PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop atau PC Mudah

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop atau PC Mudah

cara recovery file yang terhapus

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan atau memulihkan file yang terhapus secara permanen di laptop/PC. Kehilangan file di komputer/PC merupakan suatu hal yang sering terjadi, baik disengaja maupun tidak. Jika Anda mengalami hal tersebut jangan panik, karena masalah ini bisa diatasi dengan cara recovery atau mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC, khususnya bagi pengguna sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows memiliki mekanisme yang memudahkan kita untuk menyimpan file-file penting yang terhapus secara sengaja atau tidak sengaja dan mungkin diperlukan kembali.

Walaupun file sudah lama terhapus, namun cara mengembalikan file tetap bisa dilakukan dengan beberapa cara melalui Recycle Bin dan beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Berikut cara mudah mengembalikan dan memulihkan file yang terhapus permanen di laptop atau PC.


Isi

bersembunyi

1
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Recycle Bin
2
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Command Prompt
3
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan File History
4
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Recuva
5
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Disk Drill

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Recycle Bin

Cara pertama untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan menggunakan Recycle Bin. Biasanya Anda dapat menemukan ikon Recycle Bin di tampilan desktop Windows, namun jika Anda tidak dapat menemukan ikon tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menampilkan dan memulihkan file yang terhapus.

  • Langkah pertama, klik Menu mulai Windowslalu pilih Pengaturan.
  • Kemudian pada menu pengaturan, klik Personalisasi ->> Temalalu cari menunya Pengaturan ikon desktop.

mengembalikan file yang terhapus 1


  • Selanjutnya, periksa Tempat sampahdan klik OKE. Setelah itu akan muncul icon Recycle Bin di desktop Windows.

mengembalikan file yang terhapus 2

  • Selanjutnya untuk mengembalikan file atau folder yang terhapus sebelumnya, klik kanan pada Recycle Bin dan pilih Memulihkan. Setelah itu, Anda juga dapat memilih lebih dari satu item dengan menggunakan kombinasi tombol ctrl pada keyboard, lalu klik kiri pada file atau folder yang ingin Anda pulihkan.

mengembalikan file yang terhapus 3


Perlu diketahui, file yang ada di Recycle Bin juga bisa dihapus, jadi untuk menghindari hal ini, klik kanan padanya Tempat Sampah ->> Properti.

mengembalikan file yang terhapus 4

Kemudian centang menampilkan dialog konfirmasi penghapusan agar komputer/laptop selalu memberikan notifikasi ketika file yang ada di Recycle Bin dihapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Command Prompt

Jika dengan cara diatas Anda tidak bisa memulihkan file yang hilang, karena file sudah terhapus dari Recycle Bin, maka Anda bisa mengembalikannya menggunakan Command Prompt.


  • Langkah pertama buka Command Prompt dengan mengetik cmd di menu mulai Windows.
  • Kemudian klik kanan pada cmd dan pilih Jalankan sebagai administrator.

mengembalikan file yang terhapus 5

  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, lalu ketik chkdsk X: /fdan ganti X dengan jenis drive dari file yang dihapus. Jenis Memasuki
  • Lalu ketik ATTRIB -H -R -S /S /DX:*.*. (mengubah X dengan nama drive Anda). Selanjutnya akan berlangsung proses pemulihan file dan folder yang terhapus. Selama proses pemulihan, jangan menyimpan, menghapus, atau memindahkan file apa pun di komputer Anda. Langkah ini dilakukan untuk menghindari file tertimpa oleh file yang masih ada di penyimpanan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan File History

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah dengan fitur File History, namun fitur ini hanya tersedia di OS Windows 10 dengan menggantikan Backup and Restore yang ada di OS Windows 8 dan Windows 7.

Namun agar fitur File History dapat berfungsi, lakukan backup terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk mencegah hilangnya file Anda. Begini caranya:

Langkah pertama adalah membuka menu pengaturan –>> pilih Pembaruan & Keamananlalu klik cadangan ->> Tambahkan drive.

mengembalikan file yang terhapus 6

Selanjutnya akan muncul daftar partisi harddisk atau penyimpanan eksternal yang digunakan untuk menyimpan file backup. Kemudian klik partisi drive eksternal yang Anda pilih.

mengembalikan file yang terhapus 7

Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa jika Anda tidak dapat meletakkan file cadangan pada partisi yang sama, jika komputer Anda hanya memiliki satu partisi, Anda dapat menggunakan drive atau penyimpanan eksternal.

Jika ingin backup dilakukan secara berkala, maka aktifkan Secara otomatis membuat cadangan file saya.

mengembalikan file yang terhapus 8

Selanjutnya Anda dapat mengklik tombol tersebut Lebih banyak pilihan untuk mengatur interval pencadangan, direktori yang ingin Anda cadangankan, atau durasi penyimpanan.

mengembalikan file yang terhapus 9

Kemudian, untuk mengembalikan backup yang Anda buat, Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan File History pada Search Menu di Start Menu, lalu klik kanan pada ikon File History dan pilih Restore.

mengembalikan file yang terhapus 10

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Recuva

Jika Anda tidak bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan cara-cara di atas, cara selanjutnya adalah menggunakan software pihak ketiga, salah satunya adalah Recuva Software.

Recuva merupakan salah satu software recovery yang populer untuk memulihkan file yang hilang di komputer/laptop. Kita bisa mendownload dan menggunakan software Recuva secara gratis maupun premium. Dalam versi gratis, Anda dapat memulihkan file tanpa batas. Berikut cara menggunakannya.

Download terlebih dahulu dan install software Recuva. Selanjutnya buka aplikasinya dan klik scan untuk memindai partisi asal file yang akan direstore. Selanjutnya tunggu hingga prosesnya selesai.

recuva 1

Setelah proses selesai, Recuva akan menampilkan hasil file yang terhapus pada partisi yang dipilih sebelumnya. Centang file yang ingin Anda pulihkan, lalu klik Pulih di pojok kanan bawah. Dan aplikasi akan menemukan file Anda.

recuva 2

Perlu diketahui bahwa tidak semua file yang terhapus dapat ditemukan. Perhatikan kolom State, jika ada file dengan state “Tidak pasti” maka file tersebut tidak dapat dikembalikan, salah satu penyebabnya adalah karena file tersebut tertindih dengan file lain.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Disk Drill

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen adalah dengan menggunakan software Disk Drill, software ini hanya menyediakan penyimpanan sebesar 500 MB saja, namun disk bor akan langsung mengelompokkan hasil scannya. Begini caranya.

recovery disk drill 1

Pertama unduh dan instal perangkat lunak Disk Drill, lalu pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan Semua.

recovery disk drill

Demikianlah informasi yang diberikan mengenai Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen baik dari cara tanpa software maupun cara menggunakan software pihak ketiga. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Comment
Share:

Ad