Gejala Rabies dan Pertolongan Pertama

- Penulis

Rabu, 8 November 2023 - 21:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

gejala rabies

gejala rabies

pusatdapodik.com – Simak, pengertian rabies itu, gejala rabies, penyebab rabies, dan pertolongan pertama rabies. Masyarakat Indonesia kini dihebohkan dengan pemberitaan bahwa sejumlah orang telah digigit hewan gila.

Video orang digigit rabies viral di media sosial TikTok, Instagram dan lainnya. Dalam video yang beredar, terlihat dampak yang dirasakan korban yang digigit rabies. Dan sebagian besar korban gigitan rabies tidak dapat bertahan hidup.

Di Indonesia, penyakit rabies atau yang dikenal dengan sebutan ‘penyakit anjing gila’, masih menjadi masalah yang mengancam kesehatan. Rabies adalah infeksi virus yang terjadi di otak dan sistem saraf.

Umumnya virus penyebab rabies menular ke manusia melalui gigitan hewan. Jika korban gigitan rabies tidak segera ditangani, penyakit rabies dapat menyebabkan kematian. Namun, rabies dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan.

Rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang sistem saraf pusat manusia yang disebabkan oleh virus rabies. Virus rabies ditularkan melalui air liur (kucing, anjing, kera) yang tertular rabies melalui gigitan atau luka terbuka.

Tahun 1884 merupakan tahun masuknya penyakit rabies ke Indonesia. Penyakit ini ditemukan oleh Schrool yang merupakan orang Belanda, virus rabies ditemukan pada kuda. Namun pada tahun 1889, Penning dan Esser W, J menemukan penyakit ini pada anjing.

Virus rabies pertama kali menyerang manusia pada tahun 1894 dan ditemukan oleh seorang Belanda bernama EV De Haan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rabies, gejala rabies, penyebab rabies, dan pertolongan pertama jika ada hewan rabies yang menggigit Anda, Anda bisa membaca penjelasan pusatdapodik.com di bawah ini.

Baca Juga :  Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling Luas Banget, Gak Cuma Jadi Guru BK

Gejala Rabies

gejala rabies

Masyarakat perlu mengetahui gejala rabies untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Gejala rabies sangat bervariasi, muncul antara 5 hari hingga sekitar 1 tahun. Umumnya gejala rabies muncul dalam waktu 30 hingga 90 hari setelah penderita digigit hewan yang terinfeksi rabies.

Gejala rabies bisa muncul lebih cepat jika letak cakaran atau gigitan hewan tersebut dekat dengan otak, misalnya leher, dada, atau kepala. Berikut gejala awal yang mungkin muncul:

  • Perasaan geli
  • Kelemahan atau kelemahan
  • Menggigil atau demam
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan

Dan masih ada beberapa keluhan lebih lanjut yang dapat dialami oleh penderita gigitan hewan rabies, antara lain sesak nafas, koma, kram otot, dan halusinasi. Gejala lanjutan ini menandakan kondisi pasien semakin parah.

Penyebab penyakit rabies adalah

Apa penyebab rabies? Hewan utama penularan rabies adalah anjing. Tak hanya anjing, hewan lain yang membawa virus rabies adalah kucing, kelelawar, dan monyet serta menularkannya ke manusia.

Virus rabies dapat bermula melalui gigitan, air liur, atau cakaran hewan yang telah terinfeksi virus rabies. Hewan yang berisiko tinggi menularkan rabies umumnya adalah hewan liar atau hewan peliharaan yang belum mendapat vaksin rabies.

Pertolongan Pertama pada Gigitan Rabies

Pertolongan pertama pada gigitan binatang gila

Jika digigit hewan rabies, pertolongan pertama apa yang harus dilakukan? Jika Anda baru saja digigit hewan yang diduga tertular virus rabies, Anda dapat melakukan langkah pertolongan pertama berikut ini:

  • Jika Anda mengalami pendarahan aktif, berikan tekanan pada area cedera menggunakan kain kasa atau kain bersih untuk menghentikan pendarahan.
  • Cuci luka cakaran atau gigitan binatang menggunakan air dan sabun selama 10 hingga 15 menit.
  • Setelah itu, berikan alkohol 70 persen atau cairan yang mengandung antiseptik povidon yodium dengan mengoleskannya pada luka.
  • Terburu-buru ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Baca Juga :  UMY Berikan Solusi Pengolahan dan Pemilahan Sampah

Sesampainya di rumah sakit, dokter akan membersihkan luka cakaran atau gigitan tersebut. Serta memberikan serum dan vaksin rabies kepada pasien. Tujuannya untuk membantu daya tahan tubuh pasien dalam melawan virus rabies. Jadi, infeksi dan peradangan yang terjadi di otak bisa dicegah.

Namun virus rabies yang sudah menginfeksi otak akan sangat sulit diobati. Sebab, belum diketahui modus mana yang benar-benar ampuh mengatasi hal tersebut.

Kapan Harus ke Dokter Jika Anda Mengalami Gigitan Rabies

kapan harus ke dokter setelah digigit binatang gila

Jika Anda mengalami gejala rabies seperti uraian di atas setelah dicakar atau digigit hewan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Perawatan darurat diperlukan jika cakaran atau gigitan hewan terjadi di kepala atau leher.

Rabies dapat membahayakan nyawa manusia bila gejalanya muncul. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan vaksin atau serum rabies tidak lebih dari 2 hari setelah digigit hewan yang terinfeksi rabies. Jika Anda mengalami gejala rabies lebih lanjut setelah digigit atau dicakar binatang buas dalam waktu 1 bulan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Demikian penjelasan tentang rabies, gejala rabies, penyebab rabies, pertolongan pertama digigit hewan rabies, dan kapan harus ke dokter. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami dan membantu.

Baca juga:

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini
Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram
Saat ini Ada Formasi CPNS dan PPPK Totalnya 12rb, Paling Banyak Untuk Daerah Bali
Ada Uang Tambahan Bagi Bapak/Ibu PNS yang Mengajar Lebih dari 24 Jam, Nominalnya Bikin Penuh Dompet
Intip Ratusan Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMK,SMA dan S1! Paling Banyak Untuk Lulusan SMA
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:34 WIB

Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:40 WIB

PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa

Rabu, 10 Juli 2024 - 05:27 WIB

Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini

Selasa, 9 Juli 2024 - 11:16 WIB

Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB