Contoh Surat Resign Kerja Resmi Yang Baik dan Benar

- Penulis

Senin, 13 November 2023 - 15:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

contoh surat resign

contoh surat resign

Contoh surat pengunduran diri – Untuk mengakhiri hubungan kerja di suatu perusahaan, Anda bisa langsung melihat contoh surat pengunduran diri di sini. Memang benar dalam menulis surat pengunduran diri yang baik, terkadang kita sering tertipu. Bahkan terkadang kita kesulitan menentukan kata-katanya.

Mungkin jika kita berbicara akan lebih mudah bagi kita untuk merangkai kata-katanya, namun jika ingin menuliskannya terkadang agak sulit. Karena membaca tulisan dan mendengarkan ceramahnya akan agak sulit ya? Akan sedikit berbeda dalam melakukan pembacaan.

Tak hanya itu, kita juga akan kebingungan apakah kata-kata yang kita gunakan sudah benar dan sopan atau belum. Oleh karena itu ketika merasa bingung pasti akan mencari referensi atau contohnya bukan? Oke, ini ayovaksidinkeskdi.id Saya akan memberi Anda sebuah contoh.

Selain contohnya, nantinya kami juga bisa memberikan banyak informasi penting lho. Jangan lewatkan informasi penting di bawah ini. Sebab jika terlewat maka ketinggalan informasinya. Mari kita lihat.

Apa itu surat pengunduran diri?

contoh-surat pengunduran diri

Bagi Anda yang saat ini bekerja di suatu perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep resign bukan? Atau masih bingung dan belum paham apa yang dimaksud dengan mengundurkan diri? Oke, selanjutnya kami akan ceritakan pembahasannya.

Itupun jika kita bekerja di suatu perusahaan atau instansi pendidikan apa yang kurang kita minati atau kita terpaksa bekerja di perusahaan itu pasti tidak menyenangkan bukan? Kami merasa mempunyai beban setiap hari, sehingga tidak jarang ada orang yang mengundurkan diri dari perusahaannya.

Tak hanya itu, sebenarnya banyak orang yang ingin mengundurkan diri karena berbagai faktor. Mulai dari faktor Anda tidak bisa lagi bekerja di perusahaan tersebut karena merasa tidak nyaman atau bahkan mendapat tawaran yang lebih baik. Nah dengan begitu bagi anda yang memang ingin mengundurkan diri bisa langsung mengajukan surat pengunduran diri.

Apa itu surat pengunduran diri? Anda mungkin masih belum paham apa itu surat pengunduran diri bukan? Tidak apa-apa, kami juga akan memberikan pembahasannya untuk anda. Nah kalian bisa menyimak pembahasan lebih lanjut yang akan kami berikan dibawah ini.

Surat pengunduran diri atau surat pengunduran diri ini merupakan sebuah dokumen yang dibuat untuk memberitahukan atau memberi tahu atasan Anda bahwa Anda tidak dapat lagi bekerja di perusahaannya. Surat ini juga bisa ditulis untuk menjelaskan bahwa Anda telah memutuskan hubungan kerja di suatu perusahaan.

Untuk menulis surat pengunduran diri ini, sebaiknya tulislah surat dengan kata-kata yang sopan dan santun. Nah, agar tidak meninggalkan kesan buruk pada perusahaan, Anda bisa menulis surat yang sesuai dengan aturan. Pastinya Anda masih bingung, bagaimana caranya? Dibawah ini informasi dan contoh surat pengunduran diri, silahkan disimak.

Struktur Lengkap yang Harus Ada dalam Surat Pengunduran Diri

contoh-surat pengunduran diri

Untuk menulis surat pengunduran diri atau surat pengunduran diri dari suatu perusahaan, maka nantinya Anda bisa langsung membuat surat tersebut dengan struktur yang lengkap. Di dalamnya Anda akan diberikan struktur yang sebenarnya tersedia di dalamnya.

Dalam sebuah dokumen, kamu pasti bisa menemukan struktur yang lengkap ya. Jadi, jika membuat sebuah dokumen harus mengikuti struktur yang telah ditentukan. Mulai dari struktur yang sudah ada hingga struktur yang dipastikan akan ada.

Oh ya, jika Anda ingin membuat surat pengunduran diri ini juga, Anda bisa menggunakan strukturnya juga. Ya, jika Anda membuat dokumen berdasarkan struktur, maka Anda akan bisa membuat dokumen profesional.

Baca Juga :  Rumus Resultan Gaya Searah, Berlawanan, Tegak Lurus dan Contoh Soal

Pasalnya, bagian-bagian atau struktur yang ada pada dokumen ini akan membuat Anda lebih profesional dalam melakukannya. Ingin tahu bagian apa saja yang ada dalam surat pengunduran diri ini? Silahkan simak pembahasan dibawah ini.

  • Nama kota tempat surat pengunduran diri ditulis dan tanggal surat itu ditulis.
  • Identitas perusahaan, berkaitan dengan nama perusahaan dan juga alamat perusahaan.
  • Membuka salam dengan kata-kata yang sopan.
  • Isi surat tersebut antara lain alasan Anda memutuskan hubungan kerja, tanggal berakhirnya masa kerja Anda di perusahaan tersebut, serta ucapan terima kasih dan permintaan maaf Anda dalam surat tersebut.
  • Salam penutup juga dibuat dengan kalimat yang sopan.
  • Tanda tangan dan nama lengkap penulis surat.

Begitulah pengaturan dalam surat pengunduran diri dan harus ada. Anda tidak dapat melanjutkan salah satu pengaturan atau meninggalkannya. Karena jika menulis surat pengunduran diri dengan menghilangkan salah satunya maka tidak lengkap bukan?

Setelah Anda memahami struktur apa yang harus ada dalam surat pengunduran diri, jangan langsung ditulis saja karena disini kami belum memberikan contoh surat pengunduran diri yang sederhana namun sopan dan resmi.

Dan sebelum anda menulis surat tersebut, anda harus mempersiapkan beberapa hal, apa sajakah itu? Mari kita simak bersama informasi berikut ini.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis surat pengunduran diri

contoh-surat pengunduran diri

Bagi Anda yang masih ragu untuk menulis surat pengunduran diri namun memang harus melakukannya, maka Anda harus mempersiapkan hal-hal yang Anda miliki. Memang benar jika kita bersama dalam satu perusahaan, teman membuat kita nyaman dan tempat bekerja juga enak, akan sulit untuk menulis surat ini.

Namun, jika surat ini memang harus ditulis, apa lagi yang bisa Anda lakukan, tidak bisa menghindarinya bukan? Baiklah kalau begitu, sebelum menulis surat, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Nah, dengan melakukan hal-hal tersebut dijamin akan memudahkan Anda dalam membuat kontrak kerja.

Ingin tahu hal apa saja yang memudahkan Anda dalam menulis surat pengunduran diri? Jika iya, dibawah ini kami akan langsung memberitahukan beberapa hal yang harus dilakukan. Di bawah ini dan jangan lewatkan satu poin pun.

Periksa kontrak kerja yang Anda miliki

Yang terpenting sebelum mengajukan surat pengunduran diri ini adalah Anda mengecek terlebih dahulu kontrak kerja yang Anda miliki. Tentunya setiap kali Anda bergabung dengan suatu perusahaan, Anda akan diberikan surat kontrak. Namun jika Anda sudah menjadi pegawai tetap sepertinya tidak perlu mengeceknya.

Dalam kontrak kerja, Anda akan melihat ada beberapa hal yang tertulis. Misalnya, jika masa kontrak Anda masih belum selesai dan Anda memutuskan untuk hengkang atau mengundurkan diri, maka ada hal yang harus ditanggung. Apakah ada akibat yang harus ditanggung nantinya?

Apakah Anda harus membayar sejumlah uang atau sesuatu yang lain? Intinya, Anda hanya perlu mengecek kontrak kerja yang sudah Anda tandatangani di awal. Jika Anda mengetahuinya, maka Anda akan mampu mempersiapkan konsekuensinya.

Tetapkan waktu luang yang tepat untuk bertemu atasan Anda

Sebelum mengundurkan diri, Anda juga harus menemui atasan Anda terlebih dahulu. Nanti Anda harus menemui atasan Anda dan menjelaskan alasan Anda ingin resign dari perusahaan. Namun, untuk bertemu atasan Anda harus mengatur waktu yang tepat.

Baca Juga :  Apa itu Konjungsi Penjelasan?

Sebab jika waktu yang Anda pilih kurang tepat, maka nantinya akan ada beberapa hal yang terkesan mengganggu Anda. Anda bisa membuat janji dengan atasan Anda untuk bertemu. Agar nantinya waktu yang Anda gunakan untuk menjelaskan suatu hal tepat dan tidak terburu-buru.

Berikan penjelasan mengenai pekerjaan tersebut kepada orang yang menggantikan Anda

Apalagi jika sudah berbicara dengan atasan, biasanya Anda sudah bisa mendapatkan penggantinya. Mungkin jika Anda sudah mengetahui pengganti Anda, Anda bisa langsung menjelaskan pekerjaan tersebut kepada orang yang akan menggantikan Anda.

Jadi, nanti kamu bisa menjelaskan hal-hal apa saja yang sebaiknya kamu lakukan dan apa saja yang tidak boleh kamu lakukan saat mengambil tempatmu. Tentu saja hal ini tidak wajib untuk dilakukan, namun tentunya hal ini akan sangat membantu karyawan pengganti Anda. Supaya kamu tidak mengalami kesulitan atau hal-hal lain seperti itu ya.

Pengunduran diri harus memakan waktu setidaknya 30 hari

Jika Anda ingin mengundurkan diri atau mengundurkan diri, maka sebaiknya Anda melakukannya 30 hari sebelumnya. Yap, jadi kalau kamu resign, sebaiknya kamu beri waktu luang selama 30 hari. Pasalnya, waktu tersebut akan dijadikan waktu mencari pengganti posisi Anda.

Selain itu, pengunduran diri minimal 30 hari sebelumnya juga diatur dalam UU Nomor 26 ayat 2 Keputusan Menteri Ketenagakerjaan ya. Jadi, Anda harus mempersiapkan pengunduran diri minimal 30 hari sebelum pengunduran diri sebenarnya. Oke?

Tulis Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Setelah itu, Anda bisa menulis surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Karena nanti kalau kamu menulis surat pengunduran diri dengan asal-asalan maka kamu tidak akan terlihat profesional lho. Jadi, untuk menjaga profesionalisme Anda, Anda harus menulis surat pengunduran diri yang baik.

Untuk menulis surat pengunduran diri yang baik, Anda harus menulisnya sesuai pengaturan di atas ya. Selain itu, Anda juga bisa menulis surat sesuai contoh surat pengunduran diri di bawah ini.

Beberapa hal yang harus dihindari ketika ingin resign dari pekerjaan

Selain hal-hal yang harus Anda persiapkan, Anda juga harus mencermati hal-hal yang perlu dihindari saat ingin resign. Tentunya Anda tidak ingin meninggalkan kesan yang buruk, maka dari itu di bawah ini Anda bisa melihat hal-hal apa saja yang bisa Anda hindari.

  • Sebisa mungkin, Anda harus memberi tahu atasan Anda tentang rencana Anda untuk mengundurkan diri. Jangan sampai atasan Anda mengetahui keinginan ini dari karyawan lain terlebih dahulu.
  • Membicarakan hal-hal buruk tentang atasan Anda atau karyawan lain. Karena jika hal itu terjadi, maka hal tersebut tidak akan memberikan kesan yang baik bagi Anda.
  • Melakukan hal-hal buruk di perusahaan. Sebisa mungkin, Anda harus berperilaku baik di perusahaannya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Benar Berbentuk Word

Jika semuanya sudah Anda penuhi, Anda bisa langsung menulis surat pengunduran diri ini. Namun jika Anda masih bingung, berikut kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri yang benar. Lihat saja surat pengunduran diri di bawah ini.

Download contoh surat pengunduran diri dengan struktur lengkap -> Unduh disini

Baca artikel contoh surat lainnya:

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB