PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Ekspedisi Eropa ke Indonesia

Ekspedisi Eropa ke Indonesia

ekspedisi bangsa eropa ke Indonesia

Table of content:

[Hide] [Show]
Sejak dulu Indonesia menjadi primadona bagi bangsa asing, termasuk Eropa. Fakta bahwa Indonesia merupakan penghasil rempah-rempah terbaik dan terbesar menjadi salah satu alasannya. Ditambah beberapa faktor lainnya yaitu motivasi 3G (Gold, Gospel, dan Glory). Dari sinilah ekspedisi Eropa ke Indonesia dimulai.

Secara garis besar proses kedatangan bangsa Eropa ke Asia dan Indonesia dilakukan melalui dua ekspedisi, yaitu ekspedisi pertama yang dipelopori oleh Portugis dan Spanyol, dan ekspedisi kedua yang dipelopori oleh Inggris dan Belanda.

Ekspedisi Eropa Pertama

  • Portugis

Portugis melakukan ekspedisi mereka pada tahun 1486 yang dipimpin oleh Bartholomew Diaz di sepanjang pantai Barat Afrika. Tujuan sebenarnya ke India, tapi gagal.

Ekspedisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh Vasco da Gama yang meninggalkan Postugues pada tahun 1497. Armada tersebut mampu membuat kemajuan dengan berhasil mencapai Afrika Timur. Selain itu, mereka juga bertemu dengan para pedagang dari Arab dan India. Meski begitu, pertemuan ini tidak serta merta membawa Portugis ke Indonesia.

Baca juga: Mengintip Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Kolonial Belanda

Armada Vasco da Gama kemudian berlayar mengarungi lautan yang sangat berombak. dari sini dia dan armadanya menemukan jalan mereka ke India dan akhirnya membangun kembali hubungan dagang dengan Asia.

Portugis kembali melakukan ekspedisi ke Timur di bawah pimpinan Alfonso d’Albuquerqe. Mereka mencapai Malaka, yang saat itu telah menjadi jalur perdagangan yang sangat populer di kalangan pedagang Asia.

  • orang spanyol

Ekspedisi Spanyol pertama dipimpin oleh Christopher Columbus yang berlayar untuk menemukan rute langsung ke India. Namun ekspedisi ini gagal karena gagal mencapai India.

Setelah kegagalan ini, di bawah kepemimpinan Ferdinand Magellan, armada pasukan Spanyol berhasil mencapai Filipina pada tahun 1521. Di sini Magellan kehilangan nyawanya setelah mencoba menengahi perang antar suku di Cebu.

Setelah Magellan terbunuh, Del Cano muncul. Di bawah kepemimpinannya, armada Spanyol berhasil singgah di daratan Indonesia melalui tanah Tidore. Dengan datangnya Spanyol ke Indonesia, Portugis terancam sehingga menimbulkan perselisihan dan dibuatlah kesepakatan Saragosa, dimana Portugis menguasai Maluku dan Spanyol menguasai Filipina.

Ekspedisi Eropa Kedua

  • Inggris

Ekspedisi Inggris dipelopori oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish yang berlayar mengikuti jalur yang ditemukan Magellan pada tahun 1957. Dari ekspedisi ini, Inggris berhasil mengeksplorasi rempah-rempah dari Ternate dan membawanya ke Inggris melalui Samudera Hindia.

Melalui aliansi perdagangan EIC (East Indian Company), Inggris berhasil menjadi salah satu negara jajahan dengan koloni terbesar di Asia. Meski begitu, kekuatan Inggris tidak banyak berpengaruh di Nusantara karena ditekan oleh Belanda.

  • orang Belanda

Armada Belanda pertama yang mencoba mencapai Indonesia dipimpin oleh Van Neck, tetapi perjalanan ini gagal. Pada tahun 1595, Cornelis de Houtman dan pasukannya kembali melakukan perjalanan ke Indonesia melalui Samudera Hindia dan tiba di Banten melalui Selat Sunda.

Berbeda dengan kekuatan kolonial lainnya, Belanda yang saat itu bersikap kasar kepada Indonesia tidak mendapat sambutan yang baik. Apalagi saat itu pasukan Portugis menjalin hubungan baik dengan Banten.

Setelah ekspedisi kedua yang dilakukan oleh Belanda, jalur pelayaran Indonesia-Belanda menjadi ramai. Berbondong-bondong pedagang dan tentara dari Belanda masuk ke Indonesia untuk mengambil dan menjual rempah-rempah lebih banyak.

Pasukan Portugis yang saat itu kalah jumlah perlahan mundur dari Indonesia. Dari sini, kekuasaan Belanda atas Indonesia dimulai

Comment
Share:

Ad