Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap dan Artinya

- Penulis

Jumat, 8 September 2023 - 12:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh Nazilah Lengkap dan Artinya

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh Nazilah Lengkap dan Artinya

Dari dulu hingga sekarang, banyak umat Islam yang berbeda pendapat mengenai Sholat Qunut.

Bahkan menimbulkan perselisihan yang cukup sengit meski masih berada di bawah satu masjid. Tentu saja hal ini tidak baik jika menimbulkan permusuhan antar sesama umat Islam.

Bagi anda yang beragama Islam yang paham agama tentu hal ini tidak akan membuat anda goyah. Apalagi jika perdebatan menimbulkan permusuhan.

Oleh karena itu artikel ayovaksindinkeskdi.id akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua mengenai shalat qunut.

Penjelasan Doa Qunut

Doa-Qunut

Dua Qunut merupakan amalan sunnah yang dibaca saat shalat. Padahal menurut ulama mazhab Syafi’i, shalat qunut termasuk dalam sunnah ab’ad.

Artinya, ketika umat Islam meninggalkan atau tidak membacakan shalat qunut, maka wajib sujud.

Terutama pada saat salat subuh dan salat sunnah witir di tengah hingga akhir bulan suci Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW melaksanakan Sholat Qunut tergantung keadaan saat itu. Banyak hadits yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw juga membacakan Do’a Qunut pada setiap salat 5 waktu.

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin dan Terjemahannya

Doa Qunut ada dua versi, panjang dan pendek, semuanya bisa dibaca saat sholat subuh. Bagi umat Islam, tidak perlu lagi berdebat sesuai selera mau memilih yang mana.

Berikut lafazd panjang dan pendek doa Qunut:

Lafazd Arab Do’a Qunut Versi Panjang dan Artinya

doa-qunut versi panjang

bacaan latin: Allahummah adalah agama orang-orang yang bertakwa, Dia-lah yang paling saleh dari orang-orang yang bertakwa, Dia-lah yang paling saleh dari orang-orang yang bertakwa, Dia-lah yang paling saleh dari orang-orang yang bertakwa, Dia-lah yang paling saleh dari orang-orang yang bertakwa, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarak rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa Shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.

Itu berarti : “Ya Allah, bimbinglah aku seperti orang-orang yang telah Engkau bimbing. Berikanlah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. bahaya kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Engkaulah yang berhak menghukum dan tidak dihukum. Tidak akan memandang rendah orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Orang yang telah Engkau jadikan musuh tidaklah terhormat. Maha Suci hanya bagi-Mu Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi. Bagi-Mu segala puji atas apa yang telah Engkau tetapkan. Aku mohon ampun dan taubatku kepadamu. Semoga Ya Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya, dan semua sahabatnya.”

Pengucapan bahasa Arab Qunut Subuh Pendek Sendirian

do'a-qunut-versi pendek

bacaan latin: Allahummah adalah agama orang-orang hadai, dan pengampun bagi orang-orang afaits, dan tawallanii bagi orang-orang tawallait, dan barik lii bagi orang-orang a’thaits, dan qi birohmatika syarra dan qadlaits, serta innaka taqdli dan yuqdlaa. ‘alaik, dan innahuu laa yadzillu man waalaits, Tabarak rabbanaa wa ta’aalaits.

Baca Juga :  15 Rekomendasi Laptop untuk Guru 2023

Itu berarti : “Ya Allah, tuntunlah aku di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah aku kesejahteraan di antara orang-orang yang Engkau beri kemakmuran, tolonglah aku di antara orang-orang yang Engkau beri pertolongan, berilah aku keberkahan dari apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari segala keburukan yang Engkau berikan. telah mengambil keputusan, karena sesungguhnya Engkaulah yang berhak mengambil keputusan dan tidak diputuskan atas diri-Mu, dan tidak ada aib bagi orang-orang yang telah Engkau tolong, Maha Suci Engkau, Tuhan kami yang Maha Tinggi.”

Macam-macam Doa Qunut

Ada dua macam doa Qunut yang sering dipanjatkan oleh para ustad ketika memberikan ceramah. Bagi anda umat islam pasti mengetahui hal ini agar bisa membedakan keduanya.

Dua jenis shalat qunut yang wajib diketahui umat islam adalah sebagai berikut:

Qunut Nazilah

Qunut Nazilah adalah pembacaan doa qunut yang dilakukan umat Islam pada saat musibah. Mazhab Imam Syafi’i menyatakan bahwa Qunut Nazilah merupakan sunnah yang dibaca setiap lima waktu dalam shalat.

Baik salat berjamaah maupun salat sendiri, jika salat berjamaah maka jamaah cukup mengikuti imam. Latihannya adalah setelah rukuk terakhir.

Di negara kita Indonesia, Qunut Nazilah juga diterapkan pada saat wabah virus Covid-19.

Para ulama dan juga MUI mengamini hal ini dan menganjurkan agar anda umat islam tetap berpegang pada Qunut Nazilah.

Sebagaimana sabda Nabi SAW

Anda hanya membacakan Rasulullah SAW, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, setelah rukuk selama sebulan. Saya melihat bahwa dia mengirim orang yang disebut Qurra’, sekitar tujuh puluh orang, kepada orang-orang dari… musyrik, lebih sedikit dari mereka, dan ada perjanjian antara mereka dan Rasulullah, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian. , jadi Rasulullah, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, menghabiskan satu bulan berdoa melawan mereka.

Itu berarti :

“Rasulullah SAW pernah membacakan doa qunut sebulan penuh sambil mendoakan salah satu warga wilayah Arab,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Lahi’ah).

Hal ini terjadi karena pada saat itu banyak terjadi bencana seperti tragedi ar-Raji dan Bir Mau’nah yang menjadikan kalian umat Islam tertindas.

Baca Juga :  Memahami Objek Studi Geografi Material Geografi & Formal Geografi

Selain itu, sebagian ulama sufi juga menganjurkan untuk tetap menganut Qunut Nazilah meski negara baik-baik saja.

Sebab menurut sebagian ulama sufi, musibah sebenarnya adalah kekafiran dalam hati manusia dan hal tersebut harus dihilangkan dengan bacaan wasilah Qunut Nazilah.

Qunut Subuh

Dalam kitab Al-Azkar disebutkan bahwa shalat qunut pada waktu shalat subuh adalah sunnah.

Sesuai dengan hadis shahih Nabi SAW dijelaskan bahwa beliau membaca doa qunut secara terus menerus hingga keluar dari alam.

Diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in dikatakan hadits tersebut shahih.

Menurut Imam An-Nawawi, mengucapkan qunut saat shalat subuh merupakan sunnah muakkad. Artinya, jika dibiarkan tidak membatalkan shalat, namun dianjurkan sujud.

Hadits Tentang Sholat Qunut

Hadits tentang shalat qunut pada shalat subuh ini jelas sebagaimana dijelaskan oleh ulama mazhab Syafi’i.

hadis 1

Atas otoritas Muhammad, dia berkata: Saya berkata kepada Anas: Apakah Rasulullah, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, membacakan Qunut dalam shalat subuh? Beliau menjawab: Ya, setelah rukuk beberapa saat. diriwayatkan oleh Muslim

Itu berarti: Dari Muhammad bin Sirin, beliau bertanya kepada Anas bin Malik: Apakah Nabi qunut saat shalat Subuh? Anas menjawab : Ya, setelah rukuk sedikit (dengan selisih waktu yang singkat). (HR Muslim).

Hadits ke-2

Rasulullah SAW terus membacakan Qunut saat fajar hingga ia meninggalkan dunia ini.

Artinya: Dari riwayat Anas bin Malik beliau berkata: “Rasulullah SAW selalu membacakan Qunut dalam shalat Subuh sampai ia berpisah dari dunia (meninggal dunia).”

Hadits kedua diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq, ath-Tahawi, Imam Ahmad, Ibnu Abi Shaibah, ad-Daruquthni, al-Hakim dan lain-lain.

Hadits ke-3

Anda mengikuti Rasulullah, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, dan Abu Bakar, Umar, dan Utsman, semoga Tuhan meridhoi mereka (dan menurut saya mereka berkata: yang keempat) sampai dia berpisah dari mereka. Diriwayatkan oleh Al-Daraqutni Al-Bayhaqi berkata: Kami tidak menggunakan Ismail atau Amr sebagai bukti

Itu berarti : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut, begitu pula Abu Bakar, Umar, Utsman hingga meninggal dunia.

Hadits ketiga ini diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni dan Al-Baihaqi Radiyallahu ‘anha.

Penutupan

Demikian penjelasan singkat mengenai Sholat Qunut, Lafazd Sholat Qunut, Jenis-Jenis Sholat Qunut, Berikut hadits dan penjelasan dari orang yang meriwayatkannya.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan semua kalangan khususnya masyarakat muslim agar tidak terjebak dalam perdebatan. Tentang agama Islam.

Itu saja dan terima kasih….

Baca Juga:

www.ayovaksindinkeskdi.id

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB