PusatDapodik
Home Berita Healing Curug Bajing, Air Terjun Pegunungan Petungkriyono Pekalongan

Curug Bajing, Air Terjun Pegunungan Petungkriyono Pekalongan

1696111136 683 Curug Bajing Air Terjun Pegunungan Petungkriyono Pekalongan

Air Terjun Bajing sering dikunjungi wisatawan. Selain tingginya sekitar 75 meter, air terjun ini juga memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

Letak Curug Bajing yang berada di Pegunungan Petungkriyono menjadikannya memberikan udara dan pemandangan yang sejuk. Airnya mengalir secara bertahap sehingga mata kita tidak lelah untuk terus melihatnya.

Curug atau air terjun merupakan destinasi wisata alam yang tidak pernah sepi pengunjung. Meski terkadang untuk menuju air terjun atau curug kita harus mengeluarkan tenaga ekstra.

air terjun berundak di Petungkriyono
air terjun berundak di Petungkriyono. peta google. sumber: Rudy Widianto

Lihat juga : Tempat Wisata di Petungkriyono

Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Petungkkriyono Bajing. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. Lihat ini!

Lokasi Air Terjun Bajing

Lokasi Curug Bajing berada di Desa Tlogopakis, Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Jalur Air Terjun Tupai Petungkriyono

Rute menuju Curug Bajing jika memulai perjalanan dari pusat kota Pekalongan hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam saja. Lokasinya searah dengan Curug Muncar.

Dimana nantinya anda akan melewati Pasar Doto, terus berjalan hingga akhirnya menemukan gerbang Hutan Ekowisata Petungkriyono.

Akses menuju Curug Bajing bisa diakses dengan sepeda motor maupun mobil, namun jalannya tidak terlalu lebar dan tidak mulus semuanya.

lokasi air terjun tupai
lokasi air terjun tupai. peta google. sumber: Rudy Widianto

Jalur mendekati objek wisata Petungkriyono dipenuhi tanjakan, turunan dan tikungan. Namun sepanjang perjalanan terdapat pemandangan yang keren.

Bagi anda yang menggunakan angkutan umum bisa menggunakan Anggun Paris (Angkutan Wisatawan Gunung). Yaitu mobil pick up yang memang merupakan angkutan wisata.

Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000,- tergantung jumlah orang disana. Menggunakan moda transportasi ini menjadi lebih seru karena Anda akan menikmati hijaunya hutan Petungkriyo.

Lihat juga: Alun-Alun Petungkriyono

Tiket Masuk Air Terjun Tupai Pekalongan

Tiket masuk Curug Bajing adalah Rp. 5.000 per orang saja.

Jam Buka Curug Bajing

  • Jam operasional Curug Bajing buka setiap hari Senin hingga Minggu
  • Buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB
salah satu spot untuk mengambil foto
salah satu spot untuk mengambil foto. peta google. sumber: Hasbi Yasin

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bajing

Fasilitas yang tersedia bisa dikatakan lengkap, mulai dari tersedianya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kios yang menjual makanan dan minuman
  • Ruang sholat
  • Foto tempat

Daya Tarik Air Terjun Bajing

1. Keindahan Curug Bajing yang Mempesona

Curug Bajing diperkirakan memiliki ketinggian mencapai 75 meter, dengan diameter kolam yang menampungnya sekitar 3 meter.

Lihat juga: Linggoasri

Aliran air Curug Bajing cukup deras sehingga pihak pengelola melarang pengunjung untuk berenang langsung di bawah air terjun.

Saat anda berkunjung ke Curug Bajing anda akan melihat air terjun kecil di bawahnya yang merupakan hasil aliran air terjun utama.

pemandangan sekitar Curug Tupai
pemandangan sekitar Curug Tupai. peta google. sumber: Mohammad Rosidi

Air dari Curug Bajing jatuh ke kolam di bawahnya, lalu dialirkan lagi hingga tersisa 3 anak tangga. Dikelilingi pepohonan rimbun yang masih terlihat sangat asri.

Di atas kolam terdapat sebuah jembatan yang menjadi spot utama bila ingin menikmati Curug Bajing sambil berburu foto.

Air Curug Bajing sangat bersih dan jernih, mengalir deras sehingga mengeluarkan suara yang memesona di telinga. Pemandangan alam yang disajikan sungguh menakjubkan!

2. Tempat Foto

Saat ini setiap lokasi wisata selalu menyediakan area untuk berfoto bagi pengunjungnya. Area spot foto terbaik yang paling banyak dicari pengunjung di Curug Bajing adalah:

  • Kawasan dengan tulisan landmark Curug Bajing
  • Tempat yang berbentuk seperti cinta
  • Kawasan yang berlatar belakang Curug Bajing itu sendiri

Bagi Anda yang mempunyai rencana berkunjung ke Curug Bajing, jangan lupa untuk berfoto di ketiga kawasan tersebut di atas.

Lihat juga: glamping la ranch

3. Tempat Perkemahan

Bagi Anda yang ingin lebih lama menikmati keindahan Curug Bajing dan kawasan Pegunungan Petungkriyono, Anda bisa melakukan aktivitas berkemah di area yang telah disediakan.

Air terjun tupai yang menakjubkan
Air terjun tupai yang menakjubkan. peta google. sumber: Melalui Wijaya

Dimana anda akan menikmati malam dengan suara air terjun, serta suara alam lainnya yang menemani malam anda, dan diselimuti oleh sejuknya udara khas pegunungan.

Namun yang pasti Anda harus bersiap dengan kondisi dingin yang datang di malam hari. Mengenai perlengkapan dan perlengkapannya, anda bisa bertanya pada pusat informasi yang tersedia di Curug Bajing.

Sejarah Penamaan Curug Bajing

Sejarah penamaan suatu tempat selalu tersedia dalam beberapa versi, begitu pula dengan sejarah penamaan Curug Bajing diantaranya :

  1. Bahwa nama Curug Bajing diberikan karena bukit di belakang air terjun tersebut bernama Bukit Bajing. Sebab ada pula yang mengatakan bahwa di bukit itu terdapat makam yang bernama Mbah Bajing.
  2. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa nama Bukit Bajing ini karena pada zaman dahulu bukit tersebut digunakan sebagai tempat persembunyian tupai (penjarah) ketika masih diduduki oleh Belanda.
  3. Ada pula yang mengatakan, pemberian nama Curug Bajing karena pada zaman dahulu warga Gunung Lumbung dikaruniai tanah yang sangat subur. Hasil panen selalu melimpah. Namun entah kenapa, setiap kali hasil panen disimpan, selalu hilang dalam sekejap. Warga menduga hasil panen selalu diambil oleh tupai (penjahat atau pencopet).

Lihat juga: Wisata Sungai Paingan

Sejarah selalu memberikan teka-teki menarik yang harus kita pecahkan. Entah cerita mana yang sebenarnya terjadi, yang pasti Curug Bajing ini mempunyai air terjun yang indah dan keindahan alam yang sangat luar biasa dan sayang jika kita lewatkan.

Rekomendasi wisata Pekalongan
Rekomendasi wisata Pekalongan. peta google. sumber: Ridwan Travis

Akomodasi Tersedia di Curug Bajing

Bagi anda yang ingin lebih lama menikmati keindahan kawasan Pegunungan Petungkriyono, anda bisa menginap di kawasan ini karena tersedia akomodasi atau homestay dengan kisaran harga sekitar Rp. 100.000,- per malam. Dan jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Curug Bajing yaitu sekitar 10 menit berjalan kaki.

Tips Perjalanan

Bagi anda yang akan berkunjung ke Curug Bajing, berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi:

  • Bagi anda yang berasal dari luar kota, ada baiknya menginap di sekitar kawasan Curug Bajing.
  • Jika anda berkunjung ke Curug Bajing menggunakan kendaraan umum, maka pada saat anda ingin menggunakan armada “Anggun Paris” tunggulah hingga penumpang di dalamnya sudah banyak agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan dimanapun anda berada.
  • Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan roda empat menuju lokasi, karena Anda akan melewati jalan yang dihiasi jurang yang cukup dalam.
  • Jika Anda membawa anak-anak saat berkunjung ke Curug Bajing, selalu awasi mereka saat bermain air.
  • Siapkan gadget anda untuk mengabadikan momen berharga selama berada di Curug Bajing.

Lihat juga: Air Terjun Jlarang

Penutupan

Biasanya untuk bisa menikmati keindahan air terjun kita harus melewati jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Namun tidak demikian halnya dengan trekking Curug Bajing yang jalurnya terbilang mudah dan tidak terlalu jauh dari area parkir kendaraan.

Hamparan keindahan yang dihadirkan membuat tubuh dan pikiran terasa tenang luar biasa. Indahnya hamparan alam membuat kita semangat menjalani hari.

Selalu menjaga keindahan alam yang diberikan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan tindakan vandalisme. Jangan lupa persiapkan foto terbaikmu ya!

www.nativeindonesia.com

Comment
Share:

Ad