Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS – EMIS atau singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pendidikan adalah sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk memudahkan dalam mengumpulkan data terkait Madrasah, Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam.

Dulu, pendataan EMIS masih dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan dikirim melalui email. Namun seiring berjalannya waktu, pendataan EMIS dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis web.

Sebelum kita masuk ke pembahasan materi, apakah anda sudah mengetahui cara mendaftar EMIS? Nah untuk itu mari simak uraian dibawah ini mengenai langkah-langkah Registrasi EMIS :

Cara Mendaftar EMIS

Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendaftar Education Management Information System (EMIS), yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah mengakses tautan pendaftaran Emis berikut: http://emispendis.kemenag.go.id/registrasi/reg/
  • Jika sudah masuk ke website tersebut, pada halaman tersebut pilih tombol “Registrasi” kemudian pilih posisi sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai contoh disini saya pilih “Operator Madrasah”.
Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS
  • Kemudian, pada halaman pendaftaran, isi data diri Anda dengan lengkap dan benar.
Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS
  • Jika sudah mengisi data, di pojok kiri bawah klik tombol “Daftar”.
Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS
  • Setelah itu anda tinggal menunggu proses pendaftaran selesai.

Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS

Jika Anda sudah terdaftar di website EMIS, langkah selanjutnya adalah mengecek status pendaftaran Anda apakah sudah aktif atau belum.

Baca juga:

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek status pendaftaran akun EMIS Anda, antara lain:

  • Adapun pada saat mendaftar, Anda diminta untuk mengakses situs resmi EMIS PENDIS sebagai berikut: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/status.php
  • Setelah masuk ke halaman situs web EMIS, Anda diminta untuk memasukkan alamat “Email” yang Anda daftarkan sebagai Akun EMIS. Kemudian klik “Cari”.
Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS
  • Kemudian akan muncul tabel yang berisi informasi apakah Akun EMIS yang Anda daftarkan Aktif atau tidak. Seperti pada gambar berikut:
Cara Memeriksa Status Pendaftaran EMIS

FAQ

Apa itu EMIS?

EMIS atau singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pendidikan adalah sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk memudahkan dalam mengumpulkan data terkait Madrasah, Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam.

Untuk apa Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS)?

EMIS adalah metode manajemen formal yang digunakan untuk menyediakan informasi pendidikan yang akurat dan tepat waktu sehingga perencanaan, pengambilan keputusan, pengembangan proyek dan fungsi manajemen pendidikan lainnya dapat dilakukan secara efektif.

Tujuan dibuatnya EMIS adalah?

EMIS bertujuan untuk mendukung sekolah-sekolah atau madrasah-madrasah yang berada di bawah kendali Kementerian Agama agar lebih mudah memberikan laporan kemajuan sekolahnya. Selama ini sistem lama cukup bermasalah, terutama untuk mengetahui perkembangan terkini dan data madrasah terkini di seluruh Indonesia.

Demikian ulasan pada artikel kali ini semoga bermanfaat sobat RumusRumus. Terima kasih

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *