PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMP (Fase D)

Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMP (Fase D)

3

pusatdapodik.com – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil siswa pancasila tingkat SMP yaitu pada Tahap D.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang profil siswa pancasila yang menjadi dasar guru dalam melakukan penilaian sikap pada 6 dimensi pada profil siswa pancasila.

Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMP Fase D

Ada enam unsur dalam Profil Mahasiswa Pancasila, yaitu:

1. Kesantunan,

2. keragaman global,

3. Mandiri,

4. Bekerja sama,

5. Penalaran Kritis, Dan

6. Kreatif.

Nah, sebagai seorang guru dalam melakukan penilaian sikap harus bisa memantau setiap siswa dalam mengimplementasikan aspek-aspek profil siswa Pancasila. Nantinya penilaian sikap dapat dituangkan sesuai dengan pencapaian sikap profil siswa pancasila yang telah dicapai oleh siswa.

Adapun penilaian sikap yang memuat aspek-aspek profil siswa Pancasila, yang nantinya akan diinputkan ke dalam aplikasi raport. Pada aplikasi raport telah disiapkan menu input sikap siswa yang terdiri dari 6 dimensi. Adapun penjelasannya dapat dilakukan oleh wali kelas dan diinputkan keterangan dari semester 1 sampai semester 2.

Mekanisme penginputan deskripsi sikap profil siswa Pancasila telah diatur dan tertuang dalam Pedoman Pembelajaran dan Penilaian (PPA).

Berbicara mengenai gambaran sikap profil mahasiswa pancasila, kita juga harus memahami tahapan-tahapan pada setiap tingkatan. Khusus untuk Tahap A, B, C yaitu untuk siswa SD, Tahap D untuk siswa SMP, dan Tahap E untuk siswa SMA/SMK.

Nah melalui kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh gambaran pencapaian sikap profil siswa pancasila khususnya untuk jenjang smp yaitu yang sedang memasuki Tahap D. Bagi anda yang saat ini sedang mengajar di smp tingkat sma dan ingin melihat contoh deskripsi pencapaian profil sikap siswa pancasila untuk smp maka silahkan lihat menu di bawah ini :

CONTOH DESKRIPSI SIKAP PROFIL SISWA PANCASILA TINGKAT SMP (FASE D)

Fase D

Percaya, Takut kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Mulia

ay Memahami keberadaan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari dan mengaitkan pemahamannya tentang sifat-sifat atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di muka bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

ay Memahami makna dan fungsi, unsur pokok agama/keyakinan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, dan memahami ajaran agama/keyakinan terkait hubungan manusia dengan alam semesta

ay Melaksanakan ibadah secara teratur dan mandiri sesuai dengan pedoman agama/keyakinan, serta berpartisipasi dalam perayaan hari-hari besar

ay Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami akibatnya bagi diri sendiri dan orang lain

ay Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan fisik, mental dan spiritual serta mengupayakan keseimbangan aktivitas fisik, sosial dan keagamaan.

ay Memahami perasaan dan perspektif orang lain dan/atau kelompok yang belum pernah mereka kenal.

ay Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang belum pernah mereka temui atau kenal. Mengutamakan kesamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam situasi konflik atau perdebatan

ay Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang berdampak baik atau buruk, langsung atau tidak langsung, pada alam semesta.

ay Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif memecahkan masalah di lingkungan alam sekitar dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai mengimplementasikan solusi tersebut.

ay Menelaah peran, hak dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai bentuk keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Keragaman global

ay Menjelaskan perubahan budaya dari waktu ke waktu dan dalam konteks, baik pada skala lokal, regional maupun nasional. Jelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.

ay Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, keyakinan, dan praktik sehari-hari dalam konteks pribadi dan sosial.

ay Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya dalam rangka mengembangkan jati diri pribadi, sosial, dan kebangsaan Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.

ay Menggali pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa dan mampu mengenali resiko dalam berkomunikasi antar budaya.

ay Jelaskan asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Bayangkan dan gambarkan perasaan dan motivasi komunitas yang berbeda dari dirinya dalam situasi yang sulit.

ay Merefleksikan secara kritis deskripsi berbagai kelompok budaya yang ditemui dan bagaimana menanggapinya.

ay Menegaskan, mengklarifikasi, dan menunjukkan sikap menolak stereotip dan prasangka tentang citra identitas kelompok dan etnik.

ay Mengidentifikasi dan mengatasi isu-isu tentang penghormatan terhadap keragaman budaya dan kesetaraan.

ay Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan-pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak dari masalah-masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan bagi manusia, alam dan masyarakat

ay Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan demi kebaikan bersama melalui proses tukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan bimbingan pendidik

ay Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilaku. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain.

Bekerja sama

ay Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitarnya, serta mendorong orang lain untuk bekerja secara efektif dan mencapai tujuan bersama.

ay Memahami informasi, ide, emosi, keterampilan, dan perhatian yang diungkapkan oleh orang lain dengan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama.

ay Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing membutuhkan dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhannya.

ay Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok dan menjaga tindakan selaras untuk mencapai tujuan bersama.

ay Responsif terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan memberikan kontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

ay Menggunakan pengetahuan tentang penyebab dan alasan orang lain menunjukkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat sehingga orang lain menampilkan tanggapan yang diharapkan

ay Berusaha memberikan hal-hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan di sekitar tempat tinggalnya

Mandiri

ay Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat, serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan kegiatan lain yang dilakukan.

ay Pantau kemajuan belajar yang dicapai dan perkirakan tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berdasarkan pengalaman mereka untuk mempertimbangkan strategi pembelajaran yang tepat.

ay Berkomitmen dan menjaga konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pengembangan diri yang diharapkan

ay Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan ekspresinya serta mengembangkan langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

ay Merancang strategi yang tepat untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, prestasi, dan pengembangan diri dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi.

ay Mengkritik keefektifannya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang mendukung atau menghambat pencapaian tujuan.

ay Membuat rencana baru dengan mengadaptasi dan memodifikasi strategi yang telah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, dan menjalankan kembali tugas dengan keyakinan baru.

Penalaran kritis

ay Ajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi dan menafsirkan informasi, dan mencari tahu penyebab dan akibat dari informasi tersebut.

ay Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan dan memprioritaskan ide-ide tertentu

ay Membuktikan penalaran dengan berbagai argumentasi dalam membuat suatu kesimpulan atau keputusan.

ay Jelaskan asumsi yang digunakan, waspadai kecenderungan dan konsekuensi dari bias dalam pemikiran mereka, dan cobalah untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda.

Kreatif

ay Menghubungkan ide yang dimilikinya dengan informasi atau ide baru untuk menghasilkan kombinasi ide yang baru dan imajinatif untuk mengungkapkan pikiran dan/atau perasaannya

ay Menggali dan mengungkapkan pikiran dan/atau perasaan dalam bentuk karya dan/atau perbuatan, serta menilainya dan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap orang lain

ay Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai ide dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan masalah

Demikian informasi tentang contoh deskripsi profil siswa sikap pancasila tingkat SMP yaitu pada tahap D yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi guru dan wali kelas yang akan menginput prestasi sikap profil siswa pancasila dalam aplikasi raport.

www.pusatdapodik.com

Comment
Share:

Ad