pusatdapodik.com – Prospek kerja bagi lulusan jurusan ekonomi sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari fakultas ekonomi yang merupakan salah satu fakultas yang paling banyak peminatnya.

Meski identik dengan pekerjaan di bidang perbankan, namun masih banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan ilmu ekonomi.

Jurusan Ekonomi menawarkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ekonomi, analisis data, dan teori-teori yang mendasari keputusan ekonomi.

Lulusan departemen ini memiliki keterampilan yang dapat diterapkan di berbagai bidang industri.

Salah satu tokoh yang mendalami ilmu ekonomi adalah penyanyi dangdut Denny Caknan. Pelantun “Kartonyono Medot Janji” itu kuliah di Universitas Soerjo Ngawi jurusan Ekonomi dan lulus pada tahun 2020.

Dikutip smol.id pada 6 Februari 2024 dari berbagai sumber, berikut daftar 10 prospek besar perekonomian yang menjanjikan.

1. Analis Riset Pasar

Sebagai analis riset pasar, lulusan Ekonomi akan menggunakan pengetahuan mereka tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan metodologi penelitian untuk mengumpulkan dan menganalisis data pasar.

Mereka membantu perusahaan mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan strategi pemasaran, dan membuat keputusan investasi yang tepat.

2. Konsultan Ekonomi

Konsultan ekonomi memberikan nasihat kepada klien, baik perusahaan, pemerintah, atau organisasi nirlaba, mengenai kebijakan ekonomi, strategi bisnis, atau masalah ekonomi lainnya.

Mereka melakukan analisis ekonomi mendalam untuk membantu klien mereka membuat keputusan yang tepat.

3. Aktuaris

Sebagai seorang aktuaris, lulusan Ekonomi menggunakan analisis statistik dan matematis untuk mengevaluasi risiko keuangan di bidang asuransi, investasi, dan keuangan perusahaan.

Mereka membantu perusahaan mengelola risiko keuangan dan membuat keputusan tentang penetapan harga dan manajemen portofolio.

4. Analis Kredit

Analis kredit mengevaluasi kelayakan finansial dan kredit pemohon untuk suatu pinjaman atau jalur kredit.

Lulusan ekonomi dapat bekerja sebagai analis kredit di bank, lembaga keuangan, atau perusahaan pembiayaan untuk menilai risiko kredit dan mengambil keputusan mengenai pemberian pinjaman.

5. Analis Keuangan

Lulusan ekonomi juga dapat bekerja sebagai analis keuangan profesional.

Mereka melakukan analisis data keuangan dan membuat proyeksi untuk membantu perusahaan atau investor dalam mengambil keputusan investasi, manajemen risiko, dan perencanaan keuangan jangka panjang.

6. Konsultan Manajemen

Konsultan manajemen memberikan nasihat kepada perusahaan mengenai strategi bisnis, operasi, dan manajemen keuangan.

Lulusan ekonomi dapat membantu perusahaan menganalisis kinerja operasional, mengidentifikasi area perbaikan, dan merancang solusi efektif untuk mencapai tujuan bisnis.

7. Perpajakan

Di bidang perpajakan, lulusan Ilmu Ekonomi dapat bekerja sebagai konsultan pajak, analis pajak, atau akuntan pajak.

Mereka membantu individu atau perusahaan dalam memahami peraturan perpajakan, mengoptimalkan struktur perpajakan, dan mematuhi kewajiban perpajakan yang berlaku.

8. Akuntan Publik

Akuntan publik memberikan jasa audit, perpajakan, dan konsultasi kepada kliennya, termasuk korporasi, organisasi nirlaba, dan individu.

Lulusan ekonomi yang memiliki pemahaman yang kuat tentang akuntansi dan keuangan dapat menjadi akuntan publik yang sukses.

9. Ilmuwan Data

Di era big data saat ini, lulusan Ilmu Ekonomi bisa berkarir sebagai data scientist.

Mereka menggunakan keterampilan analitis mereka untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data besar untuk memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam membuat keputusan strategis.

10. Analis Bisnis

Analis bisnis melakukan analisis data dan mengevaluasi kinerja bisnis untuk membantu perusahaan mengidentifikasi peluang, menilai risiko, dan mengoptimalkan kinerja operasional.

Lulusan ekonomi dapat memainkan peran kunci dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif.

Itulah daftar 10 prospek kerja jurusan ekonomi. Tertarik untuk masuk jurusan yang satu ini?***

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *