Cara Membuat Daftar Pustaka Buku, Word, Jurnal, Skripsi Dll

- Penulis

Rabu, 27 September 2023 - 22:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Daftar Pustaka Buku Word Jurnal Skripsi Dll

Cara Membuat Daftar Pustaka Buku Word Jurnal Skripsi Dll

Saat membuat tugas atau makalah, sebagian orang mengambil bahan dari berbagai sumber. Salah satu sumber yang paling terkenal adalah internet. Jika Anda juga sering melakukan ini, pastikan untuk mempelajarinya cara membuat daftar pustaka.

Apa itu bibliografi dan bagaimana cara membuatnya? Daftar pustaka wajib dibuat apabila terdapat berbagai tulisan yang diambil dari karya orang lain. Dengan menulis daftar pustaka, Anda sebenarnya menghormati penulis asli dari informasi yang dikutip, ditulis ulang, atau diambil.

Untuk membuat daftar pustaka dan menghormati penulis lain, pahamilah cara membuat daftar pustaka berdasarkan abjad. Berbagai cara dapat ditemukan di bawah ini. Namun sebelum mengetahui cara terbaik membuat daftar pustaka, pastikan Anda memahami pengertian daftar pustaka.

Apa Sebenarnya Daftar Pustaka itu?

Apa Sebenarnya Daftar Pustaka itu

Daftar Pustaka adalah suatu daftar khusus yang isinya berbagai sumber atau bahan bacaan. Berbagai sumber inilah yang menjadi dasar informasi yang digunakan untuk membuat suatu makalah atau tugas. Ada berbagai sumber informasi yang dapat digunakan dalam pembuatan tugas.

Misalnya, seseorang dapat mengambil suatu bahan dari buku, artikel di internet, jurnal, tesis, atau materi lainnya. Semua bahan referensi harus dicantumkan di akhir makalah atau tugas. Sehingga pembaca dapat mengetahui referensi atau sumber asli artikel tersebut.

Daftar pustaka mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu menginformasikan dasar suatu artikel atau makalah yang ditulis. Hasilnya, pembaca bisa mempercayai kebenaran tulisan tersebut. Daftar pustaka juga akan menghindarkan karya seseorang dari plagiarisme.

Bermacam-macam Cara Membuat Daftar Pustaka

Berbagai Cara Membuat Daftar Pustaka

Ada banyak cara untuk membuat daftar pustaka agar rapi dan terlihat menarik. Cara pembuatan daftar pustaka bergantung pada jenis sumber yang dijadikan acuan. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk membuat daftar pustaka.

1. Cara membuat daftar pustaka dari alamat website

Jika artikel berasal dari halaman web atau situs internet, maka proses penulisan daftar pustaka harus memuat beberapa informasi. Informasi yang harus dicantumkan adalah penulis halaman web, bisa berupa organisasi atau individu.

Ini diikuti dengan tahun pembuatan halaman web atau tahun revisi halaman web. Kemudian disusul dengan judul halaman web yang harus ditulis dengan format miring. Terakhir, tambahkan informasi tanggal website diakses. Perhatikan contoh penulisan di bawah ini.

  • Michael G.Simpson. (2019). Tracheophyta. Diakses pada 24 November 2022, dari

Jika halaman dibuat oleh suatu organisasi, tuliskan nama organisasi tersebut, bukan nama penulisnya. Misalnya artikel di atas bukan dibuat oleh Michael G. Simpson, melainkan dibuat oleh Plant Lovers Group, maka gantilah nama Michael G. Simpson dengan Plant Lovers Group.

Jika halaman web tidak menampilkan nama organisasi atau nama penulis, bagaimana cara membuat daftar pustaka? Daftar pustaka akan diawali dengan judul halaman web yang kemudian diikuti dengan tahun pembuatan halaman website. Perhatikan contoh penulisan di bawah ini.

  • Eutanasia. (2018). Eutanasia: Memahami Fakta. Diperoleh pada 24 November 2022 dari

2. Cara membuat daftar pustaka dari buku

Jika berbagai informasi yang diambil berasal dari beberapa buku, maka penulisan daftar pustaka tidak sama dengan cara sebelumnya. Ada beberapa komponen yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Komponen yang dimaksud adalah nama penulis, tahun, judul buku, kota dan penerbit.

Untuk memahami lebih lanjut cara membuat daftar pustaka berurutan dari berbagai buku, perhatikan informasi penting berikut ini. Daftar di bawah ini akan menunjukkan apa saja yang harus dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka.

Baca Juga :  Kepala Sekolah SMA di NTT Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos, Berstatus Tahanan Rumah

Nama penulis harus dicantumkan di awal dengan nama belakang penulis ditulis terlebih dahulu. Kemudian tambahkan koma dan sertakan nama depan penulis. Jika pengarang mempunyai gelar, maka gelar pengarang tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.

Contoh penulisan nama penulis adalah : Tan, Ilana.

Selanjutnya, tambahkan tahun penerbitan buku tersebut. Bagaimana cara menulis tahun adalah dengan menuliskannya dalam tanda kurung. Contoh penulisan tahun terbit buku setelah nama penulis adalah: Tan, Ilana. (2007).

Kemudian tambahkan judul buku yang dijadikan acuan setelah dituliskan nama penulis dan tahun terbitnya buku tersebut. Judul buku harus ditulis miring atau miring. Contoh penulisannya adalah: Tan, Ilana. (2007). Musim gugur di Paris.

Informasi berikutnya yang harus ditambahkan adalah kota tempat penulisan buku tersebut. Berbeda dengan informasi sebelumnya yang diakhiri dengan titik, informasi ini harus diikuti titik dua. Contohnya adalah: Tan, Ilana. (2007). Musim gugur di Paris. Jakarta:

Cara membuat daftar pustaka yang terakhir adalah menuliskan nama penerbit buku. Contoh penulisan daftar pustaka yang benar dan lengkap untuk suatu buku adalah: Tan, Ilana. (2007). Musim gugur di Paris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jika sumber artikel adalah wawancara dan wawancara tersebut tidak dipublikasikan, tuliskan referensi wawancara pada catatan kaki. Tambahkan juga nama orang yang melakukan wawancara. Jika penulis melakukan wawancara sendiri, tuliskan informasi ‘oleh penulis’ atas nama pewawancara.

Untuk memudahkan memahami penulisan daftar pustaka berdasarkan hasil wawancara, pelajari beberapa contoh. Dengan mempelajari contoh pembuatan daftar pustaka berikut ini, Anda akan mampu membuat daftar pustaka menjadi rapi dan memberikan informasi lengkap.

  • Nama orang yang diwawancarai

Informasi pertama yang harus muncul di awal adalah nama orang yang menjadi sumbernya. Penulisan nama langsung dari nama depan, berbeda dengan nama penulis pada sumber buku. Contohnya adalah: Nur Minarni.

Jika Anda melakukan wawancara secara langsung, tulislah ‘oleh penulis’. Namun bila pewawancara adalah orang lain, misalnya teman penulis, maka tuliskan nama orang yang melakukan wawancara.

Apabila pewawancara adalah seorang penulis maka tuliskan: Nur Minarni, oleh penulis. Namun bila pewawancaranya adalah orang lain, maka tulislah: Nur Minarni, diwawancarai oleh Stefani Ahmad.

  • Saatnya wawancara

Kemudian cantumkan waktu wawancara dilakukan. Tuliskan bulan dan tahun wawancara dilakukan. Contohnya: Nur Minarni, diwawancarai Stefani Ahmad, November 2022. Atau bisa juga Nur Minarni, oleh penulis, November 2022.

Informasi selanjutnya yang perlu dicantumkan adalah sumber kutipan wawancara. Informasi ini diperlukan jika wawancara dipublikasikan di jurnal. Contohnya: Nur Minarni, wawancara Stefani Ahmad, November 2022, Arsip Perpustakaan Kota.

Namun apabila wawancara yang dilakukan tidak dipublikasikan pada jurnal manapun, maka penulis tidak perlu mencantumkan keterangan sumber kutipan wawancara tersebut.

Cara membuat daftar pustaka Hal selanjutnya adalah mencantumkan lokasi dimana wawancara dilakukan. Ada dua cara untuk menuliskan lokasi terjadinya wawancara. Yang pertama adalah menuliskan lokasi penyimpanan arsip sumber kutipan wawancara.

Contohnya adalah: Nur Minarni, wawancara Stefani Ahmad, November 2022, Arsip Perpustakaan Kota, Grhatama Pustaka, Yogyakarta. Penulisan yang kedua adalah langsung menuliskan kota tempat wawancara dilakukan karena tidak ada sumber kutipan wawancaranya.

Contoh tulisannya menjadi: Nur Minarni, oleh penulis, November 2022, Yogyakarta.

Membuat bibliografi secara otomatis

Membuat bibliografi secara otomatis

Pelajari juga beberapa langkah membuat daftar pustaka secara otomatis. Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, diperlukan bantuan aplikasi khusus. Untungnya, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat daftar pustaka secara otomatis dengan mudah.

Baca Juga :  Contoh Surat Resign Kerja Resmi Yang Baik dan Benar

1. Membuat daftar pustaka di Word

Aplikasi Microsoft Word memungkinkan penggunanya membuat daftar pustaka dengan mudah. Tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk membuat daftar pustaka otomatis. Ikuti saja cara berikut ini.

  • Jalankan aplikasi Microsoft Word Kemudian Buka lembaran baru lalu klik pada tabnya Referensi.
  • Selanjutnya, klik tanda panah pada bagian tersebut Kutipan & Daftar Pustaka. Kemudian klik panah di sebelah opsi Sisipkan Kutipan. Kemudian klik pada bagian tersebut Tambahkan Sumber Baru.
  • Tuliskan berbagai data berhubungan dengan sumbernya. Misalnya menuliskan jenis sumber (berita, artikel, atau buku), penulis, judul, tahun penulisan, tempat terbit, penerbit, dan bahasa yang digunakan. Klik OKE setelah semuanya terisi.
  • Masukkan seluruh sumber yang ingin Anda kutip dalam tulisan Anda. Maka lakukanlah Kelola Sumber lalu pilih berita, artikel, atau buku mana yang akan dikutip.
  • Cara membuat daftar pustaka Langkah selanjutnya adalah memasukkan daftar pustaka secara otomatis. Klik Gaya di bagian Referensi dan pilih gaya kutipan yang diinginkan. Kemudian klik pada bagian Bibliografi dan daftar bibliografi otomatis telah dibuat.

Cara termudah membuat bibliografi otomatis dengan Word. Dengan menggunakan cara ini, penulis tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun penulis masih harus memasukkan beberapa bagian secara manual.

2. Membuat daftar pustaka dengan Mendeley

Apa itu Mendeley dan Bagaimana caranya menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka? Mendeley merupakan aplikasi khusus untuk membuat sitasi, bibliografi, dan daftar pustaka secara otomatis. Aplikasi ini sangat berguna untuk menulis skripsi, buku, tesis atau karya ilmiah.

  • Unduh dan instal aplikasi Mendeley di situs resminya yaitu Mendeley.com. Kemudian instal plug-in untuk Word dan mesin pencari yang sering anda gunakan sehingga anda bisa mendapatkan referral secara otomatis.
  • Setelah instalasi plug-in selesai, fitur Mendeley dapat ditemukan di Microsoft Word. Menu ini dapat ditemukan di bagian Referensi. Melakukan pendaftaran akun sehingga selalu bisa tersinkronisasi saat membuka dokumen dalam mode online.
  • Download artikel dan buku yang menjadi sumber penulisan sehingga meta data dan dokumen dapat dimasukkan ke dalam aplikasi Mendeley. Lalu klik Tambah File lalu pilih file yang meta datanya akan dimasukkan ke Mendeley.
  • Tulisan terbuka yang sudah tersimpan di Microsoft Word lalu periksa apakah sumber tulisan sudah tersimpan di Perpustakaanku Mendeley. Menunya ada di bagian Referensi, Sisipkan Kutipan, Mendeleylalu pilih Perpustakaanku.
  • Tempatkan kursor di akhir teks atau di bagian daftar pustaka, bukan di bagian Daftar isi. Kemudian klik menunya Referensi dan pilih menu Mendeley. Klik bagian Sisipkan Bibliografi dan daftar bibliografi akan muncul secara otomatis.

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Misalnya saja ada Zotero yang terkenal. Namun kedua cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk membuat daftar pustaka tanpa harus menuliskan sumber satu per satu secara manual.

Pastikan Anda memahami semua opsi cara membuat daftar pustaka yang ada di halaman ini. Sehingga nantinya dapat membuat daftar pustaka yang lengkap dan jelas meskipun menggunakan berbagai bahan sebagai sumber penulisan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

www.ayovaksindinkeskdi.id

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru