Table of contents: [Hide] [Show]

Setelah pengumuman seleksi administrasi bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus dapat mengajukan keberatan. Masa keberatan calon guru PPPK 2022 dimulai hari ini, Jumat, 18 November 2022 dan berakhir dua hari lagi, yakni 20 November 2022. Artikel ini akan menjelaskan cara mengajukan keberatan.

Alasan peserta tidak lolos seleksi ini karena administrasi yang dibutuhkan tidak sesuai atau ada kesalahan upload.

Pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi akan mendapat notifikasi ‘Maaf, Anda tidak lolos tahap administrasi karena tidak memenuhi persyaratan administrasi dari instansi yang Anda lamar.

Jika dinyatakan tidak lulus, pelamar dapat mengajukan keberatan. Lalu bagaimana cara mengajukan keberatan?

Sebelum membahas tentang tata cara keberatan yaitu untuk mengajukan keberatan yaitu dilakukan jika dirasa sistem tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Intinya pelamar hanya bisa menyanggah kesalahan yang datang dari sistem, bukan dari dirinya sendiri. Sehingga, keberatan nantinya dapat diterima dan dipertimbangkan kembali.

Dilansir dari situs resmi PPPK Guru, pengajuan keberatan hanya dilakukan bagi pemohon yang keberatan dengan hasil keputusan instansi dengan menguraikan secara kronologis disertai bukti-bukti pendukung.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan keberatan, pastikan alasan tidak lolos seleksi administrasi karena kesalahan sistem.

Biasanya untuk pengajuan keberatan ini karena dokumen yang diunggah saat seleksi administrasi tidak terbaca atau buram, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan kualifikasi padahal linier dengan posisi yang dilamar, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Model Pembelajaran

Mari simak informasi berikut untuk mengetahui cara mengajukan pengaduan

Sistem Cara Mengajukan Keberatan

Berikut tata cara pengajuan keberatan terhadap pelamar PPPK Guru 2022 yang tidak lolos seleksi administrasi:

  1. Langkah pertama login terlebih dahulu ke akun SSCASN anda melalui portal sscasn.bkn.go.id atau melalui link dibawah ini.
  2. Kemudian masuk ke halaman Resume, nanti di halaman resume akan ada notifikasi status lulus atau tidak lolos seleksi administrasi. Jika dinyatakan tidak lulus maka akan muncul tombol kuning di bawah notifikasi bertuliskan SUBMIT A RESPONSE,
  3. Sebelum mengklik tombol KIRIM JAWABAN, pastikan terlebih dahulu kesalahan apa saja yang menyebabkan Anda tidak lolos seleksi administrasi keguruan PPPK 2022. Apakah terkait pengisian kelengkapan dokumen administrasi, dokumen yang diunggah tidak jelas atau alasan lainnya.
  4. Setelah itu silahkan klik SUBMIT A REFUSE, maka akan muncul Rebuttal Form.
  5. Misalnya alasan tidak lulus adalah ‘Kualifikasi pendidikan tidak sesuai’ dengan keterangan dokumen yang diunggah, bukan ijazah, KTP misalnya, maka itu salah pelamar, bukan sistem.
  6. Jika alasan tidak lulus adalah ‘Kualifikasi pendidikan tidak memadai’ padahal dokumen yang diunggah sudah benar dan kualifikasi pendidikan sebenarnya juga linier dengan formasi yang dilamar, maka silakan ajukan keberatan.

Halaman selanjutnya

7. Pengajuan keberatan...

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *