PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Doa Awal Tahun 2023 Arab, Arti dan Cara Mengamalkannya

Doa Awal Tahun 2023 Arab, Arti dan Cara Mengamalkannya

Doa Awal Tahun 2023 Arab Arti dan Cara Mengamalkannya

Sebentar lagi tahun 2022 M akan berganti menjadi tahun 2023 M dalam artian akan terjadi pergantian tahun dalam waktu dekat, maka dari itu sebagai umat Islam tentunya kita perlu membaca Doa di awal tahun.

Dengan berdoa di awal tahun, kita berharap kehidupan yang akan datang lebih baik dan kita terus mendapat berkah dari Allah SWT.

Semakin baik perilakunya, agamanya, serta karir atau pekerjaan dan usahanya, semakin maju dia, semakin berkembang dia dari tahun sebelumnya.

Bacaan Doa Dini Tahun 2023

Bacaan Doa Awal Tahun

Banyak yang mewajibkan kamu untuk berdoa di awal tahun, tapi tahukah kamu bacaan doa di awal tahun yang sering dibaca saat pergantian tahun???.

Jika belum, maka sangat tepat untuk menyimak artikel-artikel yang ditulis oleh ayovasindinkeskdi.id seperti di bawah ini.

Doa di awal tahun Baru 2023

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

latin : Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa’ala fadhlikal ‘azhim wa karimi judikal mu’awwal. Hadza’amun jadidun qad aqbal. As ‘alukal’ isymata fihi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Itu berarti, “Tuhanku, Engkaulah Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dengan rahmat-Mu yang besar dan rahmat-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini telah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujuk rayu setan dan para penjaganya di tahun ini. Saya juga berharap bantuan Anda dalam mengatasi nafsu yang sering mendorong saya untuk melakukan kejahatan. Kepada-Mu aku memohon petunjuk agar aktivitas sehari-hari mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Mulia.”

Anjuran Sholat Awal Tahun

Anjuran Sholat Awal Tahun

Rasulullah SAW menganjurkan shalat di awal tahun dengan harapan diberikan ketenteraman dan keamanan serta keimanan yang kuat dalam memeluk agama Islam.

Sebagaimana nasehat Rasulullah SAW yang dikutip dalam sebuah hadits di bawah ini:

Atas otoritas Abdullah bin Hisham, dia berkata: Para sahabat Rasulullah – semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian – biasa mempelajari doa ini jika tahun atau bulan dimulai: Ya Tuhan! Bawalah kepada kami dengan keamanan dan iman, keselamatan dan Islam, kesenangan dari Yang Maha Pemurah, dan izin dari setan. Diriwayatkan oleh Al-Tabarani dalam “Al-Awsat”
Al-Haythami berkata: “Rantai penularannya bagus.”

Itu berarti : “Dari Abdullah bin Hasyim, ia berkata bahwa para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mempelajari doa berikut jika mereka memasuki tahun atau bulan “Ya Allah, masukkan kami ke dalamnya dengan selamat, iman, keselamatan dan Islam. Raih ridho Allah dan jauhkan dari gangguan setan” (HR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsami dinilai Hasan)

Ketika Rasulullah menganjurkan, tentu ada kaifiat dan hikmah serta fadilah dalam anjuran tersebut.

Sebagai manusia, ketika memasuki tahun yang baru, tentunya menginginkan sesuatu yang lebih baik dari tahun-tahun berikutnya, terutama dalam bidang ilmu dan amal.

Cara Amalan Sholat Subuh Di Tahun 2023

Cara Amalan Sholat Awal Tahun

Sebenarnya untuk doa awal tahun bisa langsung dibaca dengan niat semata karena Allah dan Rasul-Nya.

Namun, hanya Allah yang tahu dikabulkan atau tidak, sehingga harus ada etika yang baik ketika meminta doa kepada Allah SWT.

Besar harapan semoga doa yang dipanjatkan diterima oleh Allah dan dikabulkan segala keinginan dan kebutuhan yang menjadi keinginan.

Adapun beberapa etika saat membaca doa di awal tahun sebagai berikut :

Dalam Keadaan Suci

Usahakan membaca doa awal tahun badan suci dari hadas dan najis. Caranya cukup wudhu bagi yang hadasnya kecil dan mandi wajib bagi yang hadasnya besar.

Sebagaimana sabda Nabi SAW:

Itu berarti : “Barang siapa yang berwudhu dengan memperbaiki wudhunya, kemudian shalat dua rakaat, kemudian shalat, maka pasti akan terkabul shalatnya. Segera atau ditunda.” (HR.Thabrani)

Posisi Badan Menghadap Ke Kiblat

Saat sholat menghadapkan badan ke arah kiblat karena ini adalah sunnah Nabi Muhammad SAW.

Walaupun pada dasarnya saat sholat menghadap ke arah manapun tidak masalah. Namun, sangat penting untuk menghadap kiblat, begitu juga saat membaca sholat akhir tahun.

Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW:

Itu berarti : “Sesungguhnya untuk setiap sesuatu ada pemimpinnya, dan pemimpin majelis menghadap kiblat.” (HR.Thabrani)

Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa

Selain dalam keadaan suci dan juga menghadap kiblat, adab selanjutnya saat shalat adalah mengangkat kedua tangan.

Hal ini menunjukkan permintaan seorang hamba kepada pemberi yaitu Allah SWT, hamba hanya bisa meminta tidak lebih dari itu.

Rasulullah juga mengajarkan kita untuk mengangkat tangan ketika berdoa seperti yang dikatakan Nabi SAW:

Itu berarti : “Sesungguhnya ketika Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ketika shalat, dia tidak menutupnya sampai dia mengusap wajahnya dengan kedua tangan itu.” (HR.At-Turmudzi)

Tawadu’ Dan Penuh Percaya Diri

Jika Anda menghadapi seseorang dan menginginkan bantuan darinya, Anda harus menunjukkan kerendahan hati dan bukan kesombongan.

Apalagi saat bertanya kepada pemilik seluruh alam semesta ini, yaitu Allah SWT. Tentunya Anda harus memiliki rasa rendah hati atau rendah diri, tidak sombong.

Karena itu telah diabadikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raff: 55 yang berbunyi.

Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan sembunyi-sembunyi, dan Dia tidak menyukai para agresor.

Itu berarti : Berdoalah kepada Tuhanmu dengan kerendahan hati dan suara yang lembut. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS Al-A’raf : 55 )

Semoga dengan tata cara atau adab dalam berdoa di akhir tahun, keinginan dan keinginan di awal tahun hingga tahun-tahun berikutnya mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Sekian dan terima kasih wallahu a’lam…

Baca Juga:

Awalnya diposting 26-12-2022 12:10:06.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad