Cara Mengembalikan Data di Drive Partisi yang Terhapus atau Hilang 100% Berhasil

- Penulis

Minggu, 26 November 2023 - 20:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

cara mengembalikan drve terhapus

cara mengembalikan drve terhapus

Para pengguna komputer pasti pernah mengalami berbagai kasus pada komputernya, baik kasus yang sepele hingga kasus yang sangat fatal seperti kehilangan seluruh data penting di drive penyimpanan. Penyebab hilangnya data pada drive penyimpanan bermacam-macam, seperti drive lupa diformat atau dihapus, USB terformat dan tidak sengaja terhapus secara permanen, bahkan ada juga kasus partisi drive terhapus secara tidak sengaja.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan panik karena masalah kehilangan data pada Partition Drive dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan software EaseUS Data Recovery Wizard. Salah satu keberhasilan proses recovery adalah yang pertama, jangan mengutak-atik drive saat datanya terhapus, karena jika driver tertimpa data baru maka bisa membuat data lama sulit ditemukan. Selain itu segera pulihkan data yang hilang karena semakin cepat data dipulihkan maka besar kemungkinan data akan kembali utuh.


Sebelum mengetahui cara mengembalikan data pada drive partisi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu review software EaseUS Data Recovery Wizard.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Expired di Windows 10, 8, 8.1 dan 7


Isi

bersembunyi

1
Fitur Wisaya Pemulihan Data EaseUS

2
Cara Memulihkan Data pada Partisi Drive yang Dihapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Fitur Wisaya Pemulihan Data EaseUS

EaseUS Data Recovery Wizard memiliki beberapa fitur unggulan yang menunjang keberhasilan proses recovery data atau pemulihan data karena terhapus atau hilang. Beberapa fitur unggulannya antara lain:

1. Fitur pratinjau
EaseUS Data Recovery Wizard memiliki fitur preview yang berfungsi untuk melihat pratinjau file yang telah ditemukan sebelum pemulihan lebih lanjut. Fitur ini sangat penting karena software versi gratisnya hanya memungkinkan kapasitas penyimpanan sebesar 2GB, sehingga kita bisa memilih file mana yang ingin kita kembalikan.


2. Fitur Pemindaian Cepat & Pemindaian Mendalam

EaseUS Data Recovery Wizard memiliki dua metode pemindaian yaitu Quick Scan & Deep Scan. Quick Scan merupakan scan yang cepat dan Deep Scan merupakan scan yang lebih dalam untuk mendapatkan hasil scan yang maksimal.

3. Mendukung berbagai kasus

Software ini mendukung berbagai macam permasalahan yang dialami pengguna seperti kasus data terformat, penghapusan dan berbagai kasus lainnya seperti gambar, video, dokumen, dll.

4. Fitur Pemindaian Impor & Ekspor

Scanning merupakan proses yang paling lama untuk mengembalikan data, terkadang kita tidak sengaja atau tidak dapat membatalkan prosesnya. Fitur ini memudahkan kita untuk tidak melakukan proses scanning lagi dari awal karena fitur Import & Eksport Scanning dapat melakukan import/export hasil scanning yang sudah berjalan, dan dapat kita lanjutkan kembali kapanpun kita mau.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Microsoft Store di Windows 10


Beberapa kasus kehilangan yang dapat diatasi dengan software EaseUS Data Recovery Wizard, yaitu:

  • Dihapus
  • Diformat
  • Kerusakan hardisk
  • Serangan virus
  • OS crash atau kesalahan
  • Kehilangan partisi
  • Partisi MENTAH
  • Dan kasus lainnya.

Beberapa kasus di atas merupakan kasus umum yang sering dialami. Jika Anda mengalami kasus seperti di atas, Anda bisa mencoba memulihkannya menggunakan software ini.

Cara Memulihkan Data pada Partisi Drive yang Dihapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Pada kasus di bawah ini misalnya drive D terhapus dan otomatis statusnya menjadi Unallated drive, maka buatlah terlebih dahulu partisi D. Manajemen Diskklik kanan pada Space yang diinginkan, lalu pilih Volume Sederhana Baru.

Di bawah ini adalah gambar kondisi Drive D yang telah dihapus dan dibuat ulang dengan penyimpanan yang masih kosong.

recovery folder 1

Selanjutnya, buka perangkat lunaknya Wisaya Pemulihan Data EaseUS.

Pada tampilan utama EaseUS Data Recovery Wizard, pilih file berekstensi yang ingin dipindai atau pilih saja semuanya, lalu klik Berikutnya.

recovery folder 2

Setelah itu, pilih drive yang datanya ingin Anda pindai. Karena dalam hal ini yang akan di scan adalah Drive D, pilih drive tersebut lalu klik Pemindaian.

recovery folder 3

Selanjutnya software akan memulai proses pemindaian yang memakan waktu cukup lama tergantung besar kecilnya data yang hilang. Pada proses ini pastikan baterai tetap penuh jika menggunakan laptop.

recovery folder 4

Setelah proses scanning selesai, selanjutnya Anda dapat melihat folder dan file yang ada pada drive tersebut. Bahkan file sebelumnya juga bisa dikembalikan. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam memilih file yang ingin Anda kembalikan agar ukuran file tidak melebihi kapasitas yang disediakan oleh software EaseUS Data Recovery Wizard.

recovery folder 5

Pada proses ini, fitur preview digunakan untuk memilih satu persatu file-file yang tidak penting dengan cara memilih file dan folder yang masih berguna agar kapasitas penyimpanan mencukupi. Dalam contoh kasus ini, pilih untuk mengamankan folder FD dengan mengklik kanan nama folder dan memilih Pulihkan.

recovery folder 6

Selanjutnya kita diminta memilih folder penyimpanan data untuk meletakkan file yang kita recovery. Sebagai catatan, jangan menaruh data pada drive yang bermasalah (Driver D), karena drive tersebut masih mengalami masalah. Jika sudah, klik berikutnya Menyimpan.

recovery folder 7

Kemudian tunggu hingga proses recovery selesai.

recovery folder 8

Untuk memulihkan file lain, lakukan hal yang sama untuk mengamankannya. Jika kapasitas penyimpanan yang digunakan sudah penuh, maka Anda dapat menggunakan penyimpanan lain untuk melakukan backup data sementara.

Demikianlah informasi yang diberikan mengenai Cara Mengembalikan Data pada Partisi Drive yang Terhapus atau Hilang. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru