Doa Kafaratul Majelis Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

- Penulis

Sabtu, 2 Desember 2023 - 19:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Doa Kafaratul Majelis

Doa Kafaratul Majelis

Doa Kafaratul Majlis – Menjadi salah satu agama terbesar, Islam tercatat memiliki jumlah penganut yang banyak, yakni mencapai 1,9 miliar jiwa dari seluruh dunia.

Dengan mengedepankan nilai moral dan etika, agama ini mengajarkan umat Islam untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dalam melakukan segala aktivitas baik.

Hal itu dilakukan semata-mata karena manusia menyadari bahwa tiada perbuatan melainkan perbuatan Allah SWT.

Untuk menerapkan ajaran tersebut salah satu kegiatannya adalah mencari ilmu tentang agama di dewan ilmu pengetahuan.

Doa Kafaratul Majlis Arab, Latin dan Artinya

Doa Kafaratul Majlis Arab, Latin dan Artinya

Dalam melaksanakan suatu kegiatan yang bermanfaat, Islam menganjurkan memulainya dengan kalimat “basmalah” dan diakhiri dengan kalimat “hamdalah”.

Seperti pada kegiatan tholabul ‘ilmi yang diadakan untuk mencari ilmu agama, acara diakhiri dengan pembacaan doa kafaratul majlis.

Doa Kafaratul Majlis ini dapat digunakan dalam agenda berdasarkan pengajaran atau pengajian. Seperti dewan dzikir, dewan ilmu pengetahuan, dewan ta’lim bahkan sekolah Islam.

Pembacaan doa Kafaratul Majlis merupakan wujud ketaqwaan seseorang kepada Tuhan untuk memohon ampun atas doa dan kesalahan yang telah diperbuat serta mengharapkan keberkahan dari-Nya.

Sebab sesuatu yang mengandung keberkahan dari Allah SWT akan membawa manfaat yang baik bagi pemohon shalat dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Mengikuti lafadz doa kafaratul majlis di Arab:

Tuhan memberkati Anda, Insya Allah

Teks Latinnya berbunyi: ” Subhaanakallahumma Wabihamdika, Asyhadu Allaa Ilaaha Illa Anta, Astaghfirukaa Wa-atuubu Ilaik “.

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji Engkau. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, ya Allah, aku memohon ampun sambil bertaubat kepadaMu.”

Doa ini diambil dari hadits riwayat Imam At-Tirmidzi no. 3433 dan Abu Daud no. 4861.

Referensi Doa Kafaratul Majlis Menurut Hadits

Referensi Doa Kafaratul Majlis Menurut Hadits

Pembacaan penutup dewan ilmu ini tentunya tidak muncul begitu saja, ada beberapa hadis yang dijadikan acuan sebagai kalimat doa dalam mengakhiri kegiatan yang bermanfaat.

Hadits-hadits tersebut menjadi dasar penggunaan doa kafaratul majlis di akhir acara majlis ilmu.

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Barzah Al-Aslami ra

Imam Abu Barzah pernah berkata bahwa:

“Rasulullah bersabda di akhir (pertemuan) ketika hendak berdiri/bangkit dari majelis.”

Nabi mengucapkan lafadz doa:

Subhanakallahumma Wabihamdika Ashhadu Alla Ilaha Illa Anta Astahgiruka Wa Atubu Ilaik “.

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku mohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.”

Lebih dari itu, ada seseorang yang berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya kamu mengucapkan bacaan-bacaan yang belum pernah kamu ucapkan sebelumnya.”

Kemudian mendengar perkataan orang tersebut, Nabi langsung menjawab: “Itu kafarat atas dosa-dosa yang terjadi saat berada di majelis.” (HR.Abu Daud).

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Hurairah ra

Imam Abu Hurairah Rodhiyallahu ‘Anhu pernah meriwayatkan sebuah hadits dari sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

Baca Juga :  Pengertian dan Ciri Teks Eksplanasi Struktur, Contoh Teks Dll

“Barang siapa yang duduk dalam suatu majelis dan banyak bercanda (kalimat-kalimat yang pada akhirnya tidak berguna), maka hendaklah dia berkata sebelum bangun dari majelis, ‘Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik‘.”

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku mohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu); kecuali dosa-dosanya diampuni ketika berada di majelisnya. “

Hadits dari Imam Ibnu Umar ra

Dalam haditsnya, Ibnu Umar berkata: “Jarang sekali Rasulullah berdiri dari majlis hingga beliau melaksanakan shalat tersebut.”

Lafadz doanya berbunyi:


Insya Allah نَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَ نَ ّتَكَ، وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا ، اللَّهُمَِ مَا أَحْيَيْتَنَا، وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّ ا، وَاجْعَلا مَن ْ عَادَانَا، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا، وَلَا Ridho Allah وَلَا تُسَلِ ّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَرْحَمُنَا

Itu berarti : ” Ya Allah, berilah kami rasa takut kepada-Mu sebagai penghalang kemaksiatan kepada-Mu, ketaatan kami kepada-Mu sebagai jalan yang menuntun kami menuju surga-Mu, dan keimanan kami kepada-Mu sebagai penenang bagi kami dari musibah dunia yang menimpa kami.

Ya Allah, berilah kesenangan pada pendengaran kami, penglihatan kami, dan kekuatan kami selama Engkau memberi kami kehidupan, dan jadikan kesenangan ini terus-menerus bagi kami.

Balas dendam kami kepada orang-orang yang telah menganiaya kami, menangkan kami atas orang-orang yang memusuhi kami, jangan biarkan musibah menimpa agama kami.

DDan jangan jadikan dunia sebagai impian terbesar kita, bukan tujuan ilmu kita, dan jangan berikan kekuasaan atas kita kepada orang yang tidak mencintai kita (kafir, munafik, fasik dan zalim, pena)”.

Hikmah dan Manfaat Sholat Kafaratul Majlis

Hikmah dan Manfaat Sholat Kafaratul Majlis

Sholat merupakan bentuk pengabdian manusia kepada Allah SWT. Doa juga termasuk dalam ibadah.

Maka setiap amal ibadah pasti ada hikmah dan keberkahannya yang tersirat dalam apa yang tertulis bagi pemohonnya.

Begitu pula dalam mengamalkan Doa Kafaratul Majlis, ada manfaat yang diperoleh seseorang yang mengucapkannya setelah melaksanakan kegiatan Majlis Ilmu.

Hikmah doa Kafaratul Majlis adalah:

  • Diampuni Dosa dan kesalahannya selama melaksanakan kegiatan dewan sains
  • Menjadikan ilmu bermanfaat
  • Memperkuat iman seseorang
  • Mempermudah jalan menuju surga

Adab ketika berada di Dewan Pengetahuan Umat Islam

Tata krama yang harus dipatuhi umat Islam ketika mengikuti kegiatan dewan ilmu pengetahuan dikutip dari buku berjudul “Ringkasan Kitab Adab” yang ditulis oleh Fuad bin Abdul ‘Aziz Asy-Syalhub.

Dzikir kepada Allah SWT

Adab pertama yang harus dijalankan dan dipatuhi dalam majelis ilmu adalah dengan membaca dzikir kepada Allah, hal ini berkaitan dengan sabda Nabi:

Baca Juga :  Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Tidak ada sekelompok manusia yang bangkit dari suatu majelis yang tidak menyebut nama Allah di dalamnya, kecuali mereka bangkit dari bangkai keledai, dan mereka akan menyesalinya.“. (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi)

Dilarang berbisik antara 2 orang sedangkan ada orang ketiga

Saat menghadiri suatu upacara, para jemaah tidak boleh saling berbisik. Apalagi dilarang keras berbisik-bisik antara 2 orang saat ada orang ketiga.

Karena hal ini dapat membuat pihak ketiga merasa sedih, adab yang baik dalam upacara tersebut adalah tidak berbisik.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Jangan berbisik-bisik antara dua orang tanpa melibatkan pihak ketiga, karena itu akan membuatnya sedih “. (HR.Bukhari)

Cerdaslah dalam memilih teman dewan

Memilih teman dalam event merupakan hal yang sangat penting bahkan dianjurkan untuk bisa memilih dan melihat siapa saja teman kita.

Karena sahabat adalah orang yang mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas hidup seorang muslim. Hal ini telah disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

Seseorang bisa terpengaruh karena agama temannya, maka salah satu dari kalian sebaiknya melihat siapa temannya “. (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi)

Bersalaman

Berjabat tangan dapat mempererat tali silaturahmi sehingga tercipta suasana persaudaraan yang senantiasa terjalin dengan baik

Hikmah berjabat tangan dapat menghilangkan rasa dendam dalam hati, bahkan berjabat tangan dapat menghapus dosa. Wallahu A’lam

Anda tidak dapat memerintahkan orang untuk bangkit dari tempat duduknya, itu ilegal

Adab ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

Saat kamu bangun dan dalam hadits Abu Uwanah: “Barang siapa yang bangkit dari tempat duduknya, kemudian kembali ke tempat duduknya, maka dia lebih berhak atas tempat duduknya “. (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ad Darimi)

Ucapkan salam saat kamu datang atau pulang

Hukum menyapa seseorang sebenarnya tidak wajib, namun merupakan sunnah dan anjuran nabi kepada umatnya.

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Jika salah satu dari kalian datang ke majelis, maka sapalah, jika dia ingin duduk, maka duduklah. Lalu saat kamu bangun, ucapkan halo. Salam pertama tidak lebih berharga dari salam terakhir “. (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Penutupan

Demikianlah Bacaan, Referensi, Hikmah dan Adab Mengenai Sholat Majelis Kafaratul yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Majelis Ilmu dari ayovaksidinkeskdi.id.

Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak, pertolongan dan izin Allah SWT. Saya harap isi semua artikelnya pendidikan Doa Kafaratul Majlis ini dapat memberikan manfaat dan hikmah dalam kehidupan kita sehari-hari dalam berjalan menuju Allah.

Baca juga:

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB