PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Untuk Lamaran Kerja 2023

Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Untuk Lamaran Kerja 2023

Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Untuk Lamaran Kerja 2023

Ingin melamar pekerjaan dan masih bingung dengan contoh curriculum vitae, maka kami akan membantu Anda. Ayovacsindinkeskdi.id akan membantu Anda dengan memberikan contoh dari curriculum vitae yang ada. Simak terus pembahasannya.

Jika ingin melamar pekerjaan, akan ada banyak dokumen yang dibutuhkan. Sekarang. salah satunya dan yang penting untuk dimiliki atau dibawa adalah curriculum vitae ini. Pasalnya, Anda akan memperkenalkan diri secara singkat dengan menggunakan curriculum vitae ini.

Mungkin pada zaman dahulu akan sedikit sulit ya untuk melihat contoh-contoh biografinya. Namun, jika di zaman sekarang ini sepertinya Anda tidak akan kesulitan lagi. Karena saat ini sudah ada daftar riwayat hidup di internet.

Langsung saja anda bisa melihatnya seperti artikel kami kali ini yang akan memberikan contohnya kepada anda. Namun tidak hanya contoh, Anda juga akan dapat melihat atau menemukan banyak hal menyenangkan. Lanjut ke pembahasan selengkapnya.

Klarifikasi Curriculum Vitae

sampel-hidup-sejarah-daftar

Mungkin sebelum membuat curriculum vitae masih banyak yang belum mengetahui tentang penjelasan mengenai curriculum vitae ini. Bukankah begitu? Nah, untuk memudahkan dan memudahkan Anda dalam membuat resume, Anda bisa melihat pembahasannya.

Nah, curriculum vitae ini merupakan salah satu hal atau dokumen yang sangat penting untuk Anda cantumkan dalam lamaran kerja Anda. Biasanya perusahaan juga akan meminta Anda mengirimkan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan ini.

Curriculum Vitae adalah dokumen yang memuat fakta-fakta tentang si pembuat Curriculum Vitae itu sendiri. Daftar riwayat hidup akan berisi semua yang terjadi dalam hidup Anda. Mulai dari data diri Anda, pengalaman apa saja yang sudah Anda miliki, hingga skill yang Anda miliki.

Namun, untuk menulis atau membuat daftar riwayat hidup Anda harus melakukannya dengan jujur. Karena jika tidak jujur, maka curriculum vitae yang dibuat akan menjadi tidak valid. Selain itu, nantinya curriculum vitae ini akan mempersulit Anda dalam melakukan pekerjaan tersebut karena ya, data yang tertulis adalah palsu.

Pada hakekatnya, curriculum vitae ini bisa dikatakan sebagai dokumen yang menggambarkan gambaran kehidupan seseorang secara sangat-sangat detail. Oleh karena itu, nantinya Anda akan bisa langsung menuangkan banyak hal dalam resume Anda.

Untuk menulis curriculum vitae, nantinya Anda harus membuat atau menuliskannya dengan benar. Tidak diperkenankan menggunakan daftar riwayat hidup ini. Pasti anda bingung bagaimana cara menulis curriculum vitae ini?

Sekedar informasi, curriculum vitae ini bisa ditulis dengan dua cara, yaitu diketik dan juga tulisan tangan. Cara penulisan resumenya tergantung pada permintaan dari perusahaan tempat Anda mendaftar. Jika perusahaan meminta Anda untuk menulis tangan, Anda harus menulis tangan dan sebaliknya. Ayolah.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Curriculum Vitae dengan Tulisan Tangan

sampel-hidup-sejarah-daftar

Seperti yang kami katakan di atas, ya. Jika ingin membuat curriculum vitae sesuai permintaan dari perusahaan. Apakah Anda ingin diminta untuk menulis daftar riwayat hidup dengan tangan atau diketik. Anda bisa membuat resume dengan mudah lho, mau pakai cara apa saja.

Nah, pada bagian yang satu ini, kami akan memberikan informasi tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan curriculum vitae ini. Jadi, di Curriculum Vitae tulisan tangan ini harus hati-hati ya? Karena dari tulisan tangan inilah nantinya perusahaan akan menilai Anda.

Yap, HRD akan menilai Anda dari daftar riwayat hidup tulisan tangan yang Anda serahkan ke perusahaan. HRD juga akan dapat menilai kesungguhan Anda dalam melamar pekerjaan di perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Melihat dari pentingnya daftar riwayat hidup untuk penilaian dan nilai tambah juga, oleh karena itu, Anda harus merujuk pada pembahasan di bawah ini. Kami akan memberikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar nantinya anda dapat membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

  • Yang paling penting adalah Anda memastikan bahwa kertas yang Anda gunakan untuk menulis bersih dan bebas dari coretan apapun.
  • Anda harus menulis riwayat hidupnya dengan tulisan tangan Anda sendiri. Jangan pernah meminta bantuan orang lain untuk menuliskan resume-nya.
  • Buatlah curriculum vitae dengan data yang jujur, sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan ya.
  • Jangan menggunakan kalimat yang rumit karena jika dilakukan akan membuat pembaca bingung dan sulit menangkap maksudnya. Oleh karena itu, Anda bisa membuatnya dengan bahasa yang singkat namun detail.
  • Untuk penulisan jangan terburu-buru agar hasil tulisan lebih maksimal. Soalnya kalau terburu-buru bisa jadi salah dalam penulisan dan ada coretan atau hal lainnya.

Bagian Yang Harus Ada Dalam Curriculum Vitae

sampel-hidup-sejarah-daftar

Jika Anda membuat curriculum vitae, maka nantinya Anda bisa membuat curriculum vitae dengan memperhatikan bagian-bagian di dalamnya. Nah, di atas sudah kami sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis daftar riwayat hidup.

Namun, tidak hanya itu yang bisa Anda gunakan nantinya, Anda juga harus memperhatikan bagian-bagian dalam curriculum vitae-nya. Jika Anda ingin membuat daftar riwayat hidup, maka Anda dapat melihat bagian-bagian di bawah ini.

Oya, untuk bagian-bagian yang ada di curriculum vitae-nya nanti bisa digunakan untuk menulis semuanya ya. Baik ditulis secara manual atau dengan tangan dan juga dengan mengetik. Mari kita lihat bagian-bagian di bawah ini, oke?

Data pribadi

Pertama, di curriculum vitae nanti kamu bisa membuat atau menulis data pribadi, ya. Pada data pribadi yang ada, nantinya Anda bisa langsung mengisi beberapa hal penting tentang diri Anda. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir dan lain-lain.

Intinya nanti di data diri kamu akan memperkenalkan diri secara detail dengan menuliskan beberapa hal penting. Untuk itu, Anda bisa langsung menuliskan data pribadi Anda menggunakan bahasa yang tepat, bukan? Supaya enak dibaca.

Bagian yang tidak terlalu penting dalam data pribadi ini adalah status, ya. Namun, ada beberapa lowongan kerja atau perusahaan yang sangat ingin memberikan pekerjaan kepada mereka yang tidak tahu statusnya, jadi Anda bisa menuliskannya sesuai permintaan, oke?

Latar belakang pendidikan

Bagian selanjutnya ini adalah bagian latar belakang dimana bagian ini meminta Anda untuk menuliskan berbagai jenjang pendidikan yang telah Anda jalani. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Sarjana dan lain-lain. Anda dapat memasukkan semua tingkat pendidikan yang Anda miliki.

Namun, untuk menuliskan pendidikan ini, Anda memang harus memasukkan nama sekolah serta hal lainnya. Karena jika tidak, itu akan membuat masalah, bukan?

Pengalaman yang Pernah Dimiliki

Dalam curriculum vitae, nantinya Anda bisa mencantumkan pengalaman yang pernah Anda miliki. Mau pengalaman apa saja bisa masuk, ya. Ini bisa berupa pengalaman yang Anda dapatkan saat mengenyam pendidikan formal atau di luar pendidikan formal.

Dapat sukarelawan, menjadi pemimpin dalam suatu organisasi atau yang lainnya. Jadi, Anda bisa menuliskan apa saja yang Anda alami dalam hidup Anda, bukan? Jangan lupa untuk menjelaskan secara singkat pengalaman tersebut.

Keterampilan atau Kemampuan

Nantinya kamu juga bisa memasukkan skill atau ability yang kamu miliki. Di satu sisi, keterampilan atau kemampuan yang Anda tulis di resume Anda penting. Karena skill atau ability yang dicantumkan akan memudahkan HRD untuk menyatakan bisa atau tidak mengisi lowongan tersebut.

Anda bisa memasukkan keahlian Anda di komputer atau hal-hal lain seperti itu. Atau kalau bisa atau menguasai bahasa asing, pasti bisa menulis juga lho.

Pengalaman kerja

Bagian selanjutnya adalah pengalaman kerja atau pernahkah Anda bekerja di mana saja sebelum mendaftar di suatu perusahaan. Nantinya pengalaman kerja ini bisa jadi pertimbangan juga lho. Karena HRD akan melihat kemampuan Anda juga.

Nah, bagi Anda yang hanya memiliki sedikit pengalaman kerja, maka Anda juga bisa menuliskan kegiatan magang yang pernah Anda lakukan. Bisakah Anda menuliskan semuanya dalam pengalaman kerja Anda? Tapi ingat, harus sesuai dengan fakta.

Bukti Surat dan Tanda Tangan

Terakhir, Anda bisa menuliskan keterangan surat tersebut, seperti tanggal dan juga tempat pembuatan curriculum vitae. Selain itu, Anda juga bisa mengisi tanda tangan Anda di bagian terakhir ini. Mengapa kami menuliskan keterangan dan juga tanda tangannya?

Sehingga nantinya para pembaca curriculum vitae dapat mengetahui di mana dan kapan pembuatan curriculum vitae tersebut. Selain itu, bagian ini juga akan mampu menunjukkan kesungguhan kita dalam membuat daftar riwayat hidupnya.

Contoh Curriculum Vitae Agar Mudah Melamar Pekerjaan

Download file doc file curriculum vitae –> Klik disini

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama :

Tempat / Tanggal Lahir :

Jenis kelamin :

Agama :

Kebangsaan :

Alamat:

Telepon :

Surel :

Latar belakang Kembali Pendidikan

Pendidikan formal

: SD…………

: Sekolah Menengah…………

: SMA………………

: Universitas……………….

Pendidikan non formal

:

:

Kemampuan

  • Mampu mengoperasikan perangkat lunak (Ms. Excel, Ms. Access, Ms. Word, MS Outlook dan Ms. Power Point, lainnya).
  • Menguasai bahasa Inggris secara pasif dan aktif baik secara tertulis maupun lisan

Pengalaman kerja

PT. Indah Jaya Motor

Periode : Juli 2021 – Maret 2022

Jabatan : Bagian Administrasi

Profesi:

  • Menerima dan menerbitkan faktur ke dan dari pemasok
  • Melakukan payroll karyawan setiap bulan.

Demikian Curriculum Vitae ini saya buat dan semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

salam saya,

Baca Juga Artikel Lainnya :

Awalnya diposting 21-11-2022 15:20:39.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad