Download Daftar Soal Penilaian Literasi

INFORMASI & PENDIDIKAN DAPODI. Penilaian merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, memberikan informasi sebagai umpan balik bagi guru, siswa, dan orang tua.

Penilaian perlu dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan tujuan.

Penilaian dirancang agar adil, valid, dan dapat diandalkan, memberikan informasi yang kaya bagi guru, siswa, dan orang tua mengenai kemajuan dan pencapaian pembelajaran, serta keputusan tentang langkah selanjutnya.

Penilaian harus mencakup berbagai tugas, instrumen, dan teknik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Laporan kemajuan belajar dan prestasi siswa sederhana dan informatif, memberikan informasi yang berguna bagi siswa dan orang tua, dan data yang berguna untuk menjamin dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berikut daftar soal asesmen mata pelajaran Literasi Tahap C (Kelas 5-6 SD) yang dapat diunduh di tab unduh:

Tujuan Penilaian

Diagnostik

Mendiagnosis kemampuan siswa untuk menentukan alat pengajaran yang tepat.

Penilaian Teks Informasi

Cakupan Materi dan Detail Kompetensi

    • Menemukan informasi eksplisit (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (2 pertanyaan)
    • Menyimpulkan perubahan peristiwa, prosedur, ide atau konsep dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai tingkatannya. (2 pertanyaan)
    • Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dan lain-lain) dalam teks sastra atau teks informasi sesuai dengan tingkatannya. (3 pertanyaan)
    • Merefleksikan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi tentang pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (1 pertanyaan)
    • Jelaskan gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (1 pertanyaan)
    • Menilai kesesuaian ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (1 pertanyaan)

Komposisi Paket Soal

Kunci Jawaban Soal Teks Informasi

Penilaian Teks Sastra

Cakupan Materi dan Rincian Kompetensi

    • Menemukan informasi eksplisit (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai tingkatannya. (4 pertanyaan)
    • Mengidentifikasi perubahan unsur intrinsik (peristiwa/karakter/latar/konflik/alur cerita) dalam teks sastra menurut tingkatannya. (1 pertanyaan)
    • Meringkas perasaan dan karakteristik tokoh serta unsur intrinsik lainnya seperti latar cerita, peristiwa dalam cerita berdasarkan informasi rinci dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (3 pertanyaan)
    • Mencerminkan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi tentang pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai dengan tingkatannya. (2 pertanyaan)

Komposisi Paket Soal

Jawab Pertanyaan Kunci Teks Sastra

Demikian informasi mengenai Download Daftar Soal Penilaian Literasi Tahap C (Kelas 5-6 SD) yang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, semoga bermanfaat.

Untuk daftar Soal Asesmen lainnya, Anda dapat melihat dan mengunduhnya pada tautan di bawah ini:

Terima kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *