Cara Melacak HP Dengan iMEI Dalam Keadaan Mati Lokasi Akurat

- Penulis

Senin, 4 September 2023 - 21:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Melacak HP Dengan iMEI

Melacak HP Dengan iMEI

Jika Anda kehilangan ponsel di jalan atau di suatu tempat, jangan panik dan lihat saja Cara melacak hp dengan iMEI tanpa menggunakan aplikasi dibawah ini. Kehilangan ponsel merupakan sebuah musibah yang tidak bisa kita hindari jika hal itu terjadi.

Untuk itu pengguna harus mengetahui solusi apa saja yang bisa dilakukan agar tetap bisa mengetahui keberadaan ponsel meski dalam keadaan mati.

Berikut ini beberapa Cara melacak hp dengan iMEI tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Daftar Isi Artikel

Bisakah Anda melacak ponsel dengan iMEI dalam keadaan mati?

Apakah mungkin melacak ponsel dengan iMEI saat mati

Setiap perangkat smartphone yang kita gunakan mempunyai kode identitas tersendiri yang membedakannya dengan ponsel lainnya. Salah satu kode yang menjadi identitas setiap ponsel adalah IMEI.

Semua ponsel pasti memiliki kode ini karena fungsi IMEI sendiri cukup penting. Beberapa orang mungkin tidak terlalu memikirkan kode IMEI perangkat yang mereka gunakan.

Fungsi utama IMEi adalah untuk mengenali nomor telepon seluler yang digunakan oleh pengguna di dalam negeri. Pengguna harus memastikan IMEI perangkat yang digunakan sudah terdaftar agar dapat menggunakan kartu operator seluler asal Indonesia.

Dalam beberapa kasus mungkin terjadi pemblokiran IMEI sehingga perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan internet jika menggunakan data kuota. Selain itu masih banyak fungsi dari IMEI yang akan sangat membantu kehidupan penggunanya nantinya.

Mengetahui berapa banyak IMEI yang ada pada sebuah ponsel dapat memudahkan orang dalam melacak ponselnya jika hilang entah kemana. Kehilangan ponsel adalah salah satu tragedi paling umum yang dialami banyak orang.

Entah karena diambil orang lain atau terjatuh di jalan sehingga tidak bisa mengetahui lokasi pasti ponsel tersebut. Pengguna dapat dengan mudah Melacak Ponsel Dengan iMEI dan mengetahui dimana letak HPnya sekarang.

Umumnya proses pelacakan HP dengan iMEI bisa dilakukan saat HP yang hilang masih dalam keadaan hidup. Lalu bagaimana jika ponselnya ternyata mati? Proses pelacakan masih bisa dilakukan, namun lokasi yang akan diidentifikasi adalah tempat terakhir ponsel berada sebelum mati.

Walaupun cara ini tidak akan 100% mengembalikan HP kamu yang hilang karena terjatuh atau sebab lainnya. Setidaknya bisa membantu masyarakat mengetahui keberadaan terakhir ponselnya dan menjadi panduan dalam melakukan hal lainnya.

Namun sebelum melacak ponsel dengan iMEI, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melacak ponsel dengan iMEI

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melacak ponsel dengan iMEI

Beberapa dari pembaca mungkin saat ini sedang mengalami musibah kehilangan ponselnya dan sedang mencari cara untuk menemukan ponsel tersebut. Solusi yang bisa dilakukan saat ini adalah mencari keberadaan ponsel menggunakan IMEI perangkat.

Cara melacak hp menggunakan IMEI bisa dikatakan cara yang cukup akurat, namun ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Jika sebelumnya Anda belum mengetahui apa itu IMEI.

Perlu diketahui bahwa setiap ponsel baik Android maupun iOS memiliki kode IMEI perangkatnya masing-masing. Hal inilah yang akan membantu orang lain mengetahui keberadaan ponsel Anda ketika mencarinya menggunakan IMEI.

Mencari hp yang hilang menggunakan kode ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya saja prosesnya lebih lama, ada ketentuan tertentu yang perlu dipahami pengguna terlebih dahulu.

Untuk bisa melacak HP menggunakan kode IMEI, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah IMEI perangkatnya. Oleh karena itulah mencatat IMEI saat pertama kali membeli ponsel merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Namun banyak orang yang tidak melakukan hal ini, sehingga begitu ponselnya terjatuh dan hilang, cara ini tidak efektif. Mencatat IMEI ponsel merupakan salah satu bentuk mitigasi diri agar ketika terjadi musibah yang tidak terduga, Anda sudah mengetahui cara mengatasinya.

Namun kode IMEI juga perlu dilindungi dan tidak diberikan kepada sembarang orang. Jika pembaca mengetahui apa itu kode IMEI, proses pelacakan bisa dilanjutkan dengan berbagai cara.

Hal berikutnya yang patut menjadi perhatian adalah posisi perangkat yang hilang saat dimatikan atau dihidupkan. Jika Anda terjatuh di jalan, Anda mungkin masih hidup. Namun lain halnya jika ada yang mengambil ponsel Anda.

Orang tersebut tentunya akan mematikan ponselnya agar informasi lokasinya tidak terlacak. Meski begitu, pengguna tidak perlu terlalu khawatir dengan hal ini karena bisa diserahkan kepada pihak yang berwajib.

Cara Memeriksa Nomor iMEI di Perangkat

Cara Memeriksa Nomor iMEI di Perangkat

Sesuai dengan pembahasan yang kami sampaikan di atas, penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa itu IMEI ponselnya. Bagi yang membaca artikel ini diharapkan sudah mengetahui kode identitas perangkat yang digunakannya.

Namun, ada kemungkinan sebagian orang belum mengetahui cara mengecek IMEi di perangkatnya. Apakah harus mencari di kotak hp atau ada cara lain yang bisa digunakan? Berikut akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kode IMEI.

Segera catat kode tersebut dan tuliskan pada kertas atau simpan di tempat lain selain perangkat yang digunakan. Hal ini sebagai bentuk pencegahan jika terjadi hal buruk di kemudian hari. Kita tidak pernah tahu kapan suatu bencana akan terjadi dan yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan proses pencegahan dan juga mencari solusinya.

Meskipun di dunia ini tidak ada seorang pun yang kehilangan ponselnya, namun jika memang sudah takdirnya maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mencoba menemukan ponsel tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apa saja kode IMEI masing-masing ponsel.

Mungkin semua merek perangkat ponsel mempunyai perbedaan mengenai letak informasi IMEI pada ponselnya. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena ada cara yang lebih sederhana yang bisa digunakan oleh pengguna.

Melalui Kode Panggilan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek IMEI di semua ponsel adalah dengan menggunakan kode panggilan. Ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan setiap orang jika ingin mengecek kode identitas.

Sebelumnya pengguna harus mengetahui bahwa kode IMEI sebenarnya valid secara internasional. Hanya saja di Indonesia ada aturan tersendiri sehingga tidak semua IMEI bisa lolos menggunakan jaringan operator di sini.

Tutorial ini dapat diikuti oleh seluruh pengguna ponsel Android dan iOS dengan menggunakan kode yang sama. Prosesnya sangat mudah dan hanya perlu beberapa menit untuk mengetahui IMEI Anda.

Jangan lupa menyiapkan kertas dan pulpen atau menuliskan kode IME di tempat lain. Tidak perlu mencatatnya di ponsel Anda sendiri karena fungsinya untuk mengetahui IMEI jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Pertama buka ponsel masing-masing lalu masuk ke menu Panggilan.
  • Ketikkan kode Dial Up berikut *#06#. Tidak perlu menekan tombol panggil.
  • Kode IMEI perangkat Anda akan langsung muncul.
  • Jika ponsel yang digunakan dual SIM maka akan muncul dua kode dan sebaliknya.
  • Harap catat kodenya dan simpan di tempat yang paling aman.

Kode Dial Up Hal ini berlaku secara umum dan jika kalian penasaran langsung saja coba cara ini sekarang juga.

Periksa melalui Menu Pengaturan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kode IMEI di ponsel Anda adalah melalui menu pengaturan. Nah, pada tutorial kali ini mungkin ada sedikit perbedaan pada beberapa ponsel.

Namun pada intinya cara melihat IMEi sama saja, namun yang membedakan adalah fitur menu pada perangkat. Pada kesempatan kali ini pusatdapodik.com akan menjelaskan cara mengetahui kode IMEI secara umum pada perangkat ponsel.

  • Buka ponsel masing-masing dan langsung jalan masuk ke menu Pengaturan atau Pengaturan.
  • Setelah itu, metode menu Tentang Seluler. Biasanya letaknya paling atas atau paling bawah.
  • Jika sudah masuk pada fitur ini. Akan ada beberapa informasi terkait perangkat tersebut.
  • Di sana pengguna dapat melihat Nomor IMEI untuk slot SIM 1 dan IMEI SIM slot 2.
  • Jangan lupa untuk mencatatnya dan menggunakannya ketika Anda ingin melacak ponsel Anda dengan iMEI.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan kurang lebih sama, baik Anda mengecek IMEI di perangkat Android maupun iOS. Jika Anda sudah mengetahui berapa nomor IMEInya, Anda akan jauh lebih tenang jika mengalami musibah seperti kehilangan ponsel.

Cara melacak hp dengan iMEI saat mati, 99% akurat

Cara melacak hp dengan iMEI saat mati, 99% akurat

Jika suatu saat Anda atau orang terdekat Anda kehilangan ponsel Anda. Jadi jangan panik dulu karena Anda bisa mengecek lokasi ponsel Anda secara akurat menggunakan nomor IMEI.

Jika Anda sudah mengetahui IMEI ponsel Anda, sebenarnya akan lebih mudah untuk meminta bantuan pihak terkait untuk mengetahui keberadaan ponsel tersebut. Berikut ini cara melacak HP dengan iMEI tanpa aplikasi dan bisa dilakukan di rumah.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs pelacakan IMEI internasional. Gunakan alamat situs berikut https://imei-tracker.com/.
  • Jika sudah masuk ke websitenya, klik membaca Lacak IMEI. Tunggu hingga Anda masuk ke halaman pencarian.
  • Masukkan salah satu nomor IMEI ponsel ke kolom yang tersedia.
  • Kemudian Pilih Indonesia karena kamu berada di Indonesia. Negara ini bisa disesuaikan dengan tempat pembuatan ponsel tersebut.
  • Setelah itu, tekan kembali Lacak IMEI dan tunggu hingga proses pencarian selesai.
  • Nantinya akan muncul semua informasi terkait IMEI. Untuk mengetahui di mana itu, klik pada teks Dapatkan Posisi Anda.
  • Verifikasikan identitas Anda agar dapat melihat di mana lokasi ponsel terbaru.

Jika ingin melacak ponsel, pastikan perangkat yang digunakan sedang online dan ponsel terlacak. Jika tidak, situs ini hanya bisa melacak terakhir kali ponsel hidup dan online.

Masih ada cara lain untuk melacak HP yang hilang dan silahkan simak pembahasannya di pusatdapodik.com.

Tutorial Terkait:

  • 3 Cara Cek IMEI Android di HP dan Kemenperin (Terdaftar/Tidak)
  • 12 Cara Cek Lokasi Nomor HP Seseorang (Mudah dan Cepat)
  • 6 Cara Membuka Password HP yang Lupa (Android & Iphone) 100% Work
  • 4 Cara Cek Kesehatan (Kesehatan Baterai) & Performa HP Xiaomi
  • Cara Membuka Kunci Ponsel yang Terkunci di iPhone dan Android (Berhasil)

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini
Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram
Saat ini Ada Formasi CPNS dan PPPK Totalnya 12rb, Paling Banyak Untuk Daerah Bali
Ada Uang Tambahan Bagi Bapak/Ibu PNS yang Mengajar Lebih dari 24 Jam, Nominalnya Bikin Penuh Dompet
Intip Ratusan Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMK,SMA dan S1! Paling Banyak Untuk Lulusan SMA
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:34 WIB

Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:40 WIB

PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa

Rabu, 10 Juli 2024 - 05:27 WIB

Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini

Selasa, 9 Juli 2024 - 11:16 WIB

Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB