Contoh Konjungsi Temporal atau Kronologi Tidak SederajatF

- Penulis

Senin, 11 September 2023 - 01:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Contoh Konjungsi Temporal atau Kronologi Tidak SederajatF

Contoh Konjungsi Temporal atau Kronologi Tidak SederajatF

Ayovaksindinkeskdi.id – Siapa di sini yang pernah berdiskusi tentang konjungsi temporal? Pastinya Anda sudah mulai mencari pembahasan lengkap mengenai konjungsi ini bukan? Baiklah kalau begitu, disini kami akan memberikan contoh konjungsi temporal secara lengkap. Ingin tahu pastinya bukan?

Nah, jika Anda ingin mengetahui banyak hal, Anda bisa mencarinya saja di internet. Karena dengan menggunakan internet yang ada, Anda akan lebih mudah dan menyenangkan dalam melihat hal-hal tertentu. Jika Anda ingin mencari ilmu apa pun, Anda pasti bisa melakukannya.

Oh iya, apalagi kalau kamu sedang mencari sesuatu yang berhubungan dengan studi. Pasti akan ada banyak sekali yang tersedia. Jadi, jika Anda ingin melakukan pembelajaran ini, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya. Seperti artikel ayovaksidinkeskdi.id kali ini akan bercerita tentang konjungsi temporal. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak juga?

Kalau begitu, pembahasannya akan segera kami sampaikan kepada Anda ya. Jangan tinggalkan banyak pembahasan di bawah ini. Karena itu sangat penting lho. Langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini. Jangan lewatkan itu.

Apa itu Konjungsi Temporal?

contoh-konjungsi-temporal

Mungkin Anda sudah tidak sabar untuk masuk ke pembahasan mengenai contoh-contoh tersebut bukan? Nah, kalian harus bersabar sejenak, karena jika kalian tidak mengetahui hal lain tentang konjungsi ini, kalian tidak akan terlalu percaya diri. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu konjungsi temporal.

Karena masih ada yang belum paham dan belum paham tentang konjungsi temporal kan? Namun kami akan menjelaskannya kepada Anda secara detail ya. Bahkan, kami akan jelaskan dulu pengertian konjungsinya ya.

Oke, konjungsi ini adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Jadi, nantinya dalam satu kalimat itu akan ada keterikatan yang kuat sekali. Selain itu, nantinya bisa digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya.

Iya, jadi kalau dalam kalimat penghubungnya tidak ada kata penghubung, bisa jadi akan menghasilkan kalimat yang tidak koheren. Oh begitu. Nah, setelah mengetahui tentang konjungsi itu sendiri, Anda juga harus mengetahui apa itu konjungsi temporal.

Jadi, konjungsi temporal ini merupakan salah satu konjungsi yang dapat digunakan dalam kalimat yang berhubungan dengan waktu. Nah, konjungsi ini akan bisa menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya sehingga suatu peristiwa bisa terhubung seperti itu lho.

Nantinya, kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah kalimat yang menyatakan suatu peristiwa, waktu, atau peristiwa. Biasanya konjungsi temporal ini juga banyak digunakan dalam teks prosedur lho. Apakah Anda ingin melakukan banyak hal seperti ini? Jika iya, Anda bisa simak pembahasan lainnya di bawah ini.

Dua Jenis Konjungsi Temporal yang Digunakan dalam Kalimat

contoh-konjungsi-temporal

Nah, jika Anda sudah mengetahui pengertian dari konjungsi tersebut, maka berikut ini kami akan memberi tahu Anda tentang kedua jenis konjungsi temporal tersebut. Yap, ada dua jenis konjungsi temporal. Dimana nantinya bisa dibedakan berdasarkan sifatnya.

Nah untuk itu dibawah ini kami akan memberitahukan beberapa jenis konjungsi temporal yang ada. Dimana nantinya Anda akan bisa membedakan antara konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tak setara. Oleh karena itu langsung saja ikuti pembahasannya dibawah ini.

Baca Juga :  Doa Agar Cepat Hamil Setelah Berhubungan Menurut Islam

Konjungsi Temporal yang Tidak Setara

Konjungsi jenis yang pertama adalah konjungsi tak setara yang digunakan untuk kalimat-kalimat yang tidak sejajar dan juga tidak sejajar. Konjungsi tak setara ini kemudian dapat ditempatkan dimana saja.

Bisa diletakkan di awal kalimat, di akhir kalimat, dan juga di tengah kalimat. Nantinya, Anda dapat menggunakan konjungsi temporal ini secara fleksibel. Itu tidak ada hubungannya dengan aturan apa pun, lho. Nah untuk anda ketahui, contoh konjungsi adalah sementara, sejak, sampai, kapan, kapan.

Tidak hanya itu, nantinya Anda juga bisa menggunakan kata sambung seperti sejak, sejak, jika, kapan, sementara. Nah, Anda bisa menggunakan konjungsi di mana saja.

Konjungsi Temporal Setara

Konjungsi lain ini merupakan konjungsi temporal sederajat. Dimana nantinya konjungsi ini bisa anda gunakan pada kalimat padanan atau kalimat majemuk. Untuk menggunakan konjungsi yang satu ini, nantinya Anda bisa menambahkan konjungsi lainnya juga.

Tempat penggunaan konjungsi ini adalah di tengah kalimat dan juga di akhir kalimat. Namun memang benar konjungsi ini tidak bisa digunakan di awal. Konjungsi temporal ini adalah selanjutnya, kemudian, sebelum itu, kemudian, setelah itu, setelah itu, sesudahnya. Ingin mencoba menggunakan konjungsi ini?

Ciri-Ciri Konjungsi Temporal dan Perbedaannya dengan Konjungsi Temporal Lainnya

contoh-konjungsi-temporal

Bagi anda yang memang ingin menggunakan konjungsi temporal ini, maka nantinya anda juga harus memahami ciri-cirinya. Konjungsi ini sebenarnya menggunakan beberapa hal seperti itu. Kalau mau dipakai harus tepat dan sesuai.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang konjungsi ini. Di bawah ini kami akan memberi tahu Anda beberapa ciri-ciri konjungsi temporal. Baiklah kalau begitu langsung saja anda lihat ciri-cirinya yang beragam.

Konjungsi digunakan untuk menghubungkan kalimat utama dan kalimat induk

Dalam sebuah kalimat pasti ada sebuah kalimat utama dan juga sebuah kalimat utama. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan konjungsi, Anda bisa menghubungkan kedua jenis kalimat tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan konjungsi ini, Anda akan bisa membuat sebuah kalimat yang runtut.

Ya, jika pada kalimat ini tidak ada penghubungnya, maka nantinya Anda bisa langsung membuat satu kesatuan kalimat. Baiklah, jika kamu menggunakan konjungsi dalam kalimatmu, kamu akan langsung bisa memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari kalimat yang kamu buat.

Berfungsi sebagai Kata yang Mengekspresikan Kemungkinan Tujuan

Fungsi konjungsi ini tentu saja untuk memudahkan orang dalam memahami isi kalimat tersebut. Nantinya Anda akan bisa membuat kalimat subjungtif. Tahukah kamu apa itu kalimat subjungtif? Dengarkan diskusinya.

Jadi, kalimat subjungtif ini merupakan kalimat yang nantinya dapat mengungkapkan suatu kemungkinan yang obyektif. Jadi, nantinya Anda bisa langsung membuat kalimat objektif. Jadi, nantinya kalimat yang satu ini bisa memiliki kata yang lengkap dan juga mudah untuk dipahami.

Kalimat Penghubung yang Dapat Mengekspresikan Waktu

Jika Anda menjumpai konjungsi yang dapat menyatakan waktu seperti itu, maka benarlah kalimat tersebut mengandung konjungsi temporal di dalamnya. Dengan menggunakan konjungsi temporal, nantinya kamu bisa membaca sebuah kalimat dengan lebih mudah lho. Bisa dibilang lebih terorganisir.

Baca Juga :  Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan & Manfaat

Fleksibel di alam

Kalau ini konjungsi, bisa digunakan secara fleksibel juga lho. Jadi, memang konjungsi yang mempunyai sifat fleksibel adalah konjungsi yang dapat digunakan di awal, akhir, atau di tengah kalimat, yaitu konjungsi temporal. Hal ini tentu menjadi pembeda dengan konjungsi lainnya.

Contoh Konjungsi Temporal dalam Bentuk Kalimat

Apakah kalian sudah paham maksud dan penjelasan mengenai konjungsi temporal? Oleh karena itu, kami akan menyampaikan kepada Anda beberapa bentuk kalimat yang dapat digunakan. Untuk penggunaan dan juga penempatan kata penghubungnya pun sudah dikatakan fleksibel bukan?

Untuk itu agar Anda tidak bingung lagi, kami akan memberikan beberapa contoh konjungsi temporal dengan menggunakan kalimat pendek dan sederhana. Penasaran dengan konjungsi ini? Kalau iya, langsung saja tonton.

Contoh konjungsi temporal dapat anda download secara gratis dalam bentuk docx -> Unduh disini

Contoh Konjungsi Temporal Setara

  • Setelah Anda menyapu lantai dan bersih, selanjutnya Anda bisa mengepel lantai agar lebih bersih lagi.
  • Sebelum ke pasar, Dinda mandi, padahal hari ini Dinda sudah mandi dua kali.
  • Jika kamu sudah mengerjakan tugas sekolah, setelah itu kamu bisa istirahat agar besok tidak ketiduran.
  • Hani sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh ibunya, sebelumnya dia telah menyelesaikan pekerjaan lain.
  • Ria masih tertawa terbahak-bahak meski sebelumnya ibunya sudah memperingatkannya untuk tidak mengeluarkan suara kecil.
  • Ayam itu sudah berada di atas pohon lalu ayam itu terbang turun mengejar induknya.
  • Pergi ke pantai yang indah dulu baru kita bisa makan sepuasnya di sana.
  • Ina tidak datang kesini, jadi dia pergi bersama ayah dan ibunya.
  • Sakit kepala masih terus datang padahal sebelumnya saya sudah berobat ke dokter dan minum obat.
  • Tidak ada yang datang ketika saya sampai di sini, setelah Rani datang, orang-orang mulai berdatangan.

Contoh Konjungsi Temporal Tak Setara

  • Chiko hendak datang ke pesta ulang tahun saat Indah datang bersamanya.
  • Restoran terbaik di ujung jalan telah ada selama 10 tahun.
  • Saat sedang berjalan-jalan di jalanan kota Bandung, aku terhenti sejenak ketika terdengar suara familiar memanggil namaku.
  • Saat semua orang sudah tertidur, Yono sedang sibuk bermain game.
  • Pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru belum selesai sampai pada jam 9 barulah pekerjaan selesai.
  • Ibu sedang sibuk menyiapkan makanan ketika para tamu mulai berdatangan ke rumah.
  • Andi memasang rangka kipas sambil sesekali membaca buku manual yang tersedia di dalam kotak.
  • Para orang tua ini bekerja keras untuk dapat menyekolahkan anak-anaknya yang masih kecil.
  • Icha selalu terlihat murung sejak ditinggal ibunya selamanya.
  • Selama masih ada keluarga yang menemaniku berjuang, aku akan terus berusaha sekuat tenaga untuk meraih kebahagiaan.

Bagaimana dengan pembahasan contoh konjungsi temporal/kronologis diatas, apakah anda paham dengan apa yang telah disampaikan? Saya harap kalian semua paham, karena pembahasan kita disini sudah selesai dan sampai jumpa pada pembahasan tentang lingkungan sekitar pendidikan yang lain ya.

Baca contoh artikel lainnya:

www.ayovaksindinkeskdi.id

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB