PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Guru Memiliki Serdik Akan Menerima 2 Tunjangan

Guru Memiliki Serdik Akan Menerima 2 Tunjangan

Regulasi Baru Mengenai Tunjangan Untuk Guru ASN dan Non PNS

Guru yang telah memiliki sertifikat atau sertifikat pendidik akan mendapatkan tunjangan sertifikasi berupa tunjangan profesi guru atau TPG. Guru yang memiliki serdik akan mendapat tunjangan jika datanya valid dan juga sesuai.

Selain data yang valid dan sesuai, nama guru juga tercantum dalam SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang diterbitkan setiap 2 tahun sekali. Selain itu, ada pertanyaan mengenai guru yang memiliki dan juga menerima 2 sertifikat pendidik, apakah juga mendapatkan 2 tunjangan sertifikasi.

Bagi guru yang memiliki 2 sertifikat pendidik, harus melakukan perbaikan data agar dapat dimuat di SKPT Kemendikbud. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki data yang dimiliki guru.

Permasalahan berawal dari adanya keluhan terkait pencairan tunjangan sertifikasi yang terhenti karena data yang terdapat pada data sertifikasi kelulusan tidak valid. Penyebabnya, data sertifikat di SKTP tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki.

Ini juga menyangkut guru yang memiliki 2 sertifikasi pendidik. Solusi dari masalah ini adalah guru harus mendaftarkan salah satu sertifikat pendidik terbaru untuk dapat menerima tunjangan.

Selain itu, sertifikat pendidik yang diusulkan juga harus memiliki linieritas dengan apa yang diajarkan oleh guru di sekolah. Contohnya jika guru terdaftar sebagai guru IPA, maka sertifikat yang akan diserahkan untuk menerima tunjangan adalah sertifikat sebagai guru IPA.

Jika sertifikat pendidik yang diserahkan berbeda dengan data kepegawaian guru, maka guru harus mengikuti sertifikasi ulang. Kemudian guru akan mendapatkan dua sertifikat pendidik dan yang diserahkan ke Dapodik adalah sertifikat pendidik linier.

Untuk pengajuan data di Dapodik, guru bisa meminta bantuan operator sekolah. Selain mengubah dan juga memutakhirkan data siswa di Dapodik, guru juga wajib membuat laporan ke Dinas Pendidikan.

Pelaporan ke dinas pendidikan dilakukan agar data perubahan mendapat verifikasi dan validasi. Hal ini membuat guru juga memiliki peran dalam pemantauan data.

Comment
Share:

Ad