yang mencantumkan SKCK sebagai salah satu syarat saat ingin mendaftar. Oleh karena itu, masyarakat yang belum memiliki surat tersebut harus memperolehnya terlebih dahulu melalui prosedur yang berlaku.

Beruntungnya sekarang surat ini bisa dibuat melalui situs atau online sehingga lebih mudah dan tidak memakan waktu lama saat mengantri. Penasaran dengan pendaftaran SKCK online? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu SKCK

Mengenal Apa Itu SKCK

Surat Keterangan Catatan Polisi atau disingkat SKCK adalah surat yang berisi daftar tindak pidana atau kejahatan yang pernah dilakukan oleh orang tersebut.

Surat ini sangat penting bagi perusahaan untuk menyaring pekerja yang akan memasuki lingkungan kerja. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang meminta surat ini sebagai dokumen penting bagi setiap individu calon karyawannya.

Soalnya untuk membuat surat ini harus datang ke kantor polisi dan antri berjam-jam. Alasannya tentu saja karena surat yang sangat penting ini banyak dicari oleh orang-orang yang ingin mendaftar kerja.

Tak hanya itu, lambatnya pelayanan juga menjadi penyebab utama banyak orang yang kesulitan mendapatkan surat ini.

Untungnya, kini Anda tidak perlu lagi mengantri berjam-jam dan datang pagi-pagi hanya untuk mengantri lebih awal untuk menulis surat ini.

Gunakan saja layanan online melalui website karena saat ini telah tersedia layanan SKCK online yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu hanya untuk mengurus surat ini, cukup daftarkan diri Anda menggunakan smartphone dari rumah.

Mengapa SKCK sangat dibutuhkan?

Mengapa SKCK Sangat Dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, surat ini merupakan surat yang berisi catatan suatu kejahatan atau kejahatan yang tercatat di kantor polisi. Surat ini penting bagi beberapa pihak, terutama ketika ingin menjalin hubungan kerja. Beberapa fungsi utama SKCK adalah:

  • Sebagai sarana Polri untuk memberikan rasa aman dengan mengidentifikasi setiap individu karena mengandung catatan kriminal yang dicatat polisi
  • Untuk memenuhi persyaratan atau dokumen pendaftaran pekerjaan atau kegiatan lain yang berkaitan dengan kerjasama
  • Untuk melihat daftar tindak pidana, kejahatan, atau terdaftar pada organisasi kriminal tertentu dapat menjadi referensi bagi masyarakat umum

Penerbitan surat catatan kriminal ini melibatkan beberapa lembaga dan badan pemerintah lain seperti Kehakiman, Kejaksaan, dan Lembaga Pemasyarakatan. Dengan terbitnya surat dari berbagai lembaga besar ini, berarti surat tersebut telah melalui beberapa tahapan pemeriksaan sehingga sesuai dengan fakta yang dicatat negara.

Keuntungan Pembuatan SKCK Secara Online

Hadirnya layanan penulisan surat online ini tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam menjalankan tugasnya sebagai warga sipil yang taat hukum.

Banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan surat ini, terutama bagi mereka yang berdomisili jauh dari kantor polisi. Beberapa kelebihan pembuatan SKCK Online dibandingkan dengan cara konvensional adalah:

  • Tidak perlu datang pagi atau sejak subuh untuk mendapatkan nomor antrian
  • Tak perlu pulang dengan tangan hampa meski seharian menunggu di kantor polisi
  • Tidak perlu antri berjam-jam
  • Menghemat waktu dan tetap produktif serta tidak memerlukan izin bagi pelamar yang sudah bekerja
  • Tidak ada calo dan pungli yang berkeliaran di sekitar kantor polisi karena semua urusan administrasi dilakukan secara online
  • Datang saja ke kantor polisi untuk validasi dan jika surat sudah siap

Persyaratan Pembuatan SKCK Secara Online

Untuk mendapatkan sekuritas ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi atau persiapkan sebelum Anda bisa mendaftar secara online.

Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014 yang membahas tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), seseorang yang ingin membuat surat tersebut harus melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP yang menunjukkan KTP asli
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi akte kelahiran/akta kelahiran
  • Fotokopi kartu identitas lain apabila calon pendaftar tidak memiliki KTP atau tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm, warna latar belakang merah, berpakaian rapi dan sopan, yang berhijab wajib memperlihatkan wajahnya tanpa ditutup (cadar/masker)

Bagi warga negara asing atau WNA, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mendapatkan SKCK dari Polri, yaitu:

  • Surat lamaran dari perusahaan, sponsor atau lembaga kerja yang bertanggung jawab terhadap warga negara asing pemohon
  • Fotokopi KTP dan Akta Nikah jika sponsor pemohon adalah suami/istri sah yang berstatus WNI
  • Fotokopi Paspor
  • Fotocopy Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau bisa juga menggunakan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
  • Fotocopy IMTA dari KEMAKER RI
  • Fotokopi Surat Keterangan Melapor (STM) yang dikeluarkan pihak kepolisian
  • Dokumen Sidik Jari
  • Dokumen formula sidik jari

Persyaratan diatas harus dipenuhi agar dapat membuat SKCK secara online melalui perangkat yang nantinya akan diunggah melalui website resmi. Jadi, persiapkan dulu semua persyaratan di atas agar proses penulisan surat ini bisa berjalan lancar.

Biaya Pembuatan SKCK

Untuk membuat surat ini, masyarakat dikenakan biaya produksi sebesar Rp30.000 yang harus dibayar saat pembuatannya secara online. Tarif tersebut sesuai dengan peraturan yang ada yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Jadi, biaya ini bukan pungutan liar atau semacamnya, melainkan sudah diatur oleh negara dan setiap calon pendaftar wajib membayar sejumlah uang tersebut.

Cara Daftar atau Membuat SKCK Online dengan Mudah

Cara Daftar SKCK Online dengan Mudah

Kemajuan teknologi dan perkembangan sistem di pemerintahan Indonesia akhirnya membuat layanan surat ini tersedia secara online. Untuk jalannya membuat SKCK secara onlineikuti langkah mudah ini:

  • Masuk ke situs SKCK online berikut ini:
  • Pada halaman beranda, tekan menu “Formulir Pendaftaran” di pojok kanan atas situs ini
  • Melalui formulir pendaftaran yang muncul, tentukan jenis kebutuhan, informasi wilayah, alamat, dan pilih kebutuhan penulisan surat ini
  • Unggah seluruh dokumen yang diperlukan untuk pembuatan SKCK yang telah Anda persiapkan sebelumnya
  • Setelah semua file terupload dan berhasil masuk ke situs ini, tekan menu “Proses” agar semua dokumen terproses dan anda mendapatkan bukti permohonan pembuatan surat.
  • Kode untuk mencetak surat ini akan muncul dalam bentuk barcode, simpan kode tersebut
  • Bukti pengajuan dan nomor pembayaran akan muncul dan dapat disimpan untuk digunakan selanjutnya
  • Nomor pembayaran dapat dibayarkan langsung secara online melalui pembayaran online melalui virtual Bank BRI, dapat juga dibayar secara offline atau tunai melalui loket di polsek setempat
  • Selanjutnya anda harus datang ke Loket Pelayanan Polda/Polres/Polisi sesuai dengan kebutuhan pendaftaran anda, jangan lupa membawa barcode dan semua dokumen yang anda gunakan untuk mendaftar online tadi.
  • Jika seluruh dokumen dinyatakan lengkap, harus melalui tahap perekaman sidik jari untuk keperluan identifikasi oleh negara
  • Setelah itu, Anda bisa menunggu hingga SKCK diproses, biasanya memakan waktu beberapa hari kerja.

Meski pendaftaran dilakukan secara online, Anda tetap harus datang ke kantor polisi setempat untuk verifikasi langsung dan perekaman sidik jari. Sedikit catatan, jika sebelumnya Anda sudah melakukan perekaman sidik jari, Anda tidak perlu merekam sidik jari yang baru, cukup sertakan surat tanda pengenal sidik jari saat Anda datang ke kantor polisi. Setelah semua proses di atas sudah kamu lalui, lain kali saja datang lagi jika SKCK sudah siap.

Masa Berlaku SKCK

Perlu diketahui, surat ini mempunyai masa berlaku seperti surat dan kartu identitas lainnya. Masa berlaku SKCK adalah enam bulan sejak tanggal surat diterbitkan.

Apabila melebihi jangka waktu tersebut maka surat ini tidak berlaku lagi dan harus diperpanjang. Setelah lewat waktu lebih dari satu tahun, orang tersebut harus membuat surat baru dan mengikuti tata cara sesuai tata cara pendaftaran surat baru.

Namun bukan hanya masa berlakunya yang enam bulan saja, beberapa hal di bawah ini juga dapat menyebabkan masa berlaku SKCK tersebut dicabut:

  • Individu tersebut melakukan tindak pidana
  • Terdapat data tindak pidana atau kejahatan yang dilakukan oleh perseorangan yang dicatat oleh negara

Apabila surat ini telah dicabut dan statusnya tidak berlaku lagi, maka keterangan tersebut akan dicatat pada lembar SKCK berikutnya.

Ekstensi SKCK

Untuk memperpanjang surat ini, Anda harus mendatangi kantor polisi setempat yang mempunyai kewenangan untuk memperpanjang SKCK. Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014, masyarakat dapat menyampaikan melalui beberapa instansi yang berwenang di bawah ini:

  • Polisi Sektor (Polsek)
  • Kepolisian Resor (Polres)
  • Kepolisian Daerah (Polda)
  • Mabes Polri (Mabes).

Untuk memperpanjang surat ini biasanya tidak memakan waktu lama seperti membuat surat baru karena datanya sudah tercatat, terutama dalam hal pendataan sidik jari. Jadi, jika Anda mempunyai surat yang sudah habis masa berlakunya, ada baiknya Anda mengurusnya sebelum satu tahun berlalu.

Pertimbangan dalam Perpanjangan SKCK

Polri akan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memberikan SKCK kepada pemohon. Beberapa aspek yang menjadi tolak ukur apakah surat ini layak untuk diperpanjang adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan untuk membuat atau memperpanjang SKCK
  • Keaslian dokumen yang diperlukan untuk pembuatan surat (otentikasi)
  • Formulir tersebut berisi daftar pertanyaan yang telah diisi oleh pelamar
  • Identitas pemohon
  • Data mengenai status kriminal, apakah Anda pernah melakukan kejahatan atau tidak

Semua aspek di atas merupakan hal penting dalam menyampaikan sebuah surat. Apabila terdapat kejanggalan atau pemohon melakukan tindak pidana setelah jangka waktu surat berakhir maka hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan.

Penutupan

Itulah ulasan mengenai cara daftar SKCK online yang bisa Anda lakukan melalui perangkat seperti smartphone atau laptop. Cara online ini merupakan cara yang paling menghemat waktu sehingga Anda tidak perlu datang sia-sia untuk mengurusnya.

Jangan lupa untuk melengkapi semua persyaratannya terlebih dahulu agar prosesnya berjalan lancar tanpa ada kendala. Semoga artikel Cara Membuat SKCK Online ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga beruntung!.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *