Cara Menghitung Skala Peta Lengkap dengan Contoh Soal

Saat membaca peta, tentunya Anda akan memperhatikan bahwa terdapat skala peta yang biasanya berada di ujung bawah atau ujung atas. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan skala peta? Skala peta adalah perbandingan antara ukuran di peta dengan ukuran sebenarnya di bumi.

Agar Anda lebih memahami materi skala peta, Anda bisa simak artikel kali ini yang akan membahas cara menghitung skala peta dan rumusnya, lengkap dengan penjelasan pengertian, jenis, fungsi, dan contoh soal skala peta.

Pengertian Skala Peta

Sebelum masuk ke pengertian skala peta, terlebih dahulu kita akan membahas tentang peta. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan gambaran permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Saat ini, peta tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk cetak, tetapi juga dalam bentuk digital, salah satunya yang paling populer adalah melalui Google Maps.

Sementara itu, mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skala peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Jadi, dapat dilihat bahwa skala peta ditulis dengan perbandingan ukuran jarak sebenarnya di Bumi yang dikurangi sesuai dengan skala yang tertulis di peta.

Oleh karena itu, saat menggambar peta, jangan sembarangan. Anda harus menggambar peta sesuai dengan jarak sebenarnya di Bumi yang diatur pada skala tersebut.

Jenis Skala Peta

Ternyata skala peta dapat ditulis dalam berbagai bentuk. Berikut adalah jenis-jenis skala peta:

1. Angka atau skala numerik

Sesuai namanya, angka atau skala numerik ditulis dengan angka. Ini adalah jenis skala peta yang paling sering ditemui.

2. Skala garis atau grafik

Berikutnya adalah skala garis atau grafik. Skala ini ditulis dengan menggunakan garis lurus yang akan dibagi per segmen. Sedangkan setiap ruas yang digambar pada skala garis memiliki ukuran jarak sebenarnya di Bumi, ada juga yang berukuran per ruas.

3. Skala verbal

Jenis skala peta yang terakhir adalah skala verbal yang ditulis dengan menggunakan kalimat. Biasanya yang menggunakan skala verbal adalah peta dalam bahasa Inggris, sehingga biasa disebut dengan “Inch Mile Scale”.

Skala peta Indonesia jarang menggunakan jenis skala verbal, lebih banyak dijumpai dengan skala angka dan garis.

rumus skala peta

Menulis skala peta ternyata ada aturannya. Di bawah ini adalah rumus yang dapat Anda gunakan untuk menulis skala peta:

Skala = Jarak di peta: Jarak sebenarnya di Bumi

Sedangkan ketika Anda ingin melihat rumus sebenarnya di permukaan bumi dari peta yang Anda lihat, maka gunakanlah rumus berikut ini.

Jarak sebenarnya di Bumi = Jarak di peta : Skala

Selanjutnya pada saat menggambar gunakan rumus skala gambar peta di bawah ini.

Jarak di peta = Skala x Jarak sebenarnya di bumi

Dari ketiga rumus di atas, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Fungsi skala peta

Fungsi skala peta adalah memproyeksikan ukuran sebenarnya di bumi dan ukuran di peta, atau sebaliknya.

Penulisan angka pada skala peta dipilih dengan angka yang mudah diproyeksikan atau dihitung, misalnya 100, 500, 1.000, atau 100.000. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca memproyeksikan.

Contoh skala peta

Sebagai ilustrasi skala peta, berikut adalah beberapa contoh skala peta berdasarkan jenisnya.

1. Skala bilangan

Contoh skala numerik sangat mudah ditemukan pada peta-peta yang beredar di Indonesia. Misalnya skala peta kadaster adalah 1 : 100, artinya setiap 1 cm pada peta sama dengan 100 cm jarak sebenarnya di bumi.

Contoh lain, diketahui skala geografis peta adalah 1:1.000.000, artinya 1 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm atau 10 km jarak sebenarnya di Bumi.

2. Garis skala

Anda dapat melihat contoh skala garis pada gambar skala peta di bawah ini. Sama seperti ciri-ciri skala garis yang telah dijelaskan di atas, skala garis digambar dengan ruas-ruas dan setiap ruas dilengkapi dengan ukuran sebenarnya di Bumi.

Pada contoh gambar di atas, pengertian skala adalah setiap 1 cm di peta sama dengan 1 km di bumi.

3. Skala verbal

Skala verbal umumnya ditemukan di peta bahasa Inggris. Misalnya, 1 inci sampai 5 mil, yang berarti 1 inci di peta mewakili 5 mil di permukaan Bumi yang sebenarnya.

Cara membaca skala peta

Di bawah ini adalah beberapa contoh cara membaca skala peta berdasarkan jenisnya.

Cara membaca skala numerik

Setelah membaca materi di atas, tentunya Anda sudah mengetahui cara membaca skala peta. Misalnya peta kalimantan skala 1 : 10.000.000, artinya 1 cm di peta sama dengan 10 juta cm atau 100 km jarak sebenarnya. Jika jarak kedua kota pada peta adalah 2 cm, maka jarak sebenarnya di bumi adalah 200 km.

Cara membaca skala garis

Lalu, saat Anda menggunakan skala garis, sebenarnya cukup mudah dibaca. Seperti pada contoh di atas, Anda hanya perlu membandingkan angka yang tertulis dengan ukuran ruas (biasanya 1 ruas sama dengan 1 cm). Misalnya pada contoh pada skala garis di atas artinya 1 cm di peta sama dengan 1 km jarak sebenarnya di Bumi. Atau bisa jadi 3 cm di peta sama dengan 3 km di Bumi.

Cara membaca skala verbal

Skala verbal biasa menggunakan satuan mil dan inci. Hal ini dikarenakan skala verbal biasa digunakan oleh masyarakat Inggris dan sekitarnya yang lebih mengenal satuan ini. Misalnya, skala peta dunia menunjukkan 1 inci hingga 10 mil. Artinya, 1 inci di peta mewakili 10 mil jarak sebenarnya di Bumi.

Jika dikonversi dalam satuan cm menjadi 2,54 cm pada peta sama dengan 1.609.344 cm atau 1,6 km jarak sebenarnya di bumi.

Cara menghitung skala peta

Bagaimana cara menghitung skala peta? Rumus-rumus yang telah dibagikan diatas dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, apakah anda ingin menentukan ukuran skala peta, mengukur jarak sebenarnya, atau mencari jarak pada peta. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat beberapa contoh soal yang akan dibahas di bawah ini.

Contoh soal skala peta

Berikut adalah beberapa contoh perhitungan skala peta yang dapat menambah pemahaman Anda tentang materi ini.

Contoh soal 1

Jarak kota A dan B pada peta 5 cm. Sedangkan jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut diketahui 10 km. Skala apa yang harus ditulis pada peta?

Menjawab:

Skala = Jarak di peta : Jarak sebenarnya di Bumi = 5 cm : (10 km x 100.000) = 5 cm : 1.000.000 cm = 1 : 200.000

Jadi skala pada peta dapat ditulis 1 : 200.000.

Contoh soal 2

Anda diminta untuk menggambar peta Indonesia pada kertas A4. Berapa skala peta Indonesia pada kertas A4?

Menjawab

Diketahui panjang kertas A4 adalah 29,7 cm. Sedangkan panjang wilayah Indonesia sekitar 510 km atau 510.000.000 cm. Anda dapat membuat gambar wilayah Indonesia dengan panjang 25 cm pada peta, sehingga skalanya dapat ditulis sebagai:

Skala = Jarak di peta : Jarak sebenarnya di Bumi = 25 cm : 510.000.000 = 1 : 20.400.000

Jadi skala pada peta dapat ditulis 1 : 20.400.000

Contoh soal 3

Selain untuk menghitung jarak, skala peta juga dapat digunakan untuk menghitung ketinggian yang disebut skala peta kontur atau skala peta topografi.

Misalnya, ada peta topografi dengan interval kontur (selisih tinggi antara dua garis kontur) 50 meter. Untuk menentukan skala peta kontur dapat menggunakan rumus berikut:

Kontur Interval (CI) = 1/2000 x penyebut skala

50 = 1/2000 x penyebut skala

skala penyebut = 100.000

Jadi, skala peta kontur adalah 1 : 100.000.

Demikian penjelasan materi skala peta. Jika Anda membutuhkan pemahaman yang lebih dalam, Anda dapat bergabung dengan Quipper Video Bimbel Online. Di sana, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai materi pelajaran sekolah yang dijelaskan oleh Guru Super. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan soal-soal latihan lengkap dengan pembahasannya yang bisa digunakan untuk mengukur kemampuanmu. Apa yang kamu tunggu? Gabung Bumbel Online Quipper Video sekarang juga!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *