PUSATDAPODIK.COM | Guru telah lolos tahap seleksi administrasi, maka langkah selanjutnya bagi peserta yang lulus dapat melanjutkan tahapan sistem seleksi selanjutnya yaitu seleksi kesesuaian dan kompetensi.

Khusus untuk guru PPPK 2022 ada kategori yang diberikan yaitu pelamar prioritas dan pelamar umum. Setiap pelamar harus melalui proses seleksi yang terencana.

Pelaksanaan seleksi PPPK tahun 2022 telah dijadwalkan hingga awal tahun 2023 bagi peserta yang ingin mengikutinya.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Grub E: Samurai Biru Menang 2-1 Atas Spanyol

Seleksi Kesesuaian

Ini merupakan ujian yang diberikan kepada pendaftar prioritas II dan III, yaitu tenaga honorer kategori dua dan guru honorer yang telah terdaftar selama tiga tahun. Uji kesesuaian meliputi kompetensi profesi, sosial, pedagogik, dan kepribadian yang penilaiannya dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dan BKPSDM kabupaten/kota, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru senior.

Seleksi Kompetensi

Pada tahap ini dilakukan oleh pelamar kategori umum yaitu guru honorer di sekolah negeri dan swasta serta lulusan PPG yang sudah terdaftar di Dapodik. Seleksi ini mempertimbangkan kompetensi teknis dan manajerial serta sosial budaya.

Baca Juga: Peredaran Narkoba, Orang Ini Ditangkap Polisi

Tentunya ada berbagai tahapan yang harus dilalui oleh tenaga honorer dan masyarakat umum bagi yang ingin mendaftar menjadi PPPK tahun 2022 menjadi ASN berstatus PPPK.

Bagi pendaftar PPPK Tahun 2022 yang masuk dalam kategori pendaftar umum termasuk penyandang disabilitas harus lolos seleksi dengan sistem penilaian yang telah ditentukan oleh pemerintah sebelumnya.

Untuk soal, perlu diketahui sistem penilaian, jumlah soal, hingga waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal seleksi tiap substansi seleksi di PPPk 2022.

Baca Juga: Geger! Sekelompok Monyet Ekor Panjang Turun Gunung, Pertanda Bencana Alam?

Terkait hal tersebut, BKN menyampaikan melalui informasi persiapan seleksi kompetensi PPPk tahun 2022 dan dapat menjadi acuan bagi seluruh pelamar PPPk tahun 2022.

Informasi BKN terkait soal seleksi terhadap sistem penilaian yang berpedoman pada Kepmen PANRB Nomor 1128 Tahun 2021 dan Kepmen PANRB Nomor 968 Tahun 2022.

Berikut penjelasan jumlah soal, waktu pengerjaan soal dan sistem penilaian pada seleksi PPPK 2022. Simak ulasannya sebagai berikut:

Baca Juga: Cek Upah Minimum Provinsi NTT 2023

Untuk substansi seleksi kompetensi teknik terdiri dari 90 soal dengan skor maksimal 450. Bobot penilaian yang diterapkan adalah jika benar akan mendapat nilai tambahan 5 poin dan jika salah atau tidak menjawab maka akan mendapatkan nilai 0 poin.

Untuk substansi seleksi kompetensi manajerial terdiri dari 25 soal dengan skor maksimal 200. Untuk bobot penilaiannya sendiri kisaran nilai tambahannya adalah 1 sampai dengan 4 poin. Jika peserta tidak menjawab, dia akan mendapat 0 poin.

Untuk seleksi kompetensi sosial budaya terdiri dari 20 soal dengan skor maksimal 200. Bobot penilaian yang diterapkan berkisar antara 1 sampai dengan 5 poin ditambah dan jika tidak menjawab akan mendapatkan nilai 0 poin.

Baca Juga: Ternyata Arti Tahi Lalat di Hidung Pertanda Karir Bagus dan Penggoda Suka Merayu

Untuk substansi wawancara terdiri dari 10 soal dengan skor maksimal 40. Bobot dalam penilaian ini yang diterapkan adalah rentang nilai tambah 1 sampai dengan 4 poin. Jika peserta tidak menjawab, skor akan menjadi 0 poin.

Dari keempat substansi yang telah dijelaskan di atas, jumlah soal sebanyak 145 soal dengan total skor maksimal 690.

Adapun hubungan waktu pengerjaan, seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, dan seleksi kompetensi sosial budaya, waktunya 120 menit untuk masyarakat umum dan 150 menit untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga: Demi Peningkatan Mutu, 40 Guru di Manggarai Timur Terima Bantuan dari Badan Bahasa

Sedangkan untuk pertanyaan wawancara dapat dilakukan dalam waktu 10 menit untuk pelamar kategori umum dan 15 menit untuk penyandang disabilitas.

Berdasarkan jumlah menit, total waktu pelamar mengerjakan soal adalah 130 menit untuk kategori umum dan 165 menit untuk pelamar penyandang disabilitas.

Sumber: Naikpangkat.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *