PusatDapodik
Home Berita Cara Daftar KIS Gratis untuk Anak/ Dewasa Terbaru & Syaratnya

Cara Daftar KIS Gratis untuk Anak/ Dewasa Terbaru & Syaratnya

Syarat dan Cara Daftar KIS Gratis Terbaru 2023 dari Pemerintah

Pemerintah Indonesia memberikan banyak program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu program tersebut adalah KIS atau Kartu Indonesia Sehat, KIS merupakan tandingan dari program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Mendaftar KIS tidak dipungut biaya dan tidak dikenakan biaya apapun, selama memenuhi persyaratan.

Seseorang yang terdaftar sebagai penerima KIS akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal sesuai fasilitas kesehatan yang ditentukan. Hal ini tentu memudahkan masyarakat, terutama yang ingin berobat dan tidak memiliki dana yang cukup.

Mengenal Kartu Indonesia Sehat

Mengenal Kartu Indonesia Sehat

KIS merupakan kartu jaminan kesehatan yang dikelola dan diterbitkan langsung oleh BPJS Kesehatan. Nantinya, BPJS Kesehatan akan menjalankan berbagai program JKN dan KIS untuk seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Peserta penerima kartu KIS terbagi menjadi dua, yaitu PBI atau Penerima Bantuan Iuran atau non PBI. Apabila terdaftar menjadi anggota PBI, iurannya ditanggung oleh pemerintah, sedangkan anggota non-PBI harus membayar biaya iurannya sendiri.

Jika seseorang terdaftar sebagai penerima kartu ini, maka ia akan mendapat pelayanan kesehatan menyeluruh di fasilitas kesehatan terdaftar. Mekanisme pelayanan kesehatan ini menggunakan sistem rujukan berjenjang dengan rincian indikasi medis dari dokter.

Manfaat Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Manfaat Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Jika Anda memenuhi syarat pendaftaran KIS dan terdaftar sebagai penerima, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Pelayanan Kesehatan Umum

Penerima KIS akan mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan secara umum, mulai dari flu, demam, batuk dan lain-lain. Penerima KIS bahkan bisa mendapatkan layanan pemeriksaan gigi dan kebutuhan layanan kesehatan umum lainnya.

2. Biaya Operasional

Tak hanya layanan kesehatan umum, Anda juga akan mendapatkan pengurangan biaya operasional. Selain untuk memberikan keringanan, KIS juga dapat digunakan untuk menutup biaya operasional yang dilakukan penerima.

3. Biaya Pemeriksaan dan Persalinan

Pemegang kartu KIS khususnya perempuan dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan cek bulanan saat hamil. Kartu Indonesia Sehat akan membantu menanggung biaya pemeriksaan dan persalinan bila jumlahnya cukup besar.

4. Pemeriksaan Penyakit Kronis

KIS akan membantu setiap penerima manfaatnya untuk melakukan pemeriksaan rutin guna mencegah penyakit kronis. Jika terindikasi mengidap penyakit kronis, KIS dapat digunakan untuk memangkas biaya pengobatan atau pemeriksaan agar lebih ringan.

Cara daftar KIS gratis tanpa biaya apapun

Cara pendaftaran KIS gratis berikut ini bisa Anda lakukan terutama jika memenuhi persyaratan agar Anda bisa merasakan manfaatnya di bidang kesehatan. Program ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang belum mendaftar program JKN. Sebenarnya pengelolaannya bisa dilakukan secara mandiri, dengan cara sebagai berikut.

  • Download dan install aplikasi JKN Mobile pada ponsel yang kamu punya.
  • Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu Pendaftaran.
  • Akan muncul beberapa pilihan, Pilih pendaftaran Peserta Barumembaca seluruh syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.
  • Jika Anda memenuhi persyaratan yang diusulkan, Isi data NIK dan masukkan kode captcha.
  • Sistem KIS kemudian akan menampilkan data keluarga Anda serta calon penerima KIS atau JKN.
  • Langkah selanjutnya adalah Isi data yang diminta dan pilih fasilitas kesehatan yang diinginkan. Fasilitas kesehatan ini nantinya akan digunakan sebagai FKTP bagi penerima kartu.
  • Anda akan diminta untuk mengisi email Anda, Masukkan email aktif agar BPJS JKN bisa mengirimkan kode verifikasi.
  • Jika permohonan Anda diterima, Anda akan mendapatkan kartu program KIS fisik yang dikirimkan ke alamat rumah Anda sesuai dengan data diri Anda saat mendaftar.

Cara Mengecek Keaktifan Peserta Kartu KIS

Cara daftar BPJS KIS gratis di atas bisa dilakukan oleh siapa saja, namun jika Anda masih bingung apakah Anda termasuk penerima program ini atau tidak, ada cara lebih lanjut untuk mengetahuinya. Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima KIS, Anda dapat melihat apakah status program KIS masih aktif atau tidak.

Status kepesertaan KIS bisa Anda lihat melalui beberapa platform mulai dari aplikasi resmi JKN hingga chatting dengan pendamping JKN, berikut detail lengkapnya.

1. Menggunakan Aplikasi JKN

Aplikasi JKN tidak hanya digunakan sebagai cara daftar KIS online saja, namun dapat juga digunakan untuk mengecek status aktif program KIS. Untuk mengecek apakah status KIS sudah aktif, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Download aplikasi JKN pertama, lalu buka aplikasinya.
  • Jika Anda sudah terdaftar di aplikasi ini, Anda bisa langsung melakukannya Gabung dengan memasukkan password dan NIK pribadi.
  • Jika Anda tidak memiliki akun, Anda bisa pilih menu Daftar untuk mendaftar terlebih dahulu. Ikuti setiap langkah pendaftaran sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi JKN.
  • Setelah selesai login, masukkan kode captcha yang sudah ada dan lanjutkan memilih Menu peserta.
  • Dari sana, Anda dapat melihat informasi mengenai status aktivitas KIS Anda. Jika sudah tidak aktif lagi, akan ada informasi dan detail kenapa Anda tidak bisa lagi mendapatkan program tersebut.

2. Memanfaatkan Layanan CHIKA

Jika tidak bisa menggunakan aplikasi JKN untuk cara membuat KIS online 2023 atau cek status keanggotaan anda bisa menggunakan layanan CHIKA. CHIKA dapat Anda akses melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan, berikut panduan penggunaannya.

  • Kirim pesan ke layanan CHIKAAnda bisa menggunakan layanan Facebook Messenger, Whatsapp atau menggunakan Telegram.
  • Dari sana, Anda dapat memilih opsi Periksa Status Peserta.
  • Masukkan nomor peserta atau NIK dari penerima KIS, pastikan tidak salah memasukkan nomor.
  • Jika sudah, Ketik tanggal lahir sesuai format diminta dan layanan CHIKA secara otomatis akan segera menampilkan status aktivasi program JKN atau KIS.

Perbedaan KIS dan BPJS

Meskipun Cara daftar KIS gratis dari pemerintah secara online hampir mirip dengan BPJS, namun antara BPJS dan KIS terdapat perbedaan yang cukup kontras. Kedua program pemerintah di bidang kesehatan ini mempunyai kelompok sasaran yang berbeda, perbedaannya adalah:

1. Kelompok Sasaran

Penerima BPJS merupakan masyarakat kelas menengah Indonesia yang nantinya akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu kelas I, II dan kelas III. Setiap kelas akan diwajibkan membayar biaya bulanan dengan besaran yang berbeda-beda. Hal ini tentu berbeda dengan KIS yang dikhususkan untuk masyarakat kurang mampu.

2. Fasilitas Kesehatan yang Tersedia

Bagi penerima BPJS, fasilitas kesehatan yang dipilih merupakan tempat pemeriksaan dan pengobatan. Apabila lokasi tersebut tidak memberikan layanan yang dibutuhkan, maka akan dipindahkan ke fasilitas kesehatan lain. Sedangkan KIS dapat digunakan di semua fasilitas kesehatan tanpa terikat dengan fasilitas kesehatan swasta.

3. Jenis Layanan yang Diberikan

BPJS hanya dapat digunakan untuk pengobatan medis atau penyakit, bukan untuk pemeriksaan dan pengobatan. Berbeda dengan KIS, KIS dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan suatu penyakit, tanpa batasan khusus untuk pengobatan medis saja.

Semoga panduan dan cara mendaftar KIS gratis di atas dapat membantu pembaca yang ingin mendaftar program kesehatan ini secara mandiri. Informasi terkini terkait BPJS Kesehatan, JKN atau KIS dapat dilihat di media sosial BPJS Kesehatan atau situs resminya.

Baca juga:

Comment
Share:

Ad