PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Ini Arti GOAT dalam Sepak Bola, Dilabeli untuk Messi Setelah Juara Piala Dunia

Ini Arti GOAT dalam Sepak Bola, Dilabeli untuk Messi Setelah Juara Piala Dunia



Jakarta

Ketentuan KAMBING dalam sepakbola semakin ramai diperbincangkan dan terdengar setelah final Piala Dunia 2022. Istilah GOAT dikaitkan dengan pemain Argentina, Lionel Messi, yang berhasil membawa timnya menjuarai ajang akbar ini setiap empat tahun sekali.

Bagi penggemar sepak bola, GOAT bukanlah istilah yang asing. Namun, bagi banyak orang yang tidak mengikuti sepak bola, istilah KAMBING bahkan mungkin tidak dikenal.

Arti KAMBING dalam Sepakbola

GOAT adalah singkatan dari Greatest of All Time. Istilah KAMBING tidak hanya digunakan dalam sepak bola tetapi juga dalam olahraga lainnya.

Dikutip dari Orang Skotlandialabel ini diperuntukkan bagi pemain yang dianggap terbaik dalam olahraga atau tim mereka.

Biasanya, untuk memenuhi syarat agar seorang pemain dikatakan sebagai KAMBING, mereka harus dianggap tidak hanya sebagai pemain terbaik di masanya, tetapi juga di setiap era sebelum dan sesudah mereka.

Dalam olahraga individu, KAMBING disematkan untuk pemain yang mendapatkan kemenangan terbanyak di turnamen besar di suatu era.

Sedangkan dalam olahraga beregu seperti sepak bola, pemain yang dianggap KAMBING adalah seseorang yang secara konsisten tampil di puncak performa sekaligus membantu timnya meraih banyak gelar.

Contoh pemain yang bisa disematkan sebagai GOAT adalah Pele dari Brazil dan Diego Maradona dari Argentina.

Saat masih bermain, Pele mengantarkan Brasil meraih tiga piala dunia dan memainkan peran penting di setiap turnamen. Selama karir klubnya ia mencetak 1.283 gol, tetapi 526 di antaranya tercipta dalam pertandingan eksibisi.

Sementara itu, Maradona sukses membawa Napoli meraih dua Scudetto (1986-1987 dan 1989-1990) serta Piala UEFA (1988-1989). Pada Piala Dunia 1986, ia mencatatkan 53 dribel sukses, lima gol dan lima assist untuk membantu Argentina menjuarai Piala Dunia.

Di era modern, GOAT kerap disematkan pada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keduanya sudah lama berkompetisi sebagai pemain terbaik. Messi meraih pemain terbaik dunia 7 kali (Ballon d’Or) dan Ronaldo 5 kali.

Selain itu, Messi dan Ronaldo juga telah menyumbangkan banyak trofi untuk klub dan negara yang dibelanya. Terakhir, Ronaldo berhasil mengantarkan Portugal menjuarai EURO 2016 dan Messi mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 2022.

Sejak kapan muncul istilah KAMBING?

Istilah ‘Terbesar Sepanjang Masa’ dipopulerkan oleh petinju legendaris Muhammad Ali yang menggambarkan dirinya sebagai yang terbesar setelah kemenangannya atas George Foreman pada tahun 1974.

Dia berkata: “Saya memberi tahu Anda hari ini, saya masih yang terhebat sepanjang masa. Jangan pernah mengalahkan saya lagi. Jangan pernah lagi mengatakan saya akan dikalahkan. Jangan pernah lagi menjadikan saya underdog sampai saya berusia sekitar 50 tahun. . Kemudian Anda mungkin mendapatkan saya.

Di era saat ini, istilah GOAT banyak dipopulerkan oleh para penggemar yang biasanya memuji game-game hebat atau prestasi pemain dengan menggunakan emoji kambing (goat, dalam bahasa Inggris).

Atlet yang Mendapat Julukan KAMBING

Dalam olahraga selain sepak bola, beberapa pemain terbaik juga memiliki label KAMBINGyaitu:

– Tenis: Rafael Nadal/Novak Djokovic

– Bola Basket: Michael Jordan/LeBron James

– Bisbol: Babe Ruth

– Tinju: Muhammad Ali

– Kriket: Don Bradman

– Anak panah: Phil Taylor

– Golf: Hutan Harimau

– Persatuan Rugbi: Richie McCaw/Jonah Lomu/Gareth Edwards

– Skateboarding: Tony Hawk

– Renang: Michael Phelps

– Lintasan dan lapangan: Usain Bolt/Jackie Joyner-Kersee.

Menonton video “Jokowi Beri ‘Sangu’ Tambahan Kepada Timnas Indonesia Amputasi untuk Berangkat ke Piala Dunia
[Gambas:Video 20detik]
(faz/sahabat)

www.detik.com

Comment
Share:

Ad