PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Cara Responsif Budaya untuk Mengajarkan Sejarah Thanksgiving

Cara Responsif Budaya untuk Mengajarkan Sejarah Thanksgiving

shutterstock 1815068831 crop scaled

Dengan semakin dekatnya Thanksgiving, para pendidik bergulat dengan cara mengajar siswa mereka tentang Thanksgiving pertama dengan cara yang menghormati semangat liburan dan secara historis akurat dan bertanggung jawab.

Kisah yang biasanya diceritakan oleh para pendidik tentang Thanksgiving pertama sama dengan apa yang didengar kebanyakan orang Amerika saat tumbuh dewasa. Peziarah tiba pada tahun 1620 dan mengalami musim dingin yang sulit. Penduduk asli Amerika, khususnya Wampanoag, membantu mengajari mereka menanam tanaman keras. Setelah panen yang sukses, mereka merayakan persahabatan mereka dengan pesta yang kemudian dikenal sebagai Thanksgiving pertama. Kami menceritakan kisah ini karena mudah untuk diceritakan, meskipun tidak menjadi pelajaran sejarah yang kaya dan menarik.

Ketika saya pertama kali menjadi guru, saya tahu bahwa pemahaman saya tentang sejarah penduduk asli Amerika terbatas, jadi saya memulai proses panjang namun bermanfaat untuk mendidik diri saya sendiri dengan membaca artikel yang ditulis oleh suara-suara penduduk asli yang membagikan perspektif mereka tentang hari libur nasional ini dan artikel tentang sejarah penduduk asli Amerika. Penelitian awal ini mengilhami saya untuk terus bertanya dan mencari cara yang bertanggung jawab secara budaya dalam mengajar siswa sekolah menengah dan atas tentang sejarah AS. Saya harap saran ini bermanfaat bagi Anda saat kita memasuki bulan November, Bulan Warisan Penduduk Asli Amerika.

Pelajaran desain yang mencakup pengetahuan penduduk asli Amerika

Smithsonian’s National Museum of the American Indian (NMAI) mengundang kita untuk memikirkan kembali perayaan Thanksgiving dan berhati-hati untuk tidak mengabadikan stereotip atau salah menggambarkan tradisi penduduk asli Amerika—tradisi kompleks yang dikembangkan selama ribuan tahun yang unik untuk setiap suku.

Ciptakan pelajaran yang mencakup pengetahuan Pribumi dan rayakan kekayaan budaya Pribumi melalui seni, sastra, dan makanan Pribumi Amerika sambil merayakan Thanksgiving. Situs web Smithsonian menawarkan daftar kurasi dari beberapa rencana pelajaran, kegiatan, dan sumber daya yang peka budaya untuk pendidik.

Sumber daya ini termasuk panduan belajar bagi guru yang mengeksplorasi konteks faktual upacara panen dan poster pengajaran yang dikembangkan oleh NMAI yang mengkaji makna lebih dalam dari liburan Thanksgiving bagi penduduk asli Amerika melalui tema lingkungan, komunitas, pertemuan, dan inovasi.

mendiskusikan perspektif penduduk asli Amerika tentang Thanksgiving

Dalam berbicara tentang sejarah, kita mungkin salah mengirim pesan kepada siswa bahwa penduduk asli Amerika hanya ada di masa lalu. Moroni Benally, warga negara Diné Nation dan pakar kebijakan publik yang telah melakukan banyak pekerjaan dengan Navajo Nation dan komunitas Pribumi di seluruh dunia, membagikan perspektifnya tentang bagaimana kita dapat secara akurat dan penuh hormat mengajari anak-anak tentang penduduk asli Amerika, Peziarah, dan Thanksgiving pertama . Benally mengingatkan kita bahwa dengan menceritakan kembali dan tidak mengoreksi apa yang dia sebut sebagai “mitos Thanksgiving”, kita sedang mengajari anak-anak bahwa sejarah dan perspektif penduduk asli Amerika tidak penting.

Meskipun sebagian besar penduduk asli Amerika tidak tinggal di reservasi, beberapa reservasi memiliki pusat budaya yang menawarkan program dan materi pendidikan untuk pendidik. Beberapa program termasuk tur pendidikan yang dipimpin oleh pemandu untuk siswa, kegiatan langsung, dan pameran seni dan kerajinan tradisional penduduk asli Amerika. Pencarian Google untuk pusat suku dan museum penduduk asli Amerika di daerah Anda adalah tempat yang baik untuk memulai. Indigenous World, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menghubungkan orang-orang dengan seni, budaya, ide, dan identitas unik masyarakat Pribumi saat ini, juga mencantumkan organisasi budaya Pribumi utama yang menyediakan sumber daya pendidikan.

Teliti sejarah tanah yang Anda huni

Native Land Digital, sebuah organisasi nirlaba Kanada yang dipimpin oleh Penduduk Asli Kanada, menawarkan peta digital dan panduan Pengakuan Wilayah. Peta digital ini adalah alat yang dimaksudkan untuk menciptakan dan menumbuhkan percakapan tentang sejarah kolonialisme, cara mengenal Pribumi, dan hubungan pemukim-Adat.

Akses peta dengan memasukkan alamat atau menjelajahi tampilan wilayah Adat (resmi dan tidak resmi) di seluruh dunia. Klik lokasi dan berbagai nama negara muncul, dan Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kompleks tanah dan setiap negara, bahasa, atau perjanjian yang terkait dengannya.

Bongkar detailnya

Menurut sejarawan, rincian sederhana yang umumnya dipercaya tentang makanan Thanksgiving yang terkenal tidak sepenuhnya benar. Kisah Thanksgiving pertama yang lebih akurat, seperti yang ditunjukkan Benally dalam artikelnya, mungkin memerlukan hal-hal berikut. Merayakan panen mereka, para peziarah menembakkan senjata dan meriam. Wampanoag merespons dengan mengirimkan 90 prajurit sebagai tanggapan atas tembakan tersebut. Wampanoag kemungkinan tidak diundang tetapi hanya merusak pesta. Sejarawan kuliner percaya makanan itu termasuk makanan laut.

Liz Kleinrock, seorang pendidik dan penerima Penghargaan Toleransi Pengajaran 2018 untuk Keunggulan dalam Pengajaran, mengundang kita untuk mempertimbangkan untuk berbagi bagaimana pemahaman kita tentang sejarah dan perspektif telah berubah dari waktu ke waktu. Sejarah tidak tetap—sebaliknya, ia terus-menerus dalam proses penyempurnaan.

Lagi pula, subjek sejarah (lebih tepat disebut studi sosial) adalah studi tentang orang dan hubungan daripada kronik peristiwa. Dan, untungnya, orang berubah. Menurut Kleinrock, bagian penting dari pengajaran sejarah adalah memberi contoh kepada siswa bagaimana pemikiran kita dapat berubah. Misalnya, kita dapat mengatakan, “Dulu saya percaya ____, tapi sekarang saya percaya ____.” “Dulu saya berpikir ____, tapi sekarang saya ____.”

Dengan merangkul pola pikir ini, mengajar tentang Thanksgiving dapat menjadi momen pembelajaran yang otentik dan kuat bagi siswa kita—dan diri kita sendiri.

Peta yang menunjukkan distribusi suku asli Amerika sebelum penjajahan

Comment
Share:

Ad