Table of contents: [Hide] [Show]

Cara Pengisian Nilai Raport di Dapodik – Berdasarkan POS (Standar Operasional Prosedur) pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 disebutkan bahwa penyelenggara Ujian Nasional wajib menyetorkan raport semester 1 sampai semester 5 melalui aplikasi Dapodik.

Nilai yang harus disetor adalah nilai mata pelajaran yang diujikan dalam program Ujian Nasional paling lambat 2 (dua) minggu sebelum Ujian Nasional dilaksanakan. Namun pada tahun 2021, program Ujian Nasional diganti dengan Penilaian Nasional.

Operator sekolah wajib mengetahui cara menginput nilai rapor ke dalam aplikasi dapodik. Nah, buat kamu yang belum tahu, yuk simak ulasan di bawah ini terkait cara memasukkan raport di Dapodik.

Baca juga:

Cara pengisian nilai rapor di Dapodik

Cara pengisian nilai rapor di Dapodik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut adalah cara-cara mengisi nilai rapor di aplikasi Dapodik dengan mudah dan cepat, antara lain:

  • Buka aplikasi Dapodik di laptop Anda. Jika Anda belum memiliki aplikasinya, Anda dapat langsung mengakses tautan berikut: https://dapo.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian unduh terlebih dahulu Rapor Dapodik Prefill dan letakkan di file Direktori (C:). Bagi Anda yang belum mengetahui cara download Laporan Prefill Dapodik, Anda bisa mengeceknya DI SINI.
  • Jika sudah, Anda kembali ke halaman awal Aplikasi Dapodik. Kemudian, pilih menu “Settings” dan klik “Prefill Report Card”. Seperti gambar di bawah ini.
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Kemudian akan muncul halaman dengan kolom untuk diisi Username, Password dan Password Confirmation. Setelah itu klik “Masukkan Data”. Tunggu hingga proses selesai.
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Tahap selanjutnya, klik menu “Sub Value”, lalu pilih menu “Report”. Selanjutnya, klik menu “Semester” dan pilih semester yang ingin diisi. Kemudian, pilih menu “Kelas” yang terletak di sebelah menu “Semester” dan pilih sesuai dengan kelas yang ingin diisi.
  • Kemudian, klik menu “+ add” untuk memilih Subyek. Pada tahap ini sebaiknya urutan mata pelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan.
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Isikan kolom yang tersedia sesuai peraturan sekolah mulai dari Urutan Mata Pelajaran sampai Nilai KKM. Kemudian klik “Simpan”. Lakukan langkah ini sampai semua mata pelajaran selesai.
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Untuk memasukkan nilai dari suatu mata pelajaran menurut semester tertentu, Anda dapat melakukannya dengan mengklik dua kali pada mata pelajaran yang Anda inginkan. Maka akan muncul halaman yang berisi data seluruh siswa.
  • Kemudian klik menu “Ekspor dan Impor”. Setelah anda klik, selanjutnya pilih Download Excel Format for Import seperti gambar dibawah ini :
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Setelah itu, buka file excel dari Maple yang ingin diisi nilainya. Jika sudah selesai, maka simpan dokumen tersebut. Selanjutnya upload file rapor dengan mengklik kembali menu “Export and Import”. Kemudian pilih “Impor dari Excel”.
  • Selanjutnya, buka file penyimpanan rapor, lalu klik “Pilih Excel” dan klik tombol “Impor”.
Cara Pengisian Nilai Rapor di Dapodik
  • Ulangi sampai semua mata pelajaran telah diimpor. Sejauh ini, proses pengisian rapor di aplikasi Dapodik sudah selesai.

FAQ

Apakah wajib memasukkan nilai rapor di aplikasi Dapodik?
Berdasarkan POS (Standar Operasional Prosedur) pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 disebutkan bahwa penyelenggara Ujian Nasional wajib menyetorkan raport semester 1 sampai semester 5 melalui aplikasi Dapodik.

Jika sekolah mengirimkan nilai rapor setelah ujian berlangsung, apakah itu mungkin?
Tentu bisa, tapi harus segera dilakukan. Sebab, nilainya akan dicantumkan dalam ijazah.

Apa yang akan terjadi jika Anda tidak mengirimkan Nilai Rapor?
Selama ini banyak satuan pendidikan yang tidak menyerahkan raport dengan berbagai alasan. Sampai saat ini belum ada peringatan atau sanksi yang diberikan, jadi sampai saat ini masih aman jika tidak mengirimkan nilai rapor.

Nah itu dia langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengisi Nilai Rapor di aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat ????

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *