Table of contents: [Hide] [Show]

Cara Install Aplikasi SD Raport E – Aplikasi E-Rapport merupakan perangkat lunak berbasis website yang berfungsi sebagai manajemen penilaian dan juga menyusun laporan pencapaian kompetensi siswa di tingkat sekolah dasar.

Website ini dikembangkan dengan mengacu pada prinsip sistem penilaian tingkat sekolah dasar yang diluncurkan oleh Direktorat. PSD dan dapat diterapkan di satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum 2006 dan K13.

Secara teknis, aplikasi E-Report di tingkat SD terhubung dengan Dapodik.

Oleh karena itu, sebelum menginstal Aplikasi E-Raport, pastikan komputer Operator Sekolah telah terinstal aplikasi Dapodik versi terbaru yaitu Dapodik 2021.

Pada pembahasan kali ini RumusRumus.com akan menyampaikan kepada anda materi mengenai cara install aplikasi E-Raport di tingkat sekolah dasar.

Untuk itu mari kita simak pembahasannya.

Baca Juga : Cara Uninstall Dapodik

Cara Install Aplikasi SD Raport E

Berikut ini adalah penjelasan tahapan instalasi aplikasi Dapodik, antara lain:

  • Pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload adapter dari Aplikasi E-Rapport tingkat SD dalam format ZIP. Cara mendownloadnya yaitu mengakses link DI SINI.
  • Kemudian file zipnya, setelah itu buka file dari aplikasi E-Rapport V.1.1. Jika sudah berhasil mengekstrak filenya, selanjutnya klik kanan lalu klik Jalankan sebagai administrator.
Cara Install Aplikasi SD E-Rapport
  • Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke halaman awal proses instalasi aplikasi E-Rapport. Lalu klik “Lanjut“.
Cara Install Aplikasi SD E-Rapport
  • Kemudian baca persyaratan pemasangan SD E-Raport, jika sudah klik “Setuju” dan “Melanjutkan“.
Unduh Aplikasi E-Rapport SD
  • Anda akan diarahkan ke halaman berisi persetujuan untuk melanjutkan penginstalan aplikasi. Lalu klik “Install“. Tunggu hingga proses ini selesai.
Cara Install Aplikasi SD E-Rapport
  • Kemudian akan muncul halaman lain yang berisi pernyataan, apakah Anda benar-benar yakin ingin melanjutkan penginstalan Aplikasi SD E-rapport. Klik “Lanjut“. Lalu klik “Selesai“.
Cara Install Aplikasi E-Rapport SD 2021
  • Jika berhasil, Anda akan diminta untuk login ke aplikasi SD E-rapport. Isi kolom “nama pengguna“, “Kata sandi“, “Pilih Tingkat Pengguna” dan juga “Semester“. Lalu klik “Gabung“.
Aplikasi SD E Rapport

FAQ

Aplikasi SD E-Rapport adalah?

Aplikasi E-Rapport merupakan perangkat lunak berbasis website yang berfungsi sebagai manajemen penilaian dan juga menyusun laporan pencapaian kompetensi siswa di tingkat sekolah dasar.

Fungsi dari E-Raport adalah?

E-rapport berfungsi sebagai manajemen penilaian dan juga penyusunan laporan pencapaian kompetensi dari siswa di tingkat sekolah dasar. Menyusul peluncuran E-rapport, evaluasi laporan dilakukan secara digital, dengan guru harus menjadwalkan penilaian dan melakukan penilaian semi online.

Mengapa dianggap semi-online?

Karena penilaian tidak langsung dikirim ke server Kemendikbud, melainkan disimpan sementara di server sekolah. Nilai dikirim ke server Kemendikbud setelah stakeholder terkait memasukkan hasil guru mata pelajaran dan guru kelas.

Nah itu saja ulasan materi tentang Cara Install Aplikasi E-Rapport. Semoga bermanfaat ????

Baca Juga : Cara Uninstall Dapodik

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *